@bungaey dua-duanya tetep berlaku, tinggal gimana masyarakat menganggap aja kalo lingkup sosial mah. kecuali kalo formalitas baru hukum pronouns=gender berlaku. kl gue lebih mengeneralisasi gender=kelamin instead of pronouns=gender, lebih tepat dan pasti ga kegocek
@bungaey speak up yg ga terlalu general itu ky gmn? pronouns secara umum menjurus ke gender gue setuju. tapi tetep ga sama, itu aja pointnya. jadi gabisa menyaratakan he/him udah fix cowok, tapi ya balik ke prespektif masing2. kl di kehidupan sosial gue, umumnya ya pro aint gender
@bungaey ga mengeneralisasi yg make he/him tapi gendernya cewek. cuma menyebutkan kalo he/him itu ga selalu cowok, jadi jangan terkecoh sama pronoun apalagi di dunia maya. kalo bahas biografi mah ya mending pake pronoun formalitas/sesuai gender aja
@bungaey loh kl teks biografi kan bukan personal use, apalagi seorang tokoh, jelas pake pronomina sesuai pandangan umum. sedangkan pronoun yg dimaksud disini tuh mengarah ke ranah personal dan orang itu sendiri yg nyebutin, kl biografi seorang tokoh jls yg nentuin pronominanya si penulis