@lunarems Boleh banget merasa kasihan sama dia sebagai manusia. Kehilangan pekerjaan itu berat, apalagi kalau itu sumber penghasilan. Tapi rasa kasihan jangan sampai bikin kita lupa bahwa dia adalah orang yang melakukan kesalahan dalam kapasitasnya sebagai barista.
@dearplave123 Boleh banget merasa kasihan sama dia sebagai manusia. Kehilangan pekerjaan itu berat, apalagi kalau itu sumber penghasilan. Tapi rasa kasihan jangan sampai bikin kita lupa bahwa dia adalah orang yang melakukan kesalahan dalam kapasitasnya sebagai barista.
@dearplave123 Sudah tau susah cari kerja pun bertingkah. yasudahlah nder terserah mereka, hak² tertentu dan banyak yg setuju opini² bahwa emang cmn takut kehilangan kerja.
@wddaraa Guilt tripping banget. Kalau dia di kasih SP atau hukuman apapun termasuk kehilangan pekerjaan tolong ingat itu bukan kesalahan kamu ya kak. Semua berakar dari tindakan dan perilaku dia sendiri. Permintaan maafnya juga bukan karena memang merasa bersalah tapi malah cari alasan.
@wddaraa Guilt tripping banget. Kalau dia di kasih SP atau hukuman apapun termasuk kehilangan pekerjaan tolong ingat itu bukan kesalahan kamu ya kak. Semua berakar dari tindakan dan perilaku dia sendiri. Permintaan maafnya juga bukan karena memang merasa bersalah tapi malah cari alasan.
@dearplave123 aku bukan bilang dia nggak boleh dimaafin. forgive him, sure. I just don't think forgiveness means he should be free from consequences. Sometimes people really do have to learn the hard way.
@dearplave123 dan soal nomor customer yg disebarin ke SPV/barista itu juga menurutku another issue. customer punya hak atas privacy nya. kalau ada complaint, shouldn't it be handled properly by management instead of spreading the customer's number?
@13_bvnny And the “nanti dilihat orang kayak perempuan ga bener” part juga agak concerning. Kenapa ukuran “perempuan baik” harus ditentukan dari pandangan orang lain? Let women enjoy things without constantly being told how they should behave. 😭
@13_bvnny Kalau memang ada perilaku yang genuinely merugikan orang lain, ya silakan dikritik. Tapi kalau cuma karena cara seseorang bersenang-senang dianggap nggak sesuai standar pribadi, menurutku itu lebih ke judging daripada peduli.
Kalo baristanya sampe dipecat ya udah jelas BUKAN kesalahan customer, tapi salah sendiri kerja ga profesional☝️😀
Harusnya bisa dong bedain FRIENDLY sama NGEJEK, mana yg bikin orang ganyaman, gausah customer deh, jelas² itu bukan orang yang lu kenal, masa gangerti sopan santun😅
@dearplave123 msalahnye nambah kemana² kayak nyebarin nomor customer gtu & tidk menghargai kritikan as customer malah customer nya di todong seperti itu. emang manusia punya salah, kalau kagak mau sadar diri mah susah. simpelnya minta maaf gtu kek ini kagak malah lebih dominan takut dipecat😂