UPDATE ERUPSI GUNUNG ANAK KRAKATAU
DUKUNGAN MAGMA KUAT MEMICU LETUSAN BESAR MALAM INI! ZONA BAHAYA DIPERKETAT!
Eskalasi aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda makin mengkhawatirkan! Setelah dilaporkan mengalami letusan pada Jumat malam (5/9/2026) pukul 00: 20 WIB, pantauan seismik mengonfirmasi bahwa letusan ini merupakan kategori ERUPSI BESAR dengan ampitudo gempa letusan yang melonjak signifikan!
Meskipun visual letusan di tengah laut kerap tertutup kabut tebal dan pekatnya malam, getaran dentuman serta gempa tremor menerus terekam kuat, menandakan adanya suplai magma yang sangat aktif dari perut bumi!
Rincian situasi terkini, bahaya sekunder, & imbauan keselamatan:
AMORTISASI & TREMOR MENERUS
PVMBG mencatat rentetan gempa letusan beruntun. Tidak teramatinya tinggi kolom abu secara visual justru meningkatkan risiko karena arah sebaran abu vulkanik sulit diprediksi secara kasat mata!
ANCAMAN LONTARAN MATERIAL & TSUNAMI LOKAL
Setiap potensi erupsi besar Gunung Anak Krakatau selalu membawa ancaman lontaran batu pijar serta potensi longsoran tubuh gunung ke dalam laut yang bisa memicu gelombang tsunami sekunder di pesisir Banten dan Lampung!
βHINDARI RADIUS BAHAYA & JALUR PELAYARAN
Nelayan, kapal penyeberangan Bakauheni-Merak, hingga wisatawan ditegaskan untuk SAMA SEKALI TIDAK MENDEKATI radius bahaya yang ditetapkan! Peringatan keselamatan penerbangan (VONA) juga berpotensi dinaikkan ke level tertinggi.
Pertanyaannya: Apakah sistem peringatan dini dan sirine potensi tsunami di sepanjang pesisir Anyer, Carita, hingga Kalianda sudah benar-benar siap dan aktif 100% jika terjadi kondisi darurat di tengah malam?!
Warga di pesisir Banten dan Lampung Selatan: Tetap waspada, jangan panik, siap kembangkan tas siaga bencana, dan terus dengarkan instruksi resmi dari PVMBG / BPBD / BMKG!
disimak dipahami ini SPEAK UP DARI PENULIS AGASKAR
kalian boleh berpendapat tapi jangan berasumsi yang aneh-aneh kalau belum tau pastinya gimana dan ini experience marsha di dunia akting seharusnya kita support bukan jatuhnya ngehate
soal video Marsha yang dirangkul sama Andrew, video itu pas lagi TES CAM, di mana saat itu peran ARHEZ diperankan oleh ANDREW, BUKAN OLEH CHRISTIAN. dirubah h-2 cast reveal dari Andrew ke Christian.
beliau sedikit berkeluh-kesah soal respon fans yang berlebihan kepada Marsha yang dirangkul sama Andrew di video tersebut, beliau kesel karna ada komentar yang bilang Marsha baru debut langsung meranin cewek murahan.
silahkan dibaca sendiri: