-cuma rasa takut. Terpaksa. Bahkan bisa jadi benci. Dengan tau aturan dan sebabnya sekalipun. Ya Rabb kami mohon padamu iman yang sempurna, hati yang lapang, lisan yang baik, hati yang senantiasa mengingat-Mu 🥹
Liat kondisi manusia modern sekarang dengan beragam penerimaan (dan ketidak terimaan) terhadap aturan islam, makin yakin bahwa: sebelum bisa nerima ilmu atau belajar adab, harus tumbuh dulu rasa cinta, bisa merasakan kasih sayang Allah yang luar biasa. Buat dapet perasaan ini,
tebak, kenapa Allah MEWAJIBKAN semua muslim utk menuntut ilmu terutama ilmu agama?
ini. karena mahamin Quran dan hadits tanpa ilmunya jadi begini.
semua diukur hanya dari kacamata hasil. hasilnya surga. hasilnya neraka. udah. gamau belajar mahamin maknanya dan sebab datang/turunnya hadits atau ayat.
padahal islam ga mentah mentah “kamu kalo ngelakuin A, bakal masuk surga” “kalo ga lakuin B, kamu bakal neraka”
semua ada stepnya. dijelasin dulu asbabun nuzul atau asbabul wurudnya, trus dijelasin pembagiannya, dijelasin sebab larangannya, lalu dikasih tau hikmahnya dan maqoshid syari’ahnya.
belum lg soal rukhshoh rukhshohnya, pengecualinnya, kapan diperbolehkannya, batasan daruratnya, dll.
belajar deen ini emg mesti pake ‘gelas kosong’. gabisa ujug ujug belajar tapi udah punya bias dan asumsi sendiri. kosongin dulu selayaknya mau diisi. buka hati dengan niat belajar sambil minta pertolongan kepada Sang Pemilik Ilmu.
itulah mengapa ilmu harus pake adab dulu. gabisa kita mau berilmu tapi gapunya adab, apalagi adab terhadap Pencipta.
-in theory bisa dengan pendidikan yang baik. Tapi pada akhirnya, terutama di orang dewasa, bisa merasakan betapa baiknya Allah itu simply... karunia. Nikmat yang dikasih sama Allah-nya sendiri, yang harus banget selalu disebut dalam doa. Karena kalo rasa cinta ini hilang, sisanya
Adulting is knowing how we should pronounce a word but choosing to say it wrong cause you know people understand you better that way 🙏🏻 Sudah dalam tahap sebut saja kroisan dan kyuris daripada banyak hah??? nya
Kemarin masak telur sendiri sampe bikin terharu,
Hari ini "ibu kita mau bikin adonan campur semua bahan, yang paling menjijikan menang!" (proceed to eksperimen acak2in dapur)
Memang hidup kadang di atas kadang tutup mata aja wkwkwk
Suka amazed liat temen2 yang nerusin studi magister, doktoral.. So cool. It's cool but it's still not for me wkwkw so I'm happy for them, but please stop pressuring me 😆
Sebagai anak yang trauma ke dapur dan baru berani masak masakan setelah nikah, so happy liat anak anak umur 7 udah nagih pengen makan telor orak arik bikinan sendiri 🥹 Alhamdulillah. Tinggal maknya sabar jangan komen pas telornya netes ke lantai wakakak
Ngikutin sebuah webtoon yg masih ongoing. Beberapa minggu lalu sempet dapet 2 eps sekaligus dalam satu hari, terus sekarang tiap update kecewa kalo cuka 1 ep. Wkwkw memang manusia tu susah puasnya 🫠
Jadi alurnya itu:
1. Buat RAB bareng
2. Uang masuk
3. Execute the transactions
4. Evaluate real vs rab, revisi plan bareng kalo ada hal2 diluar rencana
5. Pelukan sambil saling bilang, makasih ya sayang
Plan nya bareng, execute nya terserah, yg penting sama2 bersyukur 👍🏻
Tanggal 25. Gajian cair. Bapak buka mobile banking. Transfer 15 juta bulat-bulat ke rekening istri.
"Udah masuk ya Ma. Semua gaji bulan ini. Atur aja."
Bapak taruh HP di meja. Senyum bangga. Rebahan di sofa. Nonton TV. Merasa sudah jadi laki-laki paling bertanggung jawab se-RT.
Merasa bulan ini tugasnya SELESAI.
Fast forward tanggal 20 bulan depan. Istri bilang uang menipis. Bapak naik darah:
"Kok boros banget sih?! 15 juta! Kamu belanjain apa aja?!"
Shock moment adalah ketika anak males minum vitamin sirup yg mengandung fish oil karena rasanya katanya gaenak. Kirain karena fishy. Terus nyobain fish oil capsule gel biasa sambil dikunyah, doi suka rasanya.......apa tidak hanyir