Saran gratis dari psikolog mahal:
Kalau kamu orang yang cemas, lakukan semuanya untuk bersenang-senang.
Melamar kerja? Anggap lagi iseng.
Ngumpulin dokumen? Anggap lagi main puzzle.
Buka blog? Anggap lagi iseng nulis jurnal.
Anxiety itu hidup dari rasa “ini penting banget”. Semakin kamu anggap satu hal sebagai soal hidup-mati, semakin keras dia mencengkeram.
Jadi turunin levelnya.
Jangan kasih dia bahan bakar.
Coba mulai dari hal kecil hari ini:
lakukan satu hal yang biasanya bikin deg-degan…
tapi kali ini dengan niat “cuman buat fun aja”.
Betul banget, ini jadi concern aku juga sama pasangan.
Nama Ibu itu dipakai jadi salah satu verifikasi di perbankan dan jasa keuangan. Contohnya, kalau mau melakukan transaksi tertentu atau kalau kita lupa sama akses. Biasanya ditanyain sama pihak bankernya.
Dengan terteranya nama Ibu di undangan fisik atau digital, itu akan menaikkan resiko penyalahgunaan data Ibu kita dan resiko akses ilegal terhadap akun perbankan dan jasa keuangan tersebut.
Kita ngga pernah tau undangan fisiknya akan berakhir dibaca siapa di tong sampah. Kita juga ga pernah tau link undangan fisik yang ada nama Ibu kita akan dibaca oleh siapa.
Jadi bijaklah dalam mendisclose data Ibu kita sebagai salah satu bentuk data pribadi yang krusial.
Kalo aku jadinya ngga cantumin nama orang tua sama sekali, kalian masih nyantumin nama lengkap, nama panggilan Ibu aja atau bahkan nama orang tua di take out sama sekali?
Ketemuan dangan ybs di Bank pengirim/penerima, minta bank lakukan pengecekan secara detail asal dan sumber dananya
Jika tidak ada potensi hukum dan benar ybs pemilik sah uangnya, kembalikan, bikin berita acara
Jika bukan pemilik sah dan berpotensi hukum, minta bank blokir rekening sejumlah dana yg ditransfer, bikin berita acara
Jangan kembalikan langsung
Salah satu nasehat mamaku adalah minta doa supaya diampuni dosanya, dijadikan orang yg beruntung dalam hidupnya, orang yg selalu dalam belas kasihan-Nya dan diberikan rejeki yang barokah sehingga bisa dinikmati dengan aman dan berbahagia.
Yang merupakan effort antara lain :
Anter-jemput
Beliin hadiah
Ngajakin jalan
Apapun yg ngeluarin tenaga , waktu dan uang
Dan effort layak dapet apresiasi.
Yang termasuk effortless :
Chatan
Telponan
Yang disebut bare minimum :
Setia
Kejujuran
Komunikasi
Gak genit ke lawan jenis lain
Kuharap gak ada campur aduk lagi atau bikin laki2 merasa serba salah 🙃
SETUJU.
1. Dia yg bikin planning hamil, melahirkan, menyusui dan MPASI.
2. Dia yg mandiin.
3. Dia yg nidurin.
4. Dia yg ngajak main.
Cari yg mau jadi Bapak bukan yg cuma mau punya anak biar serasa lengkap jadi suami. Cari yg mau kerja sama bareng-bareng besarin anak. Ga ada benar salah, namanya sama-sama baru pertama kali jd orang tua. Yg penting harus siap dgn segala resikonya.
Sekali anak lahir, ga mungkin bisa dimasukin dalam perut lg. Uda tanggung kita sebagai org tua 🙏🏻
Biasanya aku bedain pertanyaannya.
Kalau interview dengan **HRD**, fokusnya ke aturan kerja dan benefit:
1. Range gajinya gimana, gross atau nett?
2. Benefit apa saja yang didapat? BPJS, asuransi, dll.
3. Sistem cutinya gimana? Berapa hari per tahun?
4. Statusnya kontrak atau tetap?
5. Ada probation atau tidak? Kalau ada, berapa lama?
6. Notice period-nya gimana?
Kalau interview dengan **user**, fokusnya ke kerjaan, tim, dan ekspektasi:
1. Nanti report ke siapa?
2. Flow kerja hariannya seperti apa?
3. KPI atau targetnya diukur dari apa?
4. Siapa yang menilai performance kita?
5. Kriteria lulus probation seperti apa?
6. Challenge terbesar di role ini apa?
7. Timnya sekarang berapa orang dan cara kerjanya gimana?
Intinya, ke HRD tanya soal sistem kerja dan benefit. Ke user tanya soal jobdesc, target, tim, dan ekspektasi.
doa jalur langit. taun lalu beneran ngerasain bgt yang namanya ketimpa masalah gede, terus mulai ngamalin ini. yang gw kira bakal mustahil bisa terselesaikan, ternyata bisa selesai dalam waktu singkat
padahal finding someone can talk to you for hours without getting bored after a long day ITU HAL YANG TIDAK SEMUA ORANG BISA DAPATKAN. callan berjam jam cerita hal hal aneh, sharing random thoughts, dan ketawa bareng THAT'S SOOO FUN😔😔😔 i love spending time with my partner