ternyata trik awal:
kedua pedal dilepas.
anak diajak tuk bawa sepeda sambil jalan terlebih dulu
setelah itu, dengan 2 kaki seperti melompat ke depan.
lanjut, pasang 1 pedal.. 1 kaki tetap di pedal, 1 lagi dipake melangkah.
kalo sdh stabil, pasang kedua pedalnya dan mulai percaya diri mengayuh
Sebuah langkah balik yg tepat, juga contoh nyata sikap tidak membiarkan setiap usaha penyimpangan demokrasi berlalu begitu saja tanpa ditangkal. Semoga bisa jadi kesadaran bagi semua. Hormat utk bu dosen!
Dana Desa ngga bisa dicairkan klo kepala desa belum membangun Kopdes Merah Putih.
Setelah Kopdes dibangun?
Dana desa yang diterima pihak desa malah dipotong dari sebelumnya Rp1 Miliar menjadi Rp200-300 juta.
Kini dana desa bukan lagi bantuan, tapi pemerasan berbalut program.
I think you guys missed the point. Bukan masalah wowo & circle ahli nerakanya ditipu Gaurav, melainkan...
wowo & circle ahli nerakanya kasi karpet merah karena Gaurav ngaku agen CIA. That's so fucked up
Saudara kandung gw seorang psikolog yg sehari-hari kerjaannya dengerin dan beresin isi kepala orang lain yg berantakan. Pas kita lg kumpul kemarin, dia buka obrolan.
Dia bilang, "lo tau nggak paradoks paling lucu dari profesi gw?"
Dia cerita, pernah nanganin pasien yg semuanya punya pola masalah yang sama. Mereka gak ada yang bener2 sakit secara fisik, tapi badannya rontok karena pikirannya selalu merantau ke masa lalu atau masa depan.
Siksaan batin yg dijelasin saudara gw ini namanya Mental Time Travel.
Kondisi dimana otak kita terlalu canggih sampe bisa loncat ke masa lalu buat nyeselin hal yg udah lewat, atau loncat ke masa depan buat nyemasin hal yg belum tentu terjadi.
Efeknya? Lo kehilangan masa kini. Lo lagi makan makanan enak tapi nggak ngerasain rasanya, lo lagi jalan sama anak-istri tapi pikiran lo lagi sibuk mikirin cicilan 5 taun ke depan, atau sibuk nyeselin blunder kerjaan minggu lalu.
Dia cerita, banyak pasiennya yg kalau malem sebelum tidur, otaknya kayak muter kaset rusak. Mereka selalu terjebak di zona "Regret & What if"
"Kenapa ya dulu gw gak ambil kesempatan itu?"
"Gimana kalau nanti umur 40 gw mendadak di PHK dan gak punya tabungan?"
Siksaan batinnya adalah masa lalu udah jadi abu, masa depan masih jadi kabut, tapi lo ngorbanin satu2nya hal nyata yg lo punya sekarang, yaitu detik ini. Lo dapet capeknya, tapi gk dapet solusinya.
Gw tanya ke dia, "Kenapa otak kita secara psikologis bisa se terjebak itu?"
Dia jelasin kalau secara evolusi, otak manusia itu emg didesain buat bertahan hidup dg cara mengantisipasi bahaya (masa depan) dan belajar dari kesalahan (masa lalu).
Tapi di jaman sekarang, insting itu malah jadi bumerang. Tiap hari kita liat pencapaian orang lain di medsos yg bikin kita cemas ama masa depan kita sendiri.
Kita dipaksa buat selalu berlari ngejar target, sampe lupa caranya berhenti sebentar buat napas.
Ada satu istilah psikologi yg ngena banget buat kondisi ini:
"The Illusion of Control"
Kita mikir dg merenungkan masa lalu berulang kali, kita bisa mengubah rasa bersalah kita. Atau dengan mencemaskan masa depan, kita bisa mengendalikan hasil akhirnya.
Padahal itu semua cuma ilusi. Satu2nya momen dimana lo punya kekuatan penuh buat bertindak dan mengubah sesuatu itu cuma ada di masa kini.
Gimana cara kita buat lepas dari penjara waktu ini?
Saudara gw kasih terapi simpel yg biasa dia kasih ke pasiennya:
Grounding Technique (5-4-3-2-1)
Pas pikiran lo mulai melayang entah ke taun berapa, paksa mata dan tubuh lo buat fokus ama sekitar.
