pas 14 pelaku KS FHUI lainnya menyusul, cewe cewe bahkan sampai naik ke panggung, merinding lihatnya mereka lagi memperjuangkan haknya, dan beberapa dari mereka berbicara dengan nada gemetar didepan orang yang ga mereka kira bahkan jadi pelaku ks 😭💔
tbh, di indo tuh kayak one shoot culture jadi sensi banget semisal ada orang yg gagal. padahal gak semua orang tuh bisa berhasil sekali coba. (aku pun gagal ngerasain gagal pas nyari kampus)
dari sistem sampe society-nya kayak udah sensi gitu sama yg namanya "kegagalan". bayangin
- maksimal ikut UTBK 3 tahun setelah lulus SMA
- pas udah lolos SNM (jalur rapot) g boleh mengundurkan diri nanti sekolahnya di blacklist
- beberapa ortu ada yang gak ngebolehin anaknya gap year. soalnya stereotip gap year di indo lo juelekkk
- bocah SMA labil umur 16–17 disuruh milih jurusan yang literally nentuin 10–20 tahun hidupnya. gak bisa pindah prodi semisal g cocok bisanya ngulang UTBK atau kalau di kampusku bisa pindah prodi tapi pindah ke prodi yang lebih rendah passing gradenya.
- pun disocietynya masih banyak perbandingan. anak e ibuk A mlebu FH UI, anak e ibuk B mlebu FK UNAIR, anak e ibu C mlebu STAN dst sampe kerjo wwk. kalo gagal g ada ruang grief rasanya langsung disuruh move on tr balik on track
- GAP YEAR banyak bgt stigma sosialnyaaa. pdhl aku kenal mhs inter tuh yg seline sama aku masih smt 4,6 wkwkw. mrk kalo tak tanyaij abis SMA have fun dulu nyari minat mrk baru kuliah tapi di indo kan engga? aku termasuk yg dituntut buat g gak gapyear tahun itu. makanya skrng kuliah di kampus yg g aku rencanakan sebelumnya
- pas kerja gak sesuai ekspektasi, "Km kampus ini kok cuma jadi ini." "Lah kamu kan anak X kenapa insecure." dst cape. meritokrasi yang ideal itu beneran g ada (menrurut keyakinan saya). semuanya udah kefilter apalagi pas tes masuk kampus jadi kayak bitter truth kalo ada gap lulusan kampus top, kampus beng beng, kampus chocolatos dkk. apalagi skrng perusahaan myarinya yang udah "berisi"
MAU GAK STRESS GMN WOEYYY DMN 19JUTA LAPANGAN PEKERJAAN ITU WOEYYY???? IPK TINGGI, CV OKE, PUNYA PORTO BAGUS, KAMPUS, GAK ADA JAMINAN BAKAL DPT PEKERJAAN YG OKEEE IN THIS ECONOMY. PUN PAS UDAH DPT KERJA DITANYAIN GAJIMYA BRP, KERJA DMN, KNP G SANA KENAPA G SINI HALAK TAEK!!
MEANWHILE ONOK URIP URIPAN ASAM SULFAT IPK 2.3 DADI PEMIMPIN. PROKER E MEK FANSIGN MBEK AREK SD. KNP KE SD TRS? G BERANI TA DATANG KE KAMPUS?
Secakep ini emang cocoknya debut di enhypen only soalnya member yg lain juga pada super mega cakep luar biasa, jadi dia ga gendong kecakepan group sendirian 😹