@floWrycuu_ yang penting belajar sungguh sungguh, sama persiapkan strategi yang matang, jangan terintimidasi sama progress dan waktu start orang lain. aku jg sama kok ga pernah dokumentasiin belajar, trus belajarnya cmn 6 bulan sblm utbk dan ujian mandiri, Alhamdulillah nyantol
@laperdahguaa sabar yaa, PM aja stress walaupun materi SMP+dasar SMA, apalagi Mat IPA+Fisika nya UM UGM, pengalaman soalnya pas ikut kemaren and now im sitting here, on one of the choice yang katanya "Sangat Ketat"🤗
@txtdarijasputih Itu namanya insentif, orang yang udah cape cape berjuang masuk UI dari awal diberi insentif diskon biaya kuliah, biar mereka tertarik buat lanjut studi, bukan ada maksud diskriminasi itu namanyaaa
@lavignme tpi saran aku sih ya(boleh tanya tanya lgi di dm), better coba aja SNBP, bagusin TKA, sekalian itu buat modal SNBT + Mandiri. tpi jgn kaget kalau ga keterima SNBP, artinya hrus siap plan B sama C UTBK + mandiri. aku dlu jg gini, dan dapat. belajar TKA jg ngaruh ke SNBT ilmunya
@lavignme termasuk non top 10 jg, pokoknya SNBP itu based on kepercayaan PTN ke sekolah, entah dri alumni, kerjasama atau lainnya, soalnya dri zaman SNMPTN, Pmdk pokoknya thun 2010an kebawah, sistemnya emg gitu, cuman nerima sekolah yg "dipercaya/diundang"
@lavignme kalau ga percaya coba liat deh postingan anak anak berprestasi snbp, dan surprisingly memang banyak yang ketolak dripada yg keterima, bahkan yang prestasi bejibun pun juga banyak yang ketolak, ya itu tdi, ga ada alumni
@lavignme peluang keterima itu baru akan ada kalau ada alumni, kalau udh ada alumni ya kamu mainnya di TKA, Sertif, sama Prestasi lainnya. kalau ga ada ya ga bakal tembus snbp, karena PTN itu lebih percaya ngasih jatah snbp sama sekolah yg udh pernah ada alumni yg tembus di mereka
@kirei_mita tergantung ekonomi orang tuamu laa, tpi kalau di aku sih karena ortu ku PNS yang jabatan sama pangkatnya udah tinggi jdi aku kena maksimal wkwkwkwk
better coba dlu deh dripada takut, worth it banget kok mandiri UGM
@kirei_mita dan jg harus sadar diriiii, ga ada jaminan lolos di utbk, bukan mau meremehkan, tpi kita hrus mempersiapkan rencana cadangan bilamana utbk gagal, aku waktu itu gagal di utbk tpi lolos di pilihan dua alias UM UGM di jurusan top hehe
soalnya aku dri awal nyiapin TKA, utbk dikit
@kirei_mita adaa, saran aku PK PM itu kan soal tipe SMP sama materi SMA dasar, ya kamu mostly kuasain fundamental, trus usahakan dalam mengerjakan kamu hrus menang speed dan ketelitian, soal soal PK PM itu gampang kok cuman kalahnya karena kalah speed 1 menit 1 soal gitu