Sebutin 5 benda yg lo liat sekarang, 4 hal yg bisa lo sentuh, 3 suara yg lo denger, 2 bau yang lo cium, dan 1 rasa di lidah lo.
Cara ini bakal menyeret paksa kesadaran emosional lo kembali ke realita tempat lo berdiri.
Langkah kedua adalah bergaul sama kenyataan, bukan asumsi.
Kurangi bikin skenario terburuk didalam kepala. Kalau emg ada hal yg perlu disiapin buat masa depan, tulis di kertas jadi action plan yg nyata, after itu tutup bukunya.
Belajarlah buat menikmati hal-hal kecil yang gratis.
Dinginnya air pas lo wudhu atau cuci muka, angetnya obrolan ama pasangan sebelum tidur, atau rasa pahit manisnya kopi yg lagi lo seruput.
Pesan dari saudara gw ini:
Masa lalu itu udh selesai tugasnya, dan masa depan itu bukan urusan lo sekarang.
Satu2nya tanggung jawab lo adalah menjalani hari ini dengan sebaik-baiknya.
Jgn biarin hidup lo lewat begitu aja cuma karena lo terlalu sibuk jadi penjelajah waktu di dalam kepala lo sendiri. Rebut kembali kendali pikiran lo mulai hari ini.
tulisan by ryn pedia
cc: istory selebriti (facebook)
Aku inget teori di buku The Let Them Theory, saat ada hal-hal yang bikin stress katakan "biarkan saja" nah setelah itu katakan "biarkan aku". Biarkan saja mereka melakukan apa yg mereka ingin lakukan. Lalu biarkan aku menentukan bagaimana aku merespon sikap mereka. Jadi, saat ada situasi tertentu yang menjengkelkan coba pikirkan apa yang bisa dikendalikan. Karena berusaha mengatur orang lain atau situasi yang ada di luar kendali kita hanya akan membuat semakin stress.
Memang nggak gampang. Perlu dilatih terus. Tapi setidaknya teori ini cukup membantu buat menghadapi hal-hal yang nggak mengenakan
emang sulit sih. tapi beneran deh, hidup kalau udah bisa, “yaudah lah ya, that happens, that’s just how it is, that’s life” rasanya lebih ringan aja.
meskipun diri ini masih suka ngeluh juga sih wkwk. tapi mau gimana lagi, dinikmatin aja lah hidup genre comedy slice of life ini.
20 tahun dari sekarang,
Apapun jenis kantormu,
Ga akan ada yang inget betapa setianya kamu sampe lembur berharihari dan ninggalin keluarga.
Tapi anak2mu yang sering harus ditinggalin dan ga ditemenin tidur,
Akan selamanya inget dan bahkan sampai cerita ke anaknya kelak:
“Kakek / nenekmu dulu hobinya kerja kalo pulang sampe malam baru di rumah. Mama / papa sering ditinggalin walau hari libur”
Bukan berarti kerja keras itu salah. Kita semua bekerja untuk keluarga.
Tapi kadang, di tengah mengejar kehidupan, jangan sampai kita kehilangan momen untuk benar-benar menjalani kehidupan itu sendiri.
Karena perusahaan akan terus berjalan.
Pekerjaan akan selalu menemukan penggantinya.
Tapi masa kecil anak... tidak bisa diputar ulang.
Jenis kerjaan apapun saya kira saya bisa jabanin.
Tapi ternyata ada satu yang saya gak kuat.
Atasan inkompeten yang bisanya cuma nyuruh-nyuruh tanpa ada rembukan brain storming untuk problem solving dan solusi bersama.
Work load banyak saya jabanin. Job desc sulit saya pelajarin. Asli. Tapi kalau atasan tambeng, udah lah nyerah saya.
Mulai sekarang jangan ngomong lagi soal “Aku gak tau kita ini bakal berjodoh atau enggak, kalo gak jodoh yaudah lah” Tapi ganti dengan ”i will try my best to keep this relationship as long kita coba sama sama ya"
Jodoh itu diusahakan, bukan berati menyalahkan takdir juga 🫶🏻
dulu, kayaknya aku ga pernah diajarin ANALYTICAL READING di sekolah.
semua pertanyaan mentok di "kalimat utamanya apa?" atau "mana pernyataan yg benar menurut teks di atas?"
kalo dikasih soal2 yg jawabannya tersirat atau disuruh interpretasi, malah jadi bingung sendiri 🥲