Anies Baswedan tolak RUU Perampasan Aset Dan Hukuman Mati Koruptor:
> Anies secara terbuka nyatakan gak setuju hukuman mati dan minta publik hati-hati soal wacana perampasan aset
> menurutnya, uu penyitaan aset baru boleh diterapkan kalau integritas dan mental penegak hukumnya sudah benar-benar bersih.
> kalau kualitas penegakan hukum masih buruk, undang-undang ini sangat rawan disalahgunakan jadi alat politik.
> lawan politik yang cuma modal dicurigai bisa langsung dihancurkan dan dikuras habis seluruh asetnya tanpa dasar yang kuat.
> di tengah praktik penuntutan yang belum pasti, aturan ini malah cuma bakal menciptakan iklim ketakutan yang masif.
> anies pun memberi sentilan penutup 'saat undang-undang masih dijadikan alat penguasa, perampasan aset itu bahaya banget.'
Selain Anies, Rocky Gerung juga menolak terhadap penerapan hukuman mati di Indonesia, termasuk untuk para koruptor saat debat vs AMPB PATI
Menurutnya, hukuman mati sangat berbahaya karena adanya risiko kesalahan vonis (judicial error) dalam sistem peradilan yang tidak bisa dipulihkan jika seseorang terlanjur dieksekusi
Rocky: Di Indonesia itu gak boleh ada hukuman mati. Kenapa? Karena ada kemungkinan salah hukum. Kasus Sengkon dan Karta itu buktinya, semua salah peradilan
AMPB Pati: Tapi menurut saya, hukuman mati itu yang paling efektif.
Rocky: Kalau orang yang nggak bersalah terlanjur dihukum mati, bagaimana? Nanti mau dipulihkan?
dulu pernah punya cowo yg (maaf) ekonominya di bawah keluarga gue. pernah berandai-andai bahas pernikahan.
👦🏻: nanti kalo kita nikah, kamu tinggal di rumah aku ya
👧🏻: maksudnya rumah ortu kamu?
👦🏻: iyaa
👧🏻: tapi kan di sana udah banyak orangnya.
(fyi rumahnya di gang, kamarnya cuma 3, yg tinggal di sana ibu, bapak, sama 3 adiknya)
👦🏻: kan kamu sekamar sama aku
👧🏻: okey kalo sekarang cuma berdua, kalo nanti punya anak? lagian aku sungkan sama keluargamu. kita sendiri aja.
👦🏻: ya kita sekamar bertiga, kamar mandinya—
yg rame-rame 😭😭😭
👧🏻: hahh?? 😭😭😭
(fyi gue gapernah kamar mandi rame-rame, karena punya km sendiri. ato kalau pakai bareng-bareng, atleast sama-sama cewe lah 😭)
👧🏻: terus mau sampai kapan di sana? kan anak lama-lama besar.
👦🏻: ya gatau, nanti mama aku jadi mama kamu juga.
👧🏻: maksudnya gini loh, kalo punya anak kan nanti dia makin besar, sd-smp-sma. masa mau tinggal sama ortumu terus kita?
👦🏻: ya emang kenapa? gapapa lah. mereka ortuku, bukan orang lain.
semenjak itu obrolan jadi gak nyambung. tiap gue ngasih tau sesuatu ke dia, dia berasa diatur-atur. ngerasanya karena keluarga gue lebih punya uang daripada dia, padahal nggak. gue cuma ngasih opsi terbaik.
gue waktu kecil juga pernah tinggal di dalam gang sampai sd, tapi ortu gue mau berkembang sampai akhirnya bisa beli aset di mana-mana.
at the end of the day, i gave up on him. cowo yg cuma mau stay di comfort zone kayaknya emang gak cocok sama gue 😭
Fathimah: "saya yg akan komando anak-anak saya, kamu diam!"
"saya melihat teman-teman saya terhimpit dan mengajak mereka kembali kesini, bukan krn saya nurut sama anda. bagi saya, teman-teman saya lebih berharga"
"krn saya tau bagi anda, nyawa teman-teman saya ini tidak ada artinya"
merindinggg dengarnya 🥹
Aku kumur tiap hari pake dentiste ini.. kalo pengen sampe keluar tonsil nya coba aja cek sambil d kumur sekitar tenggorokan yaa nnti keluar yg bau kayak gini.. dijamin nanti mulut ga akan bau lagi
Belinya disini 👉🏻 https://t.co/zzj5TCtZTv