aku sadar betapa tidak pentingnya aku dikehidupan siapapun, bahkan dengan orang yang aku anggap penting sekalipun, aku hanya bagian kecil dari kehidupan mereka, yang jika hilang pun mereka tetap baik-baik saja.
ternyata aku kembali ke fase ini lagi, dimana cuman bisa menghela nafas sambil ngomong dalam hati "gapapa ini bukan pertama kali, nanti sembuh lagi ya".
Tanamkan dalam dirimu, urusan perasaanmu adalah tanggung jawabmu. Apa yang keluar dari orang lain, enggak akan selalu sama dengan harapanmu. Kalau membebankan perasaanmu pada orang lain, mungkin kamu akan banyak sakit hatinya.
Normalisasi tidak prengat-prengut ke orang yang gak tahu apa-apa. Mood lu urusan lu, being nice to everyone adalah sebuah adab. Everyone is having their own battle, not only you. Jadi jangan merasa si paling sibuk, paling merana, paling hectic, paling stres.