aku mau ajarin Web3 dari yang masih newbie..
yes udah kesekian kalinya tapi ternyata banyak newbie dan banyak juga newbie palsu 🙂
materi yang bakal kalian dapet nanti adalah ini semuaa.. yeakk banyak banget..
sebenernya semua ini udah pernah ku posting, tapi lebih ngena kalo di ajarin lewat suara
catet
1. perkenalan awal tentang Web3
- perbedaan Web1, Web2, dan Web3
- kenapa Web3 muncul
- konsep ownership, decentralization, dan trustless
2. apa itu Blockchain
- cara kerja blockchain secara sederhana
- pengertian block, transaction, validator/miner
- perbedaan public blockchain dan private blockchain
- mengenal L1 dan L2
3. Wallet Web3, CEX, dan DEX
- cara membuat wallet Web3 (MetaMask, Rabby, Phantom, dll)
- memahami private key dan seed phrase (wajib dipahami)
- perbedaan hot wallet dan cold wallet
- perbedaan CEX dan DEX
- cara deposit, withdraw, dan bridge
4. dasar-dasar crypto
- perbedaan coin dan token
- mengenal BTC, ETH, dan stablecoin
- memahami gas fee
- mengenal network (Ethereum, Base, Solana, BNB Chain)
- memahami market cap, liquidity, dan volume
5. keamanan di Web3 (Wajib untuk Newbie)
- cara menghindari scam di Web3
- angan pernah memberikan seed phrase kepada siapapun
- cara mengecek contract address
6. cara melakukan transaksi pertama
- membeli crypto pertama
- Transfer antar wallet
- Swap token di DEX
- memahami token approval
- cara revoke permission wallet
7. mengenal ekosistem Web3
- DeFi (Decentralized Finance)
- NFT (Non-Fungible Token)
- GameFi
- DePIN (Decentralized Physical Infrastructure Network)
- AI + Blockchain
- DAO
- SocialFi
8. cara mendapatkan peluang di Web3
- Airdrop
- Testnet
- Quest platform
- Ambassador program
- Community building
- Content creator di Web3
9. cara riset project Web3
- cara cek website project
- memahami whitepaper
- riset team/founder
- cek funding
- memahami tokenomics
- mengenal backer/investor
10. Trading & Investment Dasar
- perbedaan Spot dan Futures
- Long vs Short
- mengenal leverage
- risk management
- DYOR (Do Your Own Research)
oke skrg gw mau spill gmn gw bisa dpt project di alignerr sampe take assesmentnya ya! utk task rate projectnya di $10 - $15. MONGGO DISIMAK BAIK BAIK KARNA GW AKAN SPILL DETAIL
freelance remote job dollar alignerr
3 Job Alignerr Remote untuk Beginner — No Experience Required
Kalo kalian lagi cari freelance remote yang beginner-friendly, coba cek beberapa job di Alignerr ini. Karena beberapa posisi ini tertulis no prior AI experience required, jadi cocok banget buat yang belum punya pengalaman di bidang AI
1. AI Training Specialist
➛ Rate: $40–$120/jam
➛ Remote
➛ Fleksibel, sekitar 10–40 jam/minggu
➛ No experience required
Tugas: mengevaluasi respons AI, melakukan labeling, dan memberikan feedback.
LINK: https://t.co/Avu0HdNvuH
2. Data Labeling Specialist
➛ Rate: $40–$120/jam
➛ Remote
➛ Fleksibel
➛ No experience required
Tugas: melakukan labeling dan annotation pada data seperti teks, gambar, atau audio.
LINK: https://t.co/rdPaIvmiYB
3. AI Trainer Specialist
➛ Rate: hingga $120/jam
➛ Remote
➛ Freelance dan fleksibel
➛ No experience required
Tugas: mengevaluasi output AI dan memberikan feedback berdasarkan guideline.
LINK: https://t.co/XBEqSgaDwQ
#freelance #remote
Ni aku spill 5 Website Sertifikat Gratis Buat Nambah pengalaman CV Freelance & Remote Job yaa
Karena banyak dari kalian yang bilang masih bingung CV-nya mau diisi apa, gada pengalaman dll, ini ada 5 web yg menyediakan sertifikat gratis buat nambah value CV, terutama kalau kalian lagi apply freelance atau remote job
1. HP LIFE (ini pling ak recommend)
https://t.co/vjQjqUkj0B
Sertifikat gratis setelah menyelesaikan course
Materi AI, Excel, Business, Digital Marketing, Communication, dan Entrepreneurship
2. Google Skillshop
https://t.co/grclZZ23iu
Sertifikat resmi Google secara gratis
Cocok untuk Google Ads, Google Analytics, dan Digital Marketing
3. HubSpot Academy
https://t.co/pEjha5TBcq
Sertifikat gratis
Materi SEO, Content Marketing, Email Marketing, Sales, dan Social Media
4. Cisco Skills for All
https://t.co/f7wkz9IckV
Sertifikat gratis untuk banyak course
Belajar Python, Cybersecurity, Networking, AI, dan Data
5. IBM SkillsBuild
https://t.co/OHj9so1g8T
Badge dan sertifikat gratis pada banyak course
Materi AI, Data Analytics, Cybersecurity, Cloud, dan Professional Skills
Semua website di atas legal dan bisa kalian manfaatkan untuk belajar skill baru sekaligus menambah nilai CV. Pilih course yang memang relevan dengan posisi freelance atau remote job yang ingin kalian lamar.
