"ada bagian dari ibumu yang tak pernah pergi dari tubuhmu, itu adalah mitokondria. ia hidup di setiap sel tubuhmu, memberi energi agar kamu tetap hidup"
terharu pas baca, ternyata ibu ga pernah benar-benar meninggalkan kita 🥺🥺
Intinya apa? Jangan mau merubah seseorang kalo dirinya sendiri gak ada niatan berubah.
Tanpa kita merubah pun kalo dia sudah meniatkan diri, udah pasti bakal berubah lebih baik dengan sendirinya.
Wargaaaa plis hibur aku. 😭
Aku punya adik perempuan, 33 tahun, belum menikah. Merantau ke luar pulau, kerjaannya oke. Bisa KPR rumah di sana, bisa bantu cover kebutuhan keluarga juga di kampung, terus renov rumah orang tua dikit-dikit sampai sekarang udah alhamdulillah.
Dia renov nggak alakadarnya yang cuma asal kokoh. Bener-bener semaksimal mungkin dia pengen bagusin. Tiap ada duit dikit, ada aja yang dia benerin.
Walau dari kecil sering berantem, jauh di dalam lubuk hatiku sayang banget sama dia.
Hari ini ada salah satu kerabat yang lama nggak ketemu, tiba-tiba WA ke aku. Setelah basa-basi ngobrol sana-sini, dia telepon nanyain adikku.
Katanya kenapa belum menikah, keburu tua, nanti susah punya anak, masa nggak punya pacar, bilangin jangan pilih-pilih, bla bla bla.
Gong-nya di akhir dia bilang, mau nggak misalnya dikenalin sama temennya yang baru keluar penjara, kasusnya ringan kok, cuma penganiayaan.
CUMA DIA BILANG.
Sakit banget hatiku.
Walau nggak terang-terangan, tapi aku merasa dia merendahkan bukan cuma adikku, tapi juga aku, mamaku, keluargaku.
Kenapa enteng banget dia ngomong kayak gitu?
Akhirnya aku cuma jawab:
“Semoga nanti dia ketemu jodoh yang baik, yang sholeh, yang sayang, yang kaya raya dan dermawan, supaya abis nikah hidupnya nggak susah.
Lagipula kayak maut, jodoh juga rahasia mutlak Allah.
Lagipula, aku emang bilang sama dia jangan asal pilih suami hanya karena tuntutan lingkungan. Kamu berhak memilih...
...suami yang baik, yang bisa bikin kamu bahagia.”
Kenapa orang lain bisa segampang itu mulutnya ngomong?
Aku aja kakaknya, nggak pernah sekalipun nanya-nanya, nggak pernah belagak mengasihani.
Walau tiap habis sholat selalu diem-diem aku tangisin adikku itu sambil, “Ya Allah, Ya Allah... semoga Allah berkenan ngasih dia jodoh yang baik segalanya, yang bisa bahagiain dia.”
Btw, ini orang udah nikah, tapi segala sesuatunya masih ngerepotin emaknya.
Dan aku yakin, adikku pernah nolongin dia.
Udah berjam-jam berlalu, tapi masih sakit hati banget.
Dan aku nggak mau cerita ke siapapun karena takut ada yang aduin ke adikku. Kalaupun dia dengar, dia nggak akan marah, tapi pasti hatinya sedih pol.
Asli aku sedih, beneran sedih yang nyesek banget. 😭
Tapi satu hal yang aku tahu:
Adikku nggak kurang hanya karena dia belum menikah di usia 33 tahun.
Dia sudah berjuang, sudah mandiri, sudah membantu keluarga, dan sudah membahagiakan orang tua dengan caranya sendiri.
Kalau memang jodohnya belum datang, ya bukan berarti dia harus menerima sembarang orang hanya demi membuktikan sesuatu kepada orang lain.
Semoga suatu hari nanti dia dipertemukan dengan laki-laki yang benar-benar baik, yang melihat nilai dirinya, menghargai perjuangannya, menyayanginya, dan membuatnya merasa bahwa penantian selama ini memang layak.
