Rumus RIDD untuk menghadapi tantrum:
R — Regulate
Tenangkan diri orang tua dulu. Jangan ikut marah atau membentak.
I — Identify
Kenali dan sebutkan emosi anak.
Contoh: "Kamu lagi marah ya?" atau "Kamu kecewa ya?"
D — Validate
Akui perasaan anak tanpa harus mengabulkan keinginannya.
Contoh: "Mama tahu kamu sedih karena harus pulang."
D — Direct
Setelah anak mulai tenang, baru arahkan perilaku atau berikan solusi.
Contoh: "Yuk tarik napas dulu, nanti kita pulang ya."
dulu saya pikir sukses itu harus tinggal di apartemen tinggi, pakai pakaian mewah, kendaraan mewah, jalan2 keluar negeri, networking harus sama orang kaya, pake jam tangan dan punya barang2 yg paling mahal, makan jg harus yg mahal.
efek kebanyakan nonton film 😆
tapi sekarang saya berpikir bisa makan sehari2, ada tempat buat berteduh, bisa akses pendidikan dan kesehatan yg layak, bisa ada waktu buat keluarga dan passionate di kerjaan sehari2, itu sudah nikmat yg luar biasa.
semoga rezeki kita dilancarkan selalu ya! 🤲🏻
kata gue mah, dia baru bakal sadar nanti kalau tuhan udah negur langsung ke dia lewat kariernya yang ancur dalam sekejap. dikira manusia bisa selamanya di atas kali, ya? engga, bre. inget, roda itu muter. hidup nggak selamanya nurut sama egomu, dan fans juga nggak selamanya bakal ada buat nutupin semua ke-blunderanmu. pada akhirnya, reality check itu bakal datang, mau kamu siap atau engga.
Ada karyawan KAI ngobrol, laporin.
Ada driver ojol cancel orderan, laporin.
Ada pedagang masuk transportasi umum, laporin.
Selama bukan pelanggaran berat/masalah besar, kurang-kurangin lah jahat ke sesama pencari nafkah🙏🏻
“politik sih gak ngaruh apa-apa ke hidup gue”
sebenernya ngaruh tapi lo gak sadar. bakal jauh makin gampang kok liat dampaknya.
belom aja. tunggu aja. dikit lagi…