Kalo target kalian platform seperti Outlier, Alignerr, Mercor, RWS, atau DataAnnotation, aku sarankan ambil sertifikat
-AI Fundamentals
-Prompt Engineering
-Critical Thinking
Business -Communication
-Excel
-Data Analytics
#freelance #remote
SKILL YANG BISA DI TAKE SCREENING IN OUTLIER KALO LULUS BISA AKSES LEBIH BANYAK PROJECT!
Buat kalian yang udah lama nggak dapat project, bisa coba cek Skill Screening di Outlier buat buka peluang dapat lebih banyak project.❗Tapi ini ga wajib kok
1. C# — bikin aplikasi & software
Kalau pilih C#, kamu akan dites kemampuan coding menggunakan C#. Bisa berkaitan dengan .NET, object-oriented programming, aplikasi, dan software development.
2. C++ — coding & sistem komputer
Kamu akan dites kemampuan C++, seperti logika programming, memory management, struktur data, dan optimasi program.
3. Dart — bikin aplikasi Flutter
Dart banyak digunakan untuk Flutter. Screening-nya menguji kemampuan coding Dart dan pemahaman cara membuat aplikasi menggunakan Flutter.
4. Docker — menjalankan aplikasi dalam container
Kamu akan dites apakah paham cara membuat, menjalankan, mengelola, dan deploy aplikasi menggunakan Docker/container.
5. Git — mengelola kode & project
Bukan bikin aplikasi dari nol. Kamu akan dites tentang Git, seperti repository, commit, branch, merge, dan version control.
6. Go — backend & server
Screening Go/Golang menguji kemampuan programming, termasuk backend, server, API, concurrency, dan performance.
7. HTML — membuat struktur website
Kamu akan dites tentang struktur halaman web, seperti HTML elements, semantic HTML, forms, links, accessibility, dan sebagainya.
8. Java — aplikasi & backend
Kamu akan dites kemampuan Java programming, seperti OOP, membuat aplikasi, backend, dan memahami kode Java.
9. JavaScript — membuat website interaktif
Ini untuk JavaScript. Kamu bisa dites soal logic, function, asynchronous programming, DOM, dan cara membuat website lebih interaktif.
10. Python — coding, AI & data
Kalau pilih Python, kamu akan dites kemampuan coding Python. Bisa mencakup logic, function, loop, data structures, algorithms, debugging, sampai penggunaan Python untuk data/AI.
11. React — membuat tampilan web
Kamu akan dites kemampuan React, misalnya component, props, state, hooks, dan cara membuat UI web yang interaktif.
12. SQL — mengolah database
Kamu akan dites cara mengambil, mengubah, dan mengelola data dari database. Contohnya SELECT, JOIN, filtering, aggregation, dan query optimization.
13. Swift — membuat aplikasi Apple
Screening ini untuk Swift, bahasa pemrograman yang digunakan dalam ekosistem Apple. Bisa berkaitan dengan iOS app, UI, dan app architecture.
14. TypeScript — JavaScript yang lebih terstruktur
Kamu akan dites tentang TypeScript, seperti type system, interface, type checking, dan penggunaan TypeScript untuk aplikasi web.
15. Verilog — desain hardware/sirkuit
Ini lebih spesifik ke hardware engineering. Kamu akan dites tentang digital logic, circuit design, hardware description, dan verification.
16. Chinese (zh-CN) 中文 — Chinese Simplified
Ini bukan coding. Kamu dites kemampuan bahasa Chinese/Mandarin dengan aksara Simplified Chinese, seperti grammar, vocabulary, spelling, dan memahami teks.
17. Chinese (zh-TW) 繁體中文 — Chinese Traditional
Mirip yang atas, tapi menggunakan Traditional Chinese. Yang diuji kemampuan bahasa: grammar, vocabulary, spelling, syntax, dan pemahaman istilah.
18. Tagalog — bahasa Filipina
Kamu akan dites kemampuan bahasa Tagalog, terutama kemampuan membaca/menulis dan pemahaman grammar, vocabulary, spelling, serta istilah lokal.
Jadi gampangnya:
Python → dites coding Python
SQL → dites database
React → dites bikin UI web
JavaScript → dites coding web
HTML → dites struktur website
Git → dites version control
Docker → dites container/deployment
Chinese/Tagalog → dites kemampuan bahasa
#Freelance
‼️JANGAN SAMPAI SALAH PAHAM SOAL APPLY FREELANCE/ REMOTE WORK
Apply freelance itu sama aja konsepnya kayak daftar kerja di real life. Jadi jangan mikir karena udah apply beberapa project berarti bakal langsung di-hire.
1. Ada proses seleksi
2. CV/profile kamu bakal dilihat
3. Skill kamu disesuaikan sama role yang kamu ambil
4. Bisa aja ada assessment atau tes dulu
5. Dan pastinya nggak semua application bakal lolos
Tapi jangan jadiin itu alasan buat give up!
Karena salah satu enaknya freelance/remote opportunity:
1. Beberapa bisa mulai dari HP kalo cuma apply aja
2. modal internet/data
3. Ga harus keluar modal/tenaga besar buat apply
So… why don’t you give it a try?
Dan jangan cuma apply 1–2 project terus nunggu. Kita nggak pernah tau nyangkutnya di mana.
Apply sebanyak dan se-relevan mungkin, selama kamu memang memenuhi requirement-nya.
Ditolak 1 project ≠ kamu nggak cocok freelance.
Bisa aja project berikutnya justru yang nerima kamu!
Jujur kaget banget ternyata banyak yang DM dan komen nanya soal freelance di Outlier. In this economy sekarang, siapa sih yang nolak dibayar dolar? 😭💸
Daripada jawab satu-satu, aku bikin thread singkat berdasarkan pengalamanku sendiri. Siapa tahu bisa ngebantu yang lagi cari freelance juga 👇💸
#remote #freelance #dollar