"kontrasepsi buat cowo dikaji ulang terus karena membahayakan tubuh laki-laki."
LAHHH???!!! MAKSUDNYA KB YANG DI PAKE IBU-IBU AMAN SEMUA KAH???!!!
- siklus haid gak teratur/ gak haid sama sekali
- mood swing
- muka kusam dan berjerawat
- pusing
- mual
- nyeri payudara sampe kanker payudara
- gak nafsu berhubungan badan (libido turun)
- BB naik/turun terus
- gak ngelindungi dari penyakit menular seksual
- meningkatkan resiko serangan jantung
- kanker serviks
- radang panggul dan rahim robek (IUD)
- osteoporosis
- batu empedu
- depresi berat
- nyeri hebat perut bagian bawah (IUD)
Dengan sebanyak ini efek samping kontrasepsi perempuam, udah sewajarnya sih laki-laki yang dituntut melakukan kontrasepsi.
Metode coitus interruptus bukan kontrasepsi ya. "Buang" di luar itu tetap berpeluang untuk menghamili.
Ada opsi kondom. Ga enak? Lebih ga enak bagi perempuan jika mereka mengalami kondisi seperti di bawah ini.
Mau yang enak? Ada vasektomi. Tak perlu kondom. Tak perlu coitus interruptus.
Kita sebagai laki-laki tak boleh egois dan tak boleh menutup mata bahwa metode kontrasepsi yang sekarang banyak digunakan itu lebih berpengaruh secara fisik ke perempuan.