Please @Citilink lebih teliti dlm memeriksa penumpang yg mau boarding ke pesawat, saya salah naik pesawat hari ini krn di saat yg sama ada 2 pesawat yg boarding di gate yg sama. Untung tempat duduk saya sudah ada yg Isi shg saya sadar saya salah pesawat jd saya turun dr pswt.
KLARIFIKASI BARANG BAWAAN PENUMPANG KE LN
Terkait polemik barang bawaan penumpang ke luar negeri, sudah ada klarifikasi Bea Cukai. Saya narasikan ulang supaya lebih jelas:
1. Konten yang dibuat Kantor BC Kualanamu sebagai inisiatif untuk menjawab keingintahuan publik patut dihargai namun kurang sesuai dengan maksud/substansi peraturan dan praktik di lapangan selama ini. Kami MOHON MAAF untuk ketidaknyamanan yang terjadi dan kegaduhan yang timbul.
2. Sejak aturan berlaku tahun 2017, ketentuan pelaporan barang bawaan penumpang ke LN difokuskan untuk high value goods, seperti sepeda untuk olahraga, barang2 pameran, atau kegiatan seni seperti syuting atau konser di LN (gitar, keyboard, drum, kamera dll). Jadi bukan tas jinjing atau sepatu seperti dicontohkan.
3. Praktik selama ini, dengan risk management yang diterapkan, Kantor BC sangat selektif dalam menentukan barang yang diperlukan deklarasi. Faktanya, selama ini sangat jarang penumpang biasa yang melakukan deklarasi barang bawaan ke LN dan perjalanan dapat dilakukan dg baik dan nyaman.
4. Deklarasi ini pun sifatnya layanan opsional, bukan kewajiban. Ini demi memberikan kemudahan saat penumpang kembali ke tanah air. Opsi lain adalah menggunakan Custom Declaration yang disediakan atau cara lain.
5. Layanan deklarasi pun diberikan di area KEBERANGKATAN INTERNASIONAL bukan area KEDATANGAN. Ini diatur sejak awal demi efektivitas dan efisiensi.
6. Semoga dengan keterangan ini, warga negara yang akan bepergian ke luar negeri tetap dapat menjalankan aktivitas dengan baik dan lancar.
Demikian kami sampaikan. Kiranya memberikan kepastian. Terima kasih untuk perhatian, masukan, dan kritik yang diberikan. Semoga Bea Cukai dapat lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.
Jika menemukan pelanggaran di lapangan, mohon jangan sungkan melaporkan ke kanal/unit terkait, demi perbaikan.
Terima kasih wabil khusus buat Mas @ismailfahmi Chief @yanuarnugroho Prof @sociotalker kak @AmirahWahdi Bang @emerson_yuntho Kak @unilubis Kak @lyndaibrahim Kak @OlgaLy_DIA Mas @kurawa dan sahabat yang peduli dan memberikan catatan perhatian.
Salam hormat๐๐ฎ๐ฉ๐
@Menlu_RI@OIC_OCI yth Ibu @Menlu_RI , saya mohon terus berjuang menyuarakan penghentian perang di Palestina. Demi kemanusiaan tolong suarakan terus ya bu ๐๐ผ๐๐ผ๐๐ผ๐ญ๐ญ๐ญ
@angkasapura172 free charging Gate 2A terminal 3 international departure CGK gak bisa digunakan. mohon dicek krn byk penumpang yg mau charge hp dr td ๐๐ผ
New column!
First-generation academics were always rare. Now theyโre vanishing.
Youโve probably seen @annastansburyโs brilliant work on econโs lack of socioeconomic diversity, but whatโs driving it, and what does it mean?
https://t.co/N3tchZK0M2
Kalau Indonesia mau terlibat di GVC di bidang Jasa:Investing inHuman Capital,RnD Trade Opennes, Rise of Digitalization, Incentivized produk jasa indonesia yg digunakan dlm produksi