Emang gak ada tool yang sempurna, jadi gausah setia2 amat.
Yang penting mindset & prinsip dasarnya, tool bisa disesuaikan.
Simplicity is the key,
tapi jangan takut buat nyobain tool2 baru lainnya.
Seminggu terakhir eksperimen 2 kategori tool harian:
- to-do list
- default browser
Buat to-do list, nyobain Ticktick + Google Task,
...akhirnya tetep balik ke Todoist.
Default browser, gonta-ganti dari DIA ke Comet ke Atlas,
...akhirnya balik ke Chrome lagi.
Sekilas bener, tapi...gak juga.
Cewek pengen nikah = pengen punya suami = pengen jadi istri.
Masalah pengen dapet materi dll itu mah balik ke karakter masing2.
Misi paling ultimate dari pernikahan: sama2 jadi partner buat menuju surga-Nya.
Persis setahun lalu, nulis email ini
👇
Masih relevan sampe hari ini, sekaligus jadi pengingat biar selalu hati-hati sama tindakan.
(ada cerita tentang orang yang punya mobil tapi gak punya garasi)
Persaingan AI-browser makin seru...
Baru aja nyaman pake Comet-nya Perplexity,
digabung sama DIA-nya The Browser Company,
sekarang udah ada Atlas-nya ChatGPT.
Kapan nih Gemini bisa diajak ngobrol di Chrome?
Katanya: ibu itu madrasah/sekolah pertama buat anak2.
Tapi, bapak adalah kepala sekolahnya yang memimpin.
Kalo ada anak bermasalah kayak gini, coba cek dulu bapaknya.
Evaluasi buat saya juga sebagai bapak,
kalo anak mulai aneh2,
jangan2 ada yang mulai menyimpang dari saya.
Waktu kasus ini muncul, yang pertama terlintas di pikiran:
"bapaknya anak ini kemana?"
(karena cuma foto ibunya yang beredar)
Saya coba berprasangka baik aja, mungkin bapaknya anak ini "gak hadir" untuk jadi contoh yang baik.
P: Point⎯ungkapin argumenmu secara ringkas
R: Reason⎯kasih alasan yang melandasi argumenmu
E: Example⎯beri contoh real yang bisa bikin lebih jelas
P: Point⎯tutup dengan ngulangin lagi inti argumenmu, bisa dengan kalimat yang beda
Simpel kan?
Iya, tapi harus sering dilatih.
Kadang kita suka tiba-tiba dimintain pendapat/nasehat singkat.
Kalo gak terlatih, jadinya kayak g-word ini.
- bingung
- bengong
- gak jelas
Ada satu framework yang saya tahu buat ngungkapin pendapat tanpa harus ngang-ngong plongah-plongoh ndlahom.
Namanya: PREP
Di group WA keluarga, isinya posting suhu di kota masing-masing:
- Semarang: 36℃
- Karawang: 34℃
- Jogja: 34℃
- Bandung: 31℃
Di tempatmu mataharinya berapa?
Hari ini, 13 Oktober, salah satunya diperingati sebagai Hari Kegagalan Internasional.
Ceritakan kegagalan kalian! Kita peringati hari ini bersama!
Gua duluan: banyak 😂 Namun, yang paling hancur ya gagal berbisnis dan 400 juta melayang begitu saja.
Katanya orang bule gak bisa jongkok karena kebiasaan pup duduk.
Bener gak?
Ternyata jongkok (deep squat) punya banyak manfaat buat kesehatan.
Salah satunya: bikin awet muda!
👇