Asumsi gw “dia main api” ini me-refer ke yang make AI nya ya? In that case, dia udah mengamankan diri sendiri, imo. Post AI dia memang based on his actual looks, tapi dia ga pernah (cmiiw) post foto aslinya dia disini. That creates plausible deniability. Kalau ada orang irl yang nemu akun dia, dia bisa ngelak dengan bilang itu bukan akunnya. Tapi saat doxxer itu posting foto aslinya dia disandingkan dengan foto hasil AI nya? Ga ada lagi kesempatan dia untuk ngelak.
@RZ47437130@helmihelmi He pointed out that, by looking at “faces or bodies yang HOT dan CAKEP” could cause someone to feel body dysmorphia. Or are you actually suggesting that it could only possible if we consume AI-generated content?
Gw ga ngikutin bener2 case ini, yang gw tau cuma bahwa yang klarifikasi ini dibongkar sama 4 orang (cmiiw) soal postingan dia selama ini ternyata pakai AI. Ga cuma dibongkar dia pakai AI, tapi juga identitas (foto) aslinya dipost begitu aja, sehingga akhirnya semua kebongkar dan dia buat klarifikasi ini.
Tapi bukankah yang mengekspos identitasnya dia emang salah? Sejauh yang gw tau, dia ga ngerugiin 1 orang pun (at least dalam hal materi), termasuk pada akun2 cenblu yang susah payah nyari impresi. Apakah postingan cenblu2 itu sepi salah dia? Apakah cuma dia yang diuntungkan dengan penggunaan AI? Even if you make the case that dia nipu orang2 dengan postingan AI nya, balik lagi, apakah orang2 yang ketipu itu (gw salah satunya) dirugikan?
Look at Hollywood. Look at how the industry forces actors (especially females) to bend over backwards to conform to the beauty standard. Look at how they alter actors physical appearance, both physically and digitally, to sell you the idea of how beautiful should look like. Even dengan penipuan sebesar itu, apakah kita orang2 biasa yang nikmatin film/lagu/foto jadi dirugikan? I would say no.
So yeah. Should we criticize him? Probably. Gw pribadi si cuma “oh okay, cukup tau aja”, dan stop berinteraksi dengan postingan dia. Dan kita juga ga bisa bilang “harus siap dengan konsekuensi”. His downfall is not because he was exposed of using AI, but because some people have the audacity to doxx him.
Just my 2 cents.