buat yg muslim, gampangnya gini, ini uraian potensi2 βsinsβ nya :
1. kalo lo lahir sbg gay / lesbi / bi >> lo punya opsi untuk ga menjalin hubungan, pun org hetero yg belom nikah, βsinβ nya itu terletak di hubungan diluar pernikahan (mendekati zina)
2. loh ga adil donk? org heteroseksual bs nikah kok tp yg homo kok gbs. nikah tu sbg opsi, hetero jomblo jg disarankan untuk puasa sunnah & mengisi waktu dgn hal2 yg bermanfaat pokoknya jgn sampe mendekati bahkan berzina
3. buat yg merasa jiwanya terperangkap dalam fisik yg salah, y tahan aja keinginan buat mengubah fisik. toh baseline nya jelas klo dalam Islam, cowo gabole pake jilbab, dan sebaliknya perempuan jgn berpakaian kyk laki2 (umume klo pake pakaian kyk laki2 ya brati ga jilbaban).
4. hetero pun dilarang kok ngubah fisik, y contoh gw suka merasa bulumata gw kurang panjang, tp kan gw tahan2 tuh keinginan buat extension, rhinoplasty, etc.
jd sbnrnya klo anda sbg muslim dan merasa diri anda masuk ke golongan lgbtq+, ya selama anda melawan hawa nafsu untuk menyalurkan keinginan2 seksual anda / nafsu yg berkaitan dgn ekspresi gender anda, ya justru insha Allah jihad.
seperti halnya jomblo yg ikhlas selibat gt lho.
Lu bayangin gw dulu di pesantren kita bikin mie pake gayung, minum sirup bikinnya di ember, gk prnh keracunan. Itu yg di jawa timur bisa ampe keracunan gmn gila nya itu program setan emg
Yang paling menyebalkan dari seluruh berita buruk Indonesia belakangan ini, Sumatera banjir, keracunan mbg, gempa bumi NTT dan dibakarnya hutan Kalimantan adalah; presiden dan pemerintah seolah bersikap Indonesia baik-baik aja.
Padahal korbannya ada bukan sekedar angka tapi nyawa
Fella travelling in a limousine and flying off to Russia in a private plane when his citizens and neighbours are suffering from the haze πππ Zero sense of shame π€‘
demi allah, sakit bgt hati gue liatnyaπ mereka gak ikut voting tp justru mereka yg paling kena dari dampak keserakahan manusia-manusia ituπππ
i kinda wish anginnya tuh berbalik arah biar pulau jawa kena (maaf) tp gue rasa di istana istana itu ngegampangin dampak asap nya tuh karena ga ngerasain langsung gtu lho
capek banget anjir punya govt yg serakah dan pengen kaya sendiri, udah sampe ngerugiin org banyak
INI DI DOM GUEEEE YA TUHAAANNNππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππ
jaman gw sekolah dulu kalau udah turun asap besoknya udah libur sekolah, kok sekarang bisa-bisanya mikirin embege duluan baru kesehatan murid. dongo bet jirrr
sungai mahakam lagi surut, udah sekitar 2 minggu ini kita khawatir kapan kira2 air laut bakalan masuk, dan jadi krisis air bersih
bagi penduduk non kalimantan, perlu tahu kalau hampir semua kota dan desa di kalimantan itu di pinggir sungai.
semua ibukota di kalimantan itu di pinggir sungai.
apalagi kemungkinan kemarau masih akan berlangsung sampai oktober, artinya ini mungkin belum puncaknya.
itu menyenangkan, id love to learn everything. tapi tugasnya itu loh π kalo capek sama tugas terus mental block gimana coba? mana w kalo udah kaya gitu samsek ogah buat nyentuh tugasnya
bersyukur lah w milih science. walaupun seogah-ogahnya w, tugasnya masih bisa dikerjain sks
one reason i ended up not choosing architecture walaupun dari smp udah minat. motivasinya dulu pengen kerja bagian set mv/film gitu (ga interior design karena scopenya lebih sempit). ga jago gambar juga sih, walaupun ada keinginan buat belajar dari awal
unpopular opinion from someone in this field: seru iya tapi it may shift your perspective to the media and you may lost spark atau bahkan lost respect to the thing you used to love; or worse, lo terlalu asyik dan mendalami jd kehilangan objektivitas dan arah nulisnya ga jelas
terus akhirnya banting setir ke science hehe walaupun sempet griefing jurusan impian. lama2 sadar sih, having interest in it doang itu ga cukup. w orang yg all or nothing soalnya. harus ada motivasi kuat. belum lagi di art field itu harus stay creative. sebenernya proses belajar