Sebagai warga Jogja yang dari dulu lumayan sering terdampak hujan abu vulkanik, mau kasih beberapa tips simple buat temen-temen yang terdampak:
• Kalau sumber airnya sumur, langsung tutup sumur biar abu gak mencemari air. Yang torennya gak ada tutupnya, cepetan ditutup.
• Tutup ventilasi & celah jendela (bisa pakai kardus atau kertas). Soalnya abu bakal masuk ke celah kalo tertiup angin.
• Tutup makanan dan minuman yang ada di rumah. Jangan biarkan terbuka karena abu gampang banget masuk bahkan lewat celah atap.
• Pakai masker kalau terpaksa beraktivitas di luar ruangan. Sebenernya idealnya pakai KN95 atau N95, tapi kalau di rumah cuma punya masker kain atau masker medis biasa pun gapapa, daripada harus berkendara beli di apotek.
• Selain masker, pakai kacamata juga. Abu vulkanik rentan bikin iritasi & belekan.
• Kalau mata udah terlanjur kelilipan abu, jangan dikucek! Langsung bilas dengan air mengalir.
• Kalau sekolah dan kantor diliburkan sehingga gak ada kepentingan keluar rumah, sebaiknya kendaraan dimasukin rumah dulu. Abu vulkanik pHnya beda-beda, tapi ada yang bersifat asam sehingga korosif.
• Kalau kendaraan udah terlanjur kena abu, jangan langsung dilap. Bilas dengan air dulu supaya gak menggores cat. Setelah itu baru dicuci dengan sabun seperti biasa.
• Kucing dan hewan peliharaan lain sebaiknya masuk rumah. Abu bisa menempel di bulu dan telapak kaki, lalu tertelan saat mereka grooming.
• Karena erupsi gunung api berpotensi menimbulkan gempa vulkanik, jangan lupa lakukan mitigasi gempa juga. Misalnya, amankan benda-benda yang mudah jatuh, jauhkan barang berat dari tempat tidur, dan kenali titik aman serta jalur evakuasi di rumah.
• Siap sedia tas darurat. (Kamu bisa search apa aja isi tas darurat & sesuaikan dengan kebutuhanmu).
• Pengguna wifi jangan lupa sedia paket data, listrik bisa sewaktu-waktu padam.
• Jalin komunikasi dengan tetangga agar bisa saling bantu, terutama lansia atau orang yang kesulitan keluar rumah.
Stay safe semuanya 🤍
Semoga kita semua selalu dilindungi dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa tetap tenang, ikuti informasi resmi, dan saling bantu dengan orang-orang di sekitar kita. Jangan lupa berdoa.
Covid kerasa nggak ada apa apanya dibanding kondisi Indonesia sekarang. At least waktu itu Pemerintah "ada". Sekarang, mereka salah satu bencana itu sendiri.
Agree with this. Indonesia lokasinya di ring of fire, rawan bencana alam setiap saat and yet those selfish bastard namely indon government malah ngecut budget BNPB demi program nggak guna itu.
🚨 GUYS MARI KAWAL BERITA INI! UP UP UP!
Kasus anak perempuan 15 tahun yang jadi korban pemerkosaan di lokasi pengungsian ini jangan sampai tenggelam. Korban sudah melapor, sekarang kita kawal sama-sama supaya kasusnya benar-benar diproses dan korban dapat keadilan.
Hidup di tengah tengah ring of fire tapi pemerintah buta sama 'public safety alert' tuh ngehe banget anjrit, wdym we got most of the update bencana bencana alam ini dari akun akun gede di sosmed???? Wallahi wallahi
@saintoirment Ummmm kalau ga ada yang ngabarin, gimana warga bisa tau potensi bahayanya :(
Entahlah akun resminya seems ga informatif padahal lagi kondisi gawat bencana :(
dapet info abu erupsi krakatau udah sampe bogor, depok, hingga jaksel.. ini ada saran dari kakak yg berpengalaman handle abu vulkanik, bisa diterapkan ya temen2, stay safe! semoga kita semua selalu dilindungi.. si ndut terserah
[Baru Sisi Jawa] Update Zona Merah Abu Vulkanik Anak Krakatau per 23:35 WIB
Welcome pendatang baru: Jaktim, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Pemalang, Kuningan, Cilacap, Lumbir,
Aviation Weather Center US