Pernah ada di company yang turnover rate-nya tinggi banget, lebih dari 35% wkwkwkwkw.
Padahal secara KPI pada achieve, tapi banyak yang resign buat rehat dulu karena workload-nya dan pd ga tahan gr gr toxic, yaa emang gokil banget.
Pas rehat pun bukan berarti pada nganggur total, banyak yg juga pake waktunya buat apply kerjaan, tapi jadi lebih hati-hati milih company karena experience sebelumnya kurang enak.
Intinya, emang jangan terlalu generalisir kondisi orang.
Tiap orang ada di stage yang beda-beda.
Ada yang lagi di posisi desperate cari kerjaan seadanya asal diterima.
Ada juga yang udah di posisi bisa milih mau kerja di company seperti apa, lokal atau global, culture-nya gimana, workload-nya masih make sense atau nggak.
Harapannya sih semogaaa makin banyak yang bisa punya skill yang di value market, dan sampai di tahap bisa memilih company yang lebih sehat, yang nggak toxic atau nguras energi banget.
Soalnyaaa kalo dr experience, walaupun kita produktif dan kerjaannya achieve mulu, tp kalo environment-nya toxic, lama-lama ownership ke company juga bisa hilang sih asli 😅.
Pernah baca kalo ga salah bisa jadi: quiet quitting.
putus karena di selingkuhin itu emang sakit, tapi lebih sakit lagi gara gara sifat pasangan yang di sengaja buat bikin lo cape terus kita dipaksa nyerah gitu aja, padahal posisinya lo masih sayang banget