aku 30an awal
belum nikah
belum pernah pacaran
ga nyari jodoh
berdo'a minta jodoh aja jarang
**sekalinya minta pengen spek bias
dibanding takut belum dapet jodoh aku lebih takut gapunya duit
ayo buang risaumu dengan perbanyak hobi ✨ dunia ini ga melulu tentang nikah, mangat!
Master’s Degree Graduation! 🎓#CheersToMasterBILLKIN
พี่บัณฑิตเรียนจบแล้ววว 🎉 มาร่วมแสดงความยินดีให้กับ ‘BILLKIN’ ที่เข้ารับปริญญาโท จาก University College London (UCL) ประเทศอังกฤษ คณะ School of Management สาขา Entrepreneurship 💼
A MASTER’S MOMENT FOR BILLKIN
#Bbillkin
Kalau masih ada pembelaan yang bilang, “Dia memang suka asal bom like postingan orang. Aku juga sering begitu, apalagi kalau mutualan. Kadang tanpa lihat konteks, bahkan videonya masih loading pun sudah aku like.”
Ya tentu beda.
Kita bukan public figure dengan jutaan pengikut dan influence besar. Apa yang kita like mungkin tidak akan diperhatikan siapa pun. Tapi ketika seseorang yang punya pengaruh besar memberikan like pada postingan sensitif seperti ini, itu tidak lagi terlihat sebagai sekadar “asal like.” Publik pasti akan membacanya sebagai sikap dan keberpihakan terhadap suatu narasi.
Orang dengan influence sebesar itu seharusnya paham kalau setiap interaksi di media sosial akan diperhatikan, dianalisis, dan bisa memengaruhi opini banyak orang.
Dan ini bukan isu sepele. Ini kasus kekerasan seksual. Jadi wajar kalau banyak orang merasa kecewa dan mempertanyakan kenapa dia tidak lebih berhati-hati.
Membela bias itu boleh, tapi jangan sampai menghilangkan konteks dari masalah utamanya. Jangan menutup mata hanya karena yang melakukan adalah orang yang kita sukai. Kalau memang salah, biarkan mereka tahu bahwa itu salah.
Mengakui kesalahan bukan dosa. Dan mengingatkan orang yang kita dukung juga bukan berarti berhenti menyayangi mereka.
Please be wise sayang-sayangku…
-star Jangan lupa nonton TAEMIN perform di Coachella
12 April 2026
⏰ 9:30–10:20 WIB
Catat jadwal LIVE STREAM dan REPLAY nya. Bisa nonton di yt coachella, cari yang mojave tent yah! 🎉🎡
# TAEMCHELLA