Ingat kata Raditya Dika:
Orang lain memang punya hak untuk berpendapat tentang hidup kita, mengkritik, menilai, bahkan salah paham.
Tapi kita juga punya hak untuk memilih mana yang perlu didengar dan mana yang cukup dilewatkan.
Tidak semua omongan orang harus masuk ke hati. Tidak semua penilaian mereka harus menentukan bagaimana kita menjalani hidup.
Kadang, menjaga kewarasan itu sesederhana belajar untuk tidak terlalu peduli pada hal-hal yang memang tidak perlu dipedulikan.
ILMU PENTING
UNTUK PENGANTIN BARU
JANGAN SAMPAI SALAH TENTANG INI
Misalnya:
1 Januari mulai haid
7 Januari sudah suci
15 Januari menikah
Februari tidak haid
15 Februari test dan hasilnya positif
Usia kehamilan terhitung 6 minggu,
padahal usia pernikahan baru 4 minggu.
Lalu... apakah ini berarti hamil duluan?
Jawabannya TIDAK yah teman-teman
Perlu dipahami, Dalam medis, usia kehamilan
dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT),
bukan dari hari terjadinya pembuahan.
Artinya :
Dalam gambaran seperti diatas, haid dihitung
dari 1 Januari (HPHT) Sehingga memang usia
kehamilan akan terlihat lebih "tua" dari usia
pernikahan.
Jadi sebelum menilai
pastikan kita paham ilmunya ya
Agar tidak salah paham, dan saling menyakiti
Semoga bermanfaat
Bumil ke konselor laktasi.
Yang dites BAPAKNYA dulu bukan ibunya
👩🏻⚕️ Pak, rencana menyusui mau berapa lama?
🧑🏻 Rencana mau 2 tahun dok
👩🏻⚕️ Kenapa mau 2 tahun? Tau darimana?
🧑🏻 (mulai gagu) hmm… baca-baca di internet dok
👩🏻⚕️ ok pak, sekarang coba buka HP-nya terus search ini
👩🏻⚕️ (kasih tau yang perlu di search)
Karena kami muslim, dokter nyuruh suami baca terjemahan Al-Baqarah:233. Potongannya kayak gini: “Ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Kewajiban ayah menanggung makan dan pakaian mereka dengan cara yang patut……….”
Intinya, dokter mau menegaskan kalo MENYUSUI itu BUKAN CUMA TUGAS IBU. Jangan kalo ada apa-apa nyalahin ibu, karena ayah bertanggung jawab juga memberikan nafkah yang memadai kepada ibunya. Abis itu baru dokter jelasin dari sisi medis dan lanjut bahas lagi persiapan menyusui lainnya.
cc:threadnaraaldrena
40 pelajaran hidup dari Raditya Dika yang bikin gue diem setelah dengernya.
1. Gak apa-apa jadi orang aneh.
2. Jangan gosipin orang!
3. Kita gak sepenting itu buat orang lain.
4. Usahakan minimalis!
5. Kerja ringan kalau dicicil.
6. Kerja ringan kalau barengan.
7. Ide ada kalau dicatat.
8. Belajar dari yang terbaik.
9. Belajar dari yang tidak punya pengalaman.
10. Melamun adalah bagian dari proses kreatif.
11. Waktu ada kalau kita ciptakan.
12. Pakai uang untuk membeli waktu.
13. Jangan lupa bermain-main!
14. Punya hobi baru adalah cara termudah untuk merasa seru lagi.
15. Fokus ciptakan core memory yang indah!
16. Jangan membuat keputusan waktu sedih, marah atau galau!
17. Belajar bilang ‘iya’ ke hal yang kita bilang ‘tidak’.
18. Belajar berani berkata ‘tidak’.
19. Main game adalah cara termudah untuk kabur ke dunia lain.
20. Dikritik berarti punya ruang untuk tumbuh.
21. Jalan kaki min. 30 menit sehari.
22. Selalu tepat waktu!
23. Takut biasanya datang dari ketidaktahuan.
24. Menyesal lebih seram dari rasa takut.
25. Kalau ada yang ganjel, ngomong aja.
26. Semua orang punya keahliannya sendiri.
27. Tahu bahwa kita gak bisa semuanya.
28 Beli barang buat diri sendiri.
29. Belajar sabar.
30. Reputasi datang dari tindakan.
31. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
32. Baca buku adalah cara terbaik untuk masuk ke pemikiran orang lain.
33. Dengerin podcast sesuai minat.
34. Selalu belajar dimanapun dan kapanpun!
35. Investasi terbaik adalah pendidikan.
36. Storytelling adalah skill paling berguna.
37. Orang yang gasuka kita, kadang ga ngerti kita.
38. Investasi yang baik adalah investasi yang membosankan (duit)
39. Pastikan perjalanannya sama menyenangkannya sebagaimana tujuannya.
40. Hiduplah dengan cinta!
Ternyata dewasa tuh bukan soal paling sukses tapi paling bisa nerima hidup aja 😔
komunikasi itu penting, talking is easy, everyone can talk. Tapi komunikasi yang benar itu soal understanding, soal apakah pesan yang ktia sampaikan benar - benar sampai atau cuma berhenti di telinga lalu hilang di pikiran.
Many people believe that “what matters is communicating,” rather than “communicating in a way that truly matters.”
Stop ganti iPhone kalo HP batre lo ngedrop.
Dulu gue kira iPhone gue udah waktunya ganti karena ngedrop. Ternyata bukan.
Apple emang sengaja set default yang bikin baterai boros.
Setelah gue utak-atik sendiri, baterai gue dari 6 jam jadi tahan 12 jam . Tanpa ganti baterai.
Gini caranya:
dari perempuan bertanya kepada perempuan.
jawab jujur, buat yang belum nikah apa yang membuat kalian takut menikah.
untuk yang sudah, apa yang membuat kalian berani menikah.
coba kasih paham gender sebelah yap!🥰
Jangan pernah menikahi laki-laki sebelum kamu melihat:
1. Cara dia menghadapi stres dan masalah hidup
2. Sikapnya padamu saat dia berada di titik terendah
3. Caranya mengontrol emosi ketika marah dan kecewa
4. Cara dia bertanggung jawab atas kesalahan
5. Konsistensinya dalam menghormatimu, bukan hanya saat senang
6. Cara dia memperlakukan orang lain saat tidak diuntungkan