//tw s*icide
dapat kabar dari teman, tetangga nya ada yang g*nt*ng diri karena bantuannya dicabut semua krn desil yang kacau ini, dipagi yang sama setelah muter cari hutangan buat bayar pdam yang mau dicabut krn suka telat bayar
Buat yang bilang demo tuh ga guna, baru-baru ini unjuk rasa dari Barisan Pemuda Melayu Kalbar berhasil menyelamatkan dana APBD sejumlah 19,1 MILYAR yang tadinya dihibah untuk proyek gedung parkir kejaksaan. Iya, cuma buat parkiran. 😊😊😊😊😊
mas ini jelasin alasan kenapa harga sawit indonesia kalah mahal dibanding malaysia padahal pohonnya sama:
> malaysia punya lembaga khusus MPOB (Malaysian Palm Oil Board) yang fokus R&D bibit unggul sesuai jenis tanah, plus ngontrol ketat kualitas dari benih sampai panen
> indonesia padahal menguasai hampir 60% produksi minyak sawit dunia (46,7 juta metrik ton), tapi masalah dari hulu ke hilir masih berantakan
> sebagian petani kita masih hobi tanam jenis Dura yang cangkangnya tebal dan miskin minyak, bahkan ada oknum yang nekat nyampur brondolan pakai tanah demi mengejar berat timbangan instan
> pas ditegur pabrik, prinsipnya malah "kita jual berat timbangan bukan jual kandungan minyak", beda sama malaysia yang sistemnya dijaga jujur dan terstandar
> hasilnya harga sawit indonesia susah bersaing di pasar global dan dihargai lebih murah, padahal tanah dan potensinya jauh lebih besar
> ternyata bedanya bukan di kualitas tanah atau pohonnya, tapi di kejujuran rantai proses dan ketegasan pengawasannya
media asing soroti orang utan di kalimantan:
- reuters bikin laporan soal orang utan yang ditemukan memprihatinkan di kebun sawit
- dekat lokasi karhutla ketapang kalbar
- warga bernama jais pertama kali nemuin orang utan itu pas mau ke ladang
- kondisinya makin lemah jadi jais dan warga sekitar minta bantuan buat selamatin
- pas tim dateng kondisinya udah kritis dan ga sadarkan diri karena kekurangan oksigen
- dokter hewan pasang selang kecil di hidungnya buat suplai oksigen
- ini orang utan ketujuh yang berhasil diselamatin akibat dampak karhutla
TRAGISSS!!!
Dari Rp12 juta merosot tajam ke Rp100 ribu per kilo, gara-gara kelakuan culas oknum, emas hijau Indonesia yang sempat merajai dunia langsung hancur berkeping-keping 😭
> bapak ini cerita Indonesia sempat dapet durian runtuh jadi eksportir vanili nomor 1 dunia pas kebun Madagaskar hancur diterjang angin topan. Harganya pun meroket fantastis tembus Rp12 juta per kilogram
> bukannya dijaga emasnya, momentum langka ini justru diacak-acak sama keserakahan oknum lokal. Demi nguber timbangan berat instan, pod vanili malah sengaja diselipin kawat sama serbuk besi!
> begitu kelakuan biadab ini kebongkar di pasar global, kepercayaan buyer internasional langsung jatuh ke titik nadir. Efeknya? Harga vanili Indonesia terjun bebas tanpa ampun sampai tinggal Rp100 ribu per kg
> imbas kejahatan ini tetep petani kecil yang jadi korban
> gara-gara gap harga yang kebangetan turunnya, ribuan kebun vanili dibabat habis dan petani terpaksa ganti haluan komoditas.
gila sih potensi raksasa buat kuasai pasar dunia melayang gitu aja cuma gara-gara mentalitas mau kaya instan lewat cara curang
Btw, sudah ada korban meninggal.
Taufik Hidayat (26 tahun), terjebak asap di KM 4 Jalan Poros Pelang, Kabupaten Ketapang, pada 4 Agustus 2026 malam.
Diduga korban terjebak dalam asap tebal saat pulang kerja, sempat meninggalkan motornya sebelum pingsan & ditemukan terbakar.
Tampak ormas GRIB terekam memukul dengan kayu, menyeret, menendang bagian kepala, berkali-kali anak SMA yang bernama Fatur yang kebetulan lewat gang di RW 7 petamburan & sudah tidak berdaya, terjadi dini hari di Petamburan 28/8/2026
BKSDA mengevakuasi induk orangutan “Mama Rawa” & bayinya berusia 3 tahun dari hutan Kalimantan usai kebakaran hutan 2020 menghanguskan habitat mereka hingga kelaparan berbulan-bulan. Survei menunjukkan tak ada hutan layak dalam radius beberapa kilometer sementara data mencatat sekitar 200.000 orangutan hilang selama 50 tahun deforestasi akibat kebakaran hutan berulang di Kalimantan.
i'll never forget how precious they looked together that day and the fact that san felt the same way looking at them and having them come so far for his sister's wedding, oh my ateez love each other the most in the world :(