@kucinghilang_ Thanksss insightnya kak! Kalau aku lebih ke ngeghosting semua org yg deket gitu kalau lagi ga baik-baik aja. Jadi ga cuma partner, tp juga keluarga dan teman. But i think im doing better now hehe
Ini case sahabat aku,
sahabat aku itu dari keluarga susah, kedua ortunya petani, dari kecil ayah ibunya itu seharian di sawah.. di rumahnya itu ga biasa menunjukan afeksi, ngobrol satu sama lain pun jarang dan yg penting aja.
kalo malem ibunya dan ayahnya istirahat, mereka makan malem, ga ngobrol satu sama lain, sama anaknya juga kalo ngomong yg penting aja. Nah akumulasi dari experience ini ternyata bikin dia jadi punya avoidant attachment.
Waktu kuliah dia dapet beasiswa bidik misi ke UGM, merantau dan di sana kita ketemu. Aku orangnya sangat affecionate dan expresif, kita berdua itu satu asrama meskipun beda fakultas lama-lama jadi dekat.
Suatu hari lagi musim mid semester, aku beliin coklat terus aku kasih surat isinya semangat gitu long text dan sweet banget... no reason, emang pengen dan aku emang suka gini sama temen-temen aku wkwkwk. Tau ga apa? tiba-tiba aku disilent treatment 😂😭😭
besoknya aku sapa (biasa aku kalo liat dia sapa dari belakang terus peluk) dia menghindar, chat ga diread, terus ga mau ajak aku ngomong. aku overthinking banget, AKU HABIS NGAPAIN WOYYY??
akhirnya yaudah, ketika aku rasa ada waktu.. aku ajaklah dia ngomong suatu hari dan tanya, aku salah apa dan kenapa.. untunglah dia mau jawab,
"Gi maaf ya, aku ga tau juga kenapa, kamu ga ada salah apa-apa.. tp habis kamu kasih coklat dan surat itu aku jadi bingung dan ga nyaman. Aku sadar aku ada problem, kamu kuliah psikologi mungkin paham.. apa aku harus ke GMC (fasilitas kesehatan UGM) yaa ?"
ASTAGAAAA. TERNYATA KRN COKLAT DAN SURAT.
Mulailah dia cerita, krn ga biasa dapet perlakuan sweet, ga pernah terima hal-hal itu dari kecil, dia tu malah anxious kalo dapet sesuatu yg sweet. EVEN JIJIK. Aneh banget kan? makanya dia jarang punya temen yg long term dan pacaran long term, krn dia ga bisa disweetin orang.
Yaudah deh, akhirnya dia beneran terapi ke Psikolog. Dia lanjut Master dan PhD di Jepang, ketemu suaminya yg sekarang.. dan udah punya anak satu dan balik lagi ke indo 😭😭😭
Attachment issues bisa disembuhin dgn niat, kemauan dan terapi. Cmiiw aku dulu kuliah Psikologi, jadi masih nempel dikit ilmu-ilmunya, tiap orang itu root cause attachment mostly dari pola asuh lingkungan dan keluarga.
Dan possible banget untuk unlearnt hal-hal yg diajarkan lingkungan kita ketika kecil.
Kemarin kita bahas warna vulva.
Sekarang sekalian satu lagi.
Rambut kemaluan itu sebenarnya perlu dicukur gak sih?
Karena saya sering lihat ada anggapan:
lebat = jorok
dicukur habis = bersih
Padahal rambut di situ tumbuh bukan karena tubuh lupa beberes.
Memang ada fungsinya.
Dan gak, kalian gak wajib menggundulinya..
dear SEAblings, please help indonesia. don’t let us face this alone while we’re busy fighting our own government. what’s happening here doesn’t just affect indonesians, it affects all of us in southeast asia. please don’t stay silent
Ini menjelaskan di mana level bacaan kita.
Saat di level data dan informasi, kita akan mudah memahami isi. Sebab, memang seputar pertanyaan siapa, apa, kapan, di mana.
Sleep more.
Sleep more.
Sleep more.
Sleep more.
Because sleep is not wasted time.
A 2025 review explains that sleep supports memory consolidation, synaptic plasticity, and the brain’s waste-clearance system.
Pernah ketemu orang Italia penggemar berat cokelat. Dia putusin tinggal di Bali setelah tau Swiss sama Belgia itu gak punya tanaman kakao sama sekali. Justru Indonesia yang punya.
Dia heran: kenapa orang Indonesia yang datang dari luar negeri malah bawa oleh-oleh cokelat?
Akhirnya dia paham.
Biji kakao kualitas super hampir semua jadi komoditas ekspor, yang tersisa di dalam negeri cuma kualitas standar.
Paradoks kelimpahan.
Punya pohonnya, tapi produk jadinya kalah sama negara yang gak punya pohonnya.
Makin menguatkan asumsi gue bahwa Indonesia berada dalam genggaman rezim paradoks.
KENAPA COWOk PINTER TUH MENARIK?
Berdasarkan jurnal ini, cowok pinter cinderung lebih disukai karena kecerdasan mencerminkan kemampuan memecahkan masalah, beradaptasi dan menyediakan sumber daya yang baik. Sehingga di persepsikan sebagai tanda kualitas pasangan yang aman pula🙂
semakin scrolling twitter dan membaca twit twit non muslim yg bahas dan menghujat tafsir Quran, semakin make sense kenapa Rasul nyuruh umatnya utk ngulang doa ini tiap hari 🥲
sore hari, dtang sepasang suami istri sepuh, mungkin hampir usia 70 tahun.
pas aku sapa, si bapak ngeluarin selembar kertas dari sakunya, sambil bilang kalau istrinya ngrasa badan pegel2, linu, pengen cek lab dan minta disuntik.
pas aku persilakan duduk, aku buka kertasnya. ternyata isinya tulisan nama obat yang pernah diminum istrinya, tapi nggak cocok. aku tanya, “ini siapa yang nulis, pak? dulu taunya nggak cocok gimana?”
beliau bilang dulu minta tolong dituliskan sama petugas slah satu klinik, krn istrinya sempat minum obat tersebut dan jadi nyeri perut.
sejak itu, si bapak selalu nyimpen kertasnya dan dibawa setiap kali istrinya mau periksa ke manaa-mana.
such a warm gesture..
hal kecil, tapi somehow keliatan bget gimana mereka saling jagain. apalagi ngeliat keduanya yang masih saling perhatian di usia segitu. 🥹
1. sex bisa ditahan
2. mensturasi itu sebulan sekali, bahkan ada yang bisa sebulan 2x dan pasti, gak bisa ditahan
3. gak semua perempuan punya akses air bersih
4. gak semua perempuan bisa kebeli pembalut kain dan mens cup
5. gak semua perempuan nyaman pake mens cup