Kalo ada teman atau kenalan kalian yang berjualan produk, apapun itu produknya, percayalah, mereka orang-orang sabar.
Customer jaman sekarang itu ajaib-ajaib klo komplain. Terutama urusan makanan ya, krn ya urusan rasa kan memang subjektif banget.
Tetapi jika kalian direspon, ditangani bahkan diberi kompensasi, hargai dengan beri review bagus ATAU mending tidak perlu review sama sekali. Jangan sampai tetap kasih review jelek bahkan bintang 1. Percayalah ga ada orang yg melakukan kesalahan secara sengaja.
Klo kalian mau komplain, yg pertama coba lgsg hubungin WA usahanya. Klo ga ada respon, coba DM IGnya. Klo ketika 2 cara tersebut ga ada respon, dan tdk ada itikad baik dr usaha tsb, silakan kalian kasi review jelek supaya terbaca dan bs jd pelajaran.
Pendidikan SD Zaman sekarang kayaknya perlu kurikulum baru: Pendidikan Komunikasi Dasar
1. Memulai pembicaraan dgn kalimat Salam: "Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam", "Assalamualaikum", atau sekedar "Halo...". Jangan "P", apalagi di-spam.
2. Jangan spam chat/telpon di jam istirahat.