Ada yang bertanya: Kok bisa kejadian keracunan nya baru waktu maghrib atau malam padahal konsumsi MBGnya sejak siang?
Izin menjelaskan ya manteman:
Jadi klo kasus keracunan MBG itu ada yang namanya "LAG EFFECT" atau "EFEK JEDA" atau "masa inkubasi"
Dalam konteks keracunan makanan, biasanya lag effect nya 0-2 hari, bahkan ada juga yang sampai 7 hari baru muncul gejalanya.
Jadi memang harus tetap dipantau tuh semua santri santri yang konsumsi MBG di ponpes Mambaul Ikhsan Sidoarjo plus penerima manfaat dari SPPG Kalitengah lainnya.
Berikut lag day/masa inkubasi sampai gejala muncul:
- 30 menit-8 jam (Rapid Onset): biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus or Bacillus cereus karena makanan terlalu proses distribusinya hingga penyajian.
- 12–48 Hours (Common): biasaya disebabkan oleh Norovirus dan Salmonella.
2–5 Days (Delayed): Disebabkan oleh Campylobacter (ditemukan pada makanan yg belum matang) and E. coli.
cara pramono bujuk pedagang pindah untuk atasi kemacetan:
- pramono tanya pedagang
- ebih enak di pinggir jalan apa di sini?
- dia bilang jualan di pinggir jalan ganggu lalu lintas,
- tawarin bantuan promosi
- mastiin kesediaan pindah setelah 56 tahun jualan di situ
- pedagang setuju asal kompak
- pendekatannya humanis
- bukan gusur paksa
- harus ada tempat layak dulu
- retribusi digratisin 6 bulan (normalnya 180rb/bulan) buat yang pindah
“Allah itu kagum terhadap anak muda yang tidak bisa disetir oleh syahwatnya, yang tidak dikontrol oleh hawa nafsunya. Dia matang dalam berpikir, dia bijak dalam melangkah. Dia berada di dunia tetapi mindsetnya berada di Akhirat.”
- Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri حفظه الله
Salat merupakan perkara yang agung dan seharusnya menjadi perhatian kaum muslimin dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, banyak di antara kaum muslimin yang melalaikannya.
Dikutip dari : https://t.co/MsKw8fJF69
Innalillahi uang baru masuk tadi pagi, langsung sisa < 100rb. Kenapa ya? Apa uangnya gak berkah atau malah haram. Astagfirullah wa atubu ilaih. Tolong mudahkan utk survive, ya Allah🥺
HP secanggih apapun, kalau gak dicharge pasti mati.
Begitu juga iman kita.
Dipakai terus, sibuk terus, kalau gak diisi ulang dgn tilawah, doa, dan majelis ilmu, iman kita bisa drop.
Maka jangan heran kalau hati sering low dan futur mungkin karena jarang di-charge dgn kebaikan.
Qadarallah wa ma syafaal. Udh berusaha buat dateng pagi, ternyata ada anomali di jalanan, pas udah sampe, eh bisnya antri masuk terminal, sampe masjid kajiannya selesai, tinggal sesi tanya jawab🥲 tapi semoga Allah udh catat segala niat.
“Mintalah Ilmu yang bermanfaat kepada Allah, dan berlindunglah denganNya dari ilmu yang tidak bermanfaat.” (silsilah as Shohihah 1511)
Sumber : https://t.co/Cr38uwExoW
Ada sedih yang berbuah pahala dan terpuji. Dari sisi lain yang dinilai berpahala, bukan dari sedih itu sendiri. Misalnya adalah sedih karena musibah menimpa agamanya dan sedih karena musibah yang menimpa banyak kaum muslimin.
Dikutip dari : https://t.co/8wJSnP1WsH