Beberapa hari ini suka lihat vidio aktifitas dokter dengan tim saat melakukan tindakan ke pasien. Sebenarnya ingin tahu apa sih yang terjadi saat berada di ruangan operasi.
Tentu di momen saat pasien ini sedang dalam menjalani operasi tumor/lesi otak dalam kondisi sadar, tujuannya supaya tim dokter dapat langsung cek respon motorik dan kognitif secara realtime.
Tentu semua tim dokter punya standar dan prosedur yang ketat atas proses operasi agar proses pengangkatan tumor dapat terlaksana dengan baik.
Setelah saya baca beberapa literatur di media sosial ternyata ada alasannya dibuat kondisi seperti ini:
πΏDikutip dari "national brain tumor society, jhon hopkins medicine"πΏ
Pasien dibuat sadar (awake craniotomy) saat operasi tumor otak untuk memantau fungsi otak secara langsung (real-time) guna menghindari kerusakan permanen pada area vital. Interaksi pasien membantu tim bedah mengidentifikasi pusat bicara, gerak, dan sensorik agar tumor diangkat maksimal tanpa menyebabkan kelumpuhan atau bisu.
π₯ by: dokter joy