Ketika software developer memakai ide gamification agar appsnya lebih sering dipake, lah Islam udah ada make konsep gamification dari ribuan taun lalu.
Sedekah itu pay to win
Sholat di Masjidil Haram itu special hunting zone
Bulan Ramadhan itu bonus stage
Sholat itu mandatory daily quest
Zakat itu yearly subscription fee
Berbuat sholeh itu nambahin respect dari sekitar kayak di GTA San Andreas
Lailatul Qadar tuh kayak gacha, kita coba terus sampe dapet
Emang harus sering push rank dan leveling klo jadi muslim tuh
Gw baru dapet insight yg lumayan nampar dari seorang psikiater.
Kalau lo ngerasa punya pattern kayak gini:
• Gampang banget baper
• Refleks menyendiri/ngilang pas lagi stres
• Perfeksionis parah, TAPI di saat yang sama hobi banget nunda kerjaan...
Inilah kenapa hidup itu jangan di-male-centered-male-centered-kan ataupun di-female-centered-female-centered-kan. Hidup itu harus di-Allah-centered-kan. Di sini konteksnya menjalani pernikahan harus berpusat dengan aturan Allah, bukan dengan aturan laki-laki ataupun perempuan.
For real. Sampe sekarang aku masih inget perlakuan suamiku ketika aku lahiran anak pertama.
Ga akan bosan aku sebut, malam pertama di RS sampe kelar cuti, suamiku selalu tidur sama aku. Aku tau ini NORMAL, tapi engga di keluarga besarku. Di mana biasanya abis lahiran itu ...
ga sengaja nemu kalimat ini, rasanya dalem bgt😭
“harga diri terletak jauh di atas cinta. no matter how deep my feelings are, no matter how much i care, love will never be a reason for me to lose myself. cinta sepatutnya buat kita merasa dihargai, bukan dikecilkan. ketika cinta mulai melukai harga diri, thats not love anymore, thats attachment mixed with fear”.
✨Educational Purpose Only: Anatomi Vulva
Mimin mau jelasin dulu tapi yaa. Mungkin ada yg masih blm tau bedanya vagina dan vulva.
Vagina = saluran di dalam tubuh (birth canal + jalan keluarnya darah haid).
Vulva = semua bagian luar yang bisa dilihat, kayak labia, clitoris, lubang pipis, dll.
God created woman so beautifully and this is called vulva 💗
menurutku another level putus selain diselingkuhin adalah
putus karena dia ga punya keberanian untuk perjuangin kamu, dia ga punya nyali sebesar kamu buat perjuangin hubungannya. singkatnya gini, kamu ga se special itu buat dia perjuangin.
halo temen temen yang muslim, aku pengen sharing aja sih. kalian pernah ga sih ngerasa pas kalian lagi kena masalah atau musibah sekecil atau sebesar apapun, kalian suka terbesit "ah pasti karena aku telat sholat, pasti karena aku tadi ngomong kasar" atau sebagainya. padahal,—
gatau kenapa lagi deep banget sama kata kata ini:
"kalau dia tega ngelakuin hal yang dia tau itu nyakitin lu tapi tetep dilakuin itu. itu artinya dia gapernah cinta sama lu, dia cuma suka dicintai sama lu"
menurut gue justru laki laki harus lebih ‘perform’ di rumah karena dia adalah imam dan harus jadi suami yg qowwam utk keluarganya🥲
terlebih kalo istrinya pun ikut nyari nafkah atau dia belum bisa ngasih ART utk istrinya. kasian istrinya yg jd nanggung beban lebih.
jgn sampe di rumah malah nyusahin istri dgn ‘shut down’ otak tapi klo di luar selalu bisa bantu org lain🥲 padahal istri harusnya jd org yg paling berhak untuk dimuliakan suaminya
no wonder Rasulullah sampe bilang gini :
cita-cita gue kalo udah kaya.
uninstall Whatsapp
mau stop sosmed, mau fokus membaca, melukis, berkebun, memasak. udah lalu tinggal di swiss isinya cuma metik stroberi sama ngasih makan kambing.