Pada awalnya adl harapan akan model baru dunia idol yg menguasai televisi korea sbg penyanyi, aktor, MC, & komedian: grup yg hanya utk tempat mampir debut. Berubah menjadi idol yg "fixed" dg pembagian pangsa pasar (di antaranya) lewat inovasi yang sebelumnya tak pernah dilakukan, pembagian sub-unit. Juga merupakan grup dengan member terbanyak pada masanya, 13 orang.
Melebarkan pasar khusus ke Negeri Tirai Bambu, namun ditentang oleh sebagian fansnya sendiri di 2008, karena menambah dua personel baru. Harapan & luka berhimpun menjadi satu. Member total: 15 orang.
Di puncak karir (Sorry-Sorry, 2009) dua member memisahkan diri (HG, KB). Di masa berikutnya, satu member lagi keluar (KI), satu member memilih tidak aktif (SM), & satu member memutuskan tak memperpanjang kontrak (HR). Satu member di antara 10 yg aktif tidak bisa berjanji akan mengikuti setiap tour karena kondisi fisiknya (HC).
Di masa wajib militer, sistem gilir dilakukan agar brand #SUPERJUNIOR tidak surut di mata publik. Album, tur dunia, single, album sub-unit, album solo, & aktivitas lain ditata. @SJofficial tetap eksis sepanjang tahun.
2024, menjelang 19 tahun usia Super Junior, #RYEOWOOK menikah. Di tahun ini pula, member SUJU memutuskan mem-pause #SUPERSHOW yg sebelumnya sudah mencapai angka 9, dg membuat tajuk baru, SUPER SHOW SPIN-OFF: HALF TIME. Barangkali, salah satu tujuannya adl agar di peringatan ke 20 di 2025 nanti, #SUPERSHOW-nya berangka 10. Angka-angka utuh/bulat semacam ini memang mengesankan kekhususan & kesistimewaan: 10-20-25.
Di pernikahan Ryeowook inilah mimpi & asa itu terjadi. Setelah sekian lama diidam-idamkan, didamba-dambakan, dicita-citakan, kali ini benar-benar terwujud. Berhimpunnya kembali 15 orang hebat itu dalam satu forum.
Tak ada tuntutan dari #ELF agar manggung 15 orang bareng. Terlalu jumawa rasanya mengharapkan itu. Cukuplah ke-15 orang itu berkumpul dg ekspresi penuh kebahagiaan yg tak dibuat-buat.
Maka tertakdirlah hari ini, kebahagiaan Ryeowook yg menikahi pujaan hatinya, menjadi sebab bagi 15 member untuk menyatu kembali, sekalipun sesaat.
Inilah gambaran indahnya persahabatan & persaudaraan, yg meskipun pada mulanya diikat oleh kesepakatan bisnis, ketulusannya menjadi keberkahan tersendiri: menjadi persahabatan sejati & persaudaraan abadi.
Terima kasih, SUPER JUNIOR.
Trans:
SD: Live? We haven't done that before lol
RW: Our AR team (?) sent it. We'll be doing super show spin off next month, everyone. Think of this as a rehearsal and watch it.
SD: Siwon isn't here becausr of a filming, so (let's do the version) without him. Let's try it first..
„5 years ago i fell in love at first sight and wanted to say this” and then proceeds to sing the most romantic song called marry me abt how he’ll become her everytging OH KIM RYEOWOOK 😭😭😭😭
i thought heechul wouldn't participate in sorry sorry because he kept sitting down when they started performing, but he suddenly showed up during his part. ryeowook who was supposed to cover his part looked surprised too, then he just smiled happily. heeheheh i love suju 😤
LT: everyone, you’re now seeing Kangin, whose self-reflection time is longer than promotion time. pls forgive Kangin now~ Kangin, who’s reflecting for 15yrs & promoted for 5yrs
SD: it’s so nice seeing everyone’s laughing & chatting like this
LT: on this happy & great day
(cont)
Full ‘fancam’ of Sorry Sorry at Ryeowook’s wedding! I'm feeling the embarrassment but they are Suju anyway 😅
Kangin ran to the front and jokingly wanted to join and repeat the song (?). Leeteuk even introduced him to everyone! Please someone translate the whole thing 🙏