@carpyday_@lucswinery Pglmn kerja untuk yg lulusan sma pun ada yg bisa dikonversi ke sks matkul. Kalo belum kerja juga bisa, ada yg antar S1 ke S1 kalo pengen mempelajari hal baru (beda jurusan), mungkin paling konversi matkul-matkul umum: bahasa inggris, bahasa indo, pendidikan agama biar ga ngulang.
@carpyday_@lucswinery Ga jg kok kak. Ga semuanya dg temen² yg baru lulus sklh. Ada jg yg seumuran atau bahkan lebih tua. Bbrp kampus ada program rpl (rekognisi pembelajaran lampau), ini mengakomodir untuk yg mau switch career dan atau yg udh ada pglmn kerja. Temenku ada yg kuliah lg udh lulus S1 tuh.
MNRT GUE daripada org nulis buku self improvement yang cuma "anak pertama harus kuat" bullshit mending ada yang nulis 101 Adulting Things To Do yang isinya memilih rekening yang benar, cara nabung, asuransi, bayar pajak. RIWEUH BGT BANGSAT
@bundayumni@americanona02 Ortunya idealis ngeharusin kerja kantoran kah kak? (Ga boleh capek yg kerja kasar). Walaupun sebenernya sama² capek, cuma beda tipe capeknya cenderung di otak (mental) ataupun fisik.
Hawa² putus asanya berasa bgt & kejebak comfort zone kebayang passive income keluarga. Entah aku bisa dpt kerja/ga di daerahku krn kakakku yg kampus warlok (di daerah yg sama) aja struggle. Gmn asal kampusku yg luar daerah. Klo di sini aku dpt kerja. Aku kgn kucing² & mamahku.
Aku sayang keluargaku, tapi rasanya mau merantau dan hidup jauh dari rumah karena lingkungan keluargaku kurang bikin nyaman. Ini wajar gak ya... Ini jahat gak ya? Aku sayang keluargaku tapi ada beberapa hal yang bikin gak nyaman.🍀
Jurusan yg underrated untuk lulusan SMA: tata boga. Cenderung cocok untuk yg tipe (gaya) belajar kinestetik. Klo bisa mengulang waktu pun aku bakal milih jurusan ini. Tp krn aku dari SMA jadinya ga kepikiran jurusan kuliah yang dominan praktik meskipun sering nonton masterchef😭
Penyebab lainnya sih kurang eksplorasi diri (mengenal diri sendiri), ikut lomba pernah tp akademis bgt. Pengen kuliah lg dari job experience di ranah fnb. RPL ke tata boga tp masih blm lama. RPL yg S1 ke S1 aja kali ya. Tp kalo ke D4 bisa ga sih?🤔. Jujur lebih kepengen D4 aja😭