JKT48v sejak awal potensinya besar
Aku bahkan mengira akan ada AKB48v
Tapi akhirnya aku sampai pada suatu kesimpulan
Terlalu banyak faktor yang tidak bisa dikendalikan dan tidak diketahui dalam industri entertainment. Terlalu viral based, terlalu momentum-ish, terlalu grinding dengan segala konsekuensi negatifnya. Limitasi sekian banyak. Drama sekian banyak. Ekspetasi terlalu tinggi. Ini belum ditambah bonus kesialan macam kayak kasus Jia si pemilik AKA yang abandon project vtubernya.
Belum ditambah realita bahwa pada dasarnya negara ini tidak kaya. Spending power cilik alias tidak subur bagi industri kreatif termasuk vtuber. Tapi aku akui bahwa eksistensi QRIS serta platform pembayaran seperti trakteer saweria tako itu game changer yang luar biasa sejak awal.
More or less masa depan VTuber ID akan selalu 95% ditopang fanfunding, membership dan merchandise (kecuali Hololive ID). Breaching the normies maket tidak akan terjadi (kecuali oleh Hololive ID). Atleast dalam 2-3 tahun kedepan.
Jadi jika talent burnout, graduate, hiatus, pindah arah, atau kehilangan motivasi, its over. Ini berbeda dengan bisnis entertainment yang IP-nya relatif bisa berdiri sendiri macam Hello Kitty misalnya.
Konten VTuber ID kedepan akan seperti apa, kemungkinan akan sedikit geser ke konten menggunakn 3D, tapi 3D ini tidak akan menjadi cash generator for some reason. Tapi aku masih ingin melihat 3D Vtuber di CF, mungkin ada tahun depan.
Jadi apakah aku menyesal dan sedih dukung JKT48v ?
Jawaban singkatnya : Tidak. karena mereka sudah pernah di panggung super besar yang kuharapkan pada mereka. Indonesia Arena is a great place. Mereka sekarang pun, finger crossed, sudah melewati masa susah dan punya basis fans nya sendiri - sendiri sekarang.
I think they will be okay.
【LV】Sneakers Waktu Itu - Pia Meraleo JKT48V
Dan ketika sesekali aku melihat ke belakang, yang ku ingat adalah hal baik yang takkan bisa digantikan oleh apapun.
🗓️ 04 September 2026
⏰ 19.00 WIB
🔗https://t.co/i65TEwShjh
#MissionComPialete
Gess kalian harus coba juga begini. Nama extentionnya Languange Reactor. Ini bener bener enak banget buat latihan shadowing.
Gasss cobaa, cepetan cobaa