Baru aja tadi dengar cerita ustadz Adi di Yutub, tentang seorang peternak kambing yang menutup mulut kambingnya. Agar di perjalanan menuju pasar ternak, kambing tersebut tidak memakan sembarangan apa yg bukan hak si pemilik kambing.
Problem dengan umat Islam saat ini pengabaian pada adab-adab "kecil". Termasuk dalam hal ini adalah adab menghargai hak orang.
Datang ke maulid untuk bershalawat mengenang Rasulullah, tapi parkirnya mengganggu hak orang. Jika Rasulullah masih hidup, apa yakin beliau akan ridho?
Ini sama seperti shalat istisqa yang digalakkan di masa kekeringan (tahun-tahun ramadah) di zaman Khalifah Umar bin Khattab. Konon, Umar juga menghapus zakat untuk meringankan beban rakyat. Beliau juga memberikan teladan kesederhanaan, hingga menyatakan kalau tidak akan makan daging selama masih melihat rakyatnya menderita di tengah kekeringan. Pendistribusian logistik dari provinsi lain yang dilakukan secara cepat dan mengandalkan dana Baitul maal juga salah satu strategi yang dilakukan oleh beliau saat itu.
Betu banget. Petani garam sedang panen raya namun bisa jadi harganya jadi jatuh. Dan kalau bisa disimpan garamnya, sebab tahun depan saat La Nina kuat, akan terjadi kondisi sebaliknya, sulit menanam garam.
Lihat videonya, heran kok tutup karena alasan enggak ada anak muda yang mau bekerja di peternakan?
Lihat komentarnya, eh ternyata masalahnya ada pada warlok dan ormas setempat yang tidak mau ada pekerja dari luar daerah, tapi mereka pilih-pilih pekerjaan sampai usaha peternakannya tutup.
Btw, kira-kira kenapa anak mereka lebih memilih tinggal di Australia daripada bertahan mengurus peternakan yang sudah jelas-jelas stabil, ya?
Ada sebab lain sepertinya; ketidakpastian hukum dan banyaknya pungutan liar atau masalah-masalah klasik lainnya, misal.
Prajurit terjun payung ke lokasi kebakaran tanpa peralatan memadai.
Jenderal dan panglima tertingginya bahas tepung untuk memadamkan kebakaran lahan dengan skala nasional.
Kini kita tahu, siapa yang harus diprioritaskan mendapat MBG agar tercukupi kebutuhan nutrisi otak.
Pesawat ini harganya sekitar 500 milyar
> MBG libur 1 hari aja bisa dapet 2 unit
> MBG libur seminggu bisa dapet 1 skuadron 🥰
Duitnya? Ada (itu nyatanya bisa buat MBG)
SDM-nya? Jelas ada. Mas Kamto lebih paham di AU banyak pilot yg bisa nerbangin ini
Tinggal political will dari pemerintah aja yg ga ada
Terimakasih sudah speak up warga Malaysia. Tapi pemerintah kami mau riset pake tepung dulu yaa. Tepung disini katanya bisa padamkan apii
Gub sulsel minta motor trail, dikasih 100 buah sama prabzz. Ga tau cara bawa air pake motor traill tuh gimanaa.
@mhmmdhsm I can’t say that kind of things here, cause it’s illegal and I could be put in jail. That’s why I call you brother, that I wish you can help me doing something I can’t