Menurut kalian, kenapa masih banyak orang yang merasa berhak menentukan standar hidup dan jodoh orang lain?
SALFOK BANGET SAMA OUTFIT SYAHRINI PAS GR SCTV 😭✨
Simple tapi tetep cetar kalo Incess yang pake wkwk. Apalagi bawahannya pake barrel pants, ngikutin jaman banget. emang awet muda, outfitnya kekinian terus.
Sama pembawaannya juga selalu cheerful, bikin orang sekitar ikut ketawa happy. Seneng banget akhirnya liat Incess comeback lagi di TV! 👑
Menikahlah dengan seseorang yang memahami arti sakinah, mawaddah, dan rahmah.
Sakinah: tahu kekurangan pasangan, tapi tidak menjadikannya alasan untuk mencela.
Mawaddah: melihat kekurangan pasangan, tapi memilih untuk tetap menghargai dan mencintai kelebihannya.
Rahmah: memahami kekurangan pasangan dan menjadikannya kesempatan untuk belajar sabar, menjaga, dan berbuat baik
Vokalis Kahitna, Mario Ginanjar, dalam postingan di Threads-nya:
"Kalau memang hutannya sengaja dibakar, semoga pelakunya terbakar juga seluruh harta dan amalannya. Semoga di akhir hidupnya nanti, dadanya penuh dengan asap yang menyesakkan dan menangis kesakitan berharap ada oksigen dari pepohonan terdekat.
Tapi terlambat, pohonnya sudah dia bakar semua..
Saat laut sudah kita kuras dan pohon terakhir sudah kita bakar. Kita baru akan sadar kalo kita ga bisa nafas pake uang."
Timeline dari kemarin full pak sby. Imo, semua yang dilakuin belio ini sebenarnya adalah bare minimum sebagai presiden.
Tapi dari cerita orang tua aku, waktu periode belio menjabat ini, banyak banget yang kebantu dengan programnya, salah satunya orang tua aku 🥺
lagi burnout, tapi nemu kalimat ini : 🥺🤍
pertolongan Allah sering kali datang dipersimpangan terakhir, dititik yang paling kritis, jadi bertahanlah.
(Qs. At-Talaq : 3)
- Sudah ada 4256 gempa susulan di NTT.
- Kebakaran masih sangat para di Kalimantan, risiko gangguan saluran nafas terutama anak-anak dan lansia.
- Aceh belum sepenuhnya membaik akibat musibah yang kemarin.
Indonesiaku 😢
Presiden yang mengorbankan mimpinya demi mimpi rakyatnya.
Saat ini kita punya presiden yang lebih mementingkan mimpinya dan mengorbankan mimpi rakyatnya😭
Karena program keluaran SBY seperti Bidikmisi, LPDP, BPJS, dana BOS, Kredit Usaha Rakyat, LPG 3KG, dan semacamnya, gw jadi percaya bahwa sbnernya ga gitu masalah presiden berasal dari kalangan berseragam.
Masalahnya bukan sekadar darimana dianya, tapi bagaimana prosesnya dan apa yang dia hasilkan.
Tahun 2006 ketika erupsi Merapi, pak SBY menginap bersama para menteri di tempat pengungsian, memastikan bantuan dan SAR berjalan lancar, dan korban luka ditangani secepatnya. Beda banget dengan pak Prabowo, sampai sekarang aja gak ada menginjakkan kaki di NTT bahkan di Kalimantan.
Siapa yang rindu mantan???
The real Jenderal.
Parameter ibu sukses bukan ditentukan oleh lahir spontan apa SC, ASI apa sufor, MPASI Jepang apa Ngawi. Ibu sukses itu adalah ibu yang sudah memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anak dan kondisi ibu. Semangat! 💪🏻
MAAF PAMER DULU 😭🙏🏻✨
TERNYATA BEGINI RASANYA PUNYA KAMAR IMPIAN BUAT ANAK SENDIRI 😭🧸🎀
Awalnya cuma pengen bikin kamar putri kecilku lebih nyaman… eh malah jadi LUCU BANGET SAMPE AKU SENDIRI SUSAH MOVE ON 😭😭