Aku mau cerita sedikit. Ini ketikan ponakanku yang umur 6 tahun. Dia anak kakak pertamaku. Selama 3 bulan terakhir aku tinggal di rumah mereka. Bukan karena aku yang mau, tapi karena kakakku lagi hamil besar. Mama yang nyuruh, kakakku juga minta aku tinggal.
Dari semua kakakku, memang kakak pertama ini paling berkecukupan. Singkat cerita, aku bantu urus rumah tanpa dibayar. Aku baru lulus SMA dan pengen kuliah, sekarang cuma nunggu pengumuman KIPK.
Aku sama sekali gak pernah berharap dibiayain kuliah sama kakakku. Ibuku udah tua, ayahku juga udah lama meninggal. Awalnya memang sepakat aku pulang setelah kakakku melahirkan, tapi ternyata terus diminta tetap tinggal sampai akhirnya tanggal 1 Juli kemarin aku udah gak kuat.
Di rumah sendiri aku dimanja banget sama ibu, bahkan jarang ngerjain kerjaan rumah. Tapi di rumah kakakku aku ngerjain semuanya, dari kerjaan paling basic sampai masak. Ya rasanya kayak ART.
Sebenernya aku gak pernah mikir diperlakukan kayak ART. Aku anggap lagi bantu kakakku yang baru melahirkan. Aku juga banyak bantu ngurus bayi. Siang beresin rumah, malam ikut jagain bayi, bahkan sering sampai malam karena kakakku jalan keluar sama suaminya. Aku terima semua itu. Bersihin kamar mandi, ngerjain semuanya, aku ikhlasin.
Karena di pikiranku, orang miskin kayak aku gak punya banyak pilihan selain nerima. Seminggu aku dikasih uang Rp100 ribu, dan kakakku berkali-kali bilang itu udah besar, aku harus bersyukur karena dikasih cuma-cuma.
Aku iya-in aja. Kadang aku harus ke kampus buat urusan KIPK. Di rumah banyak motor, tapi aku selalu pilih naik Maxim karena gak pernah ditawarin pakai motor mereka.
Ibuku selalu bilang aku harus tahu diri. Sebulan terakhir di sana aku bahkan takut makan, termasuk nasi yang aku masak sendiri. Pernah aku males masak nasi sore-sore, kupikir makan nasi pagi aja, kakakku awalnya setuju.
Tapi beberapa jam kemudian aku dimarahin karena akhirnya anak tirinya yang masak. Dia lebih tua dariku dan udah kuliah. Sejak itu aku makin ngerasa rendah.
Puncaknya tanggal 1 Juli aku sakit. Sebenernya udah seminggu kena alergi dan gatal terus. Akhirnya kakakku manggil mantri dan aku disuntik. Efek obatnya bikin ngantuk banget. Tapi aku tetap bantu jagain bayi. Karena aku sakit, kakakku yang masak. Selesai itu sekitar jam 11 aku naik ke kamar di lantai dua buat tidur.
Pas bangun, HP penuh telepon. Aku turun ke bawah, kakakku lagi gendong anaknya. Aku tanya tapi dia diem aja. Mukanya udah kelihatan ngambek karena aku lama di atas. Aku gak terlalu mikir.
Terus dia nyuruh makan bakso sambil ngomong, "Tuh bakso, cuma dikasih kecap soalnya nyuruh bocah, lu lama banget di atas." Dengar itu aku langsung kepikiran, kok bisa ngomong gitu padahal dia tahu beberapa jam sebelumnya aku baru berobat.
Singkat cerita aku mutusin pulang. Aku pesen Maxim. Kakakku diem aja selama nunggu sekitar 15 menit. Pas aku bener-bener mau pulang baru ngomong, nyuruh aku ambil uang Rp100 ribu di atas. Harga diriku rasanya udah lama hilang, jadi aku ambil aja lalu pulang. Sampai sekarang dia masih sering nelepon, tapi gak pernah aku angkat.
Alhamdulillah aku sampai rumah dengan selamat. Dari awal kakakku memang gak setuju aku kuliah. Mungkin dia takut aku minta dibiayain. Aku sakit hati, tapi ya udahlah, rasanya sekarang itu gak penting lagi.
Oh iya, ponakanku sering ngomong kasar, bukan cuma sekali ini. Kakakku juga gak pernah negur. Katanya masih anak kecil. Ya udahlah, toh harga diriku juga rasanya udah lama gak ada.
Aku sekarang masih umur 16 tahun. Aku maksa pengen kuliah karena di umur segini ya memang harusnya kuliah. Eh ternyata buat KIPK juga butuh KTP. Yaudah aku cuma bisa berdoa.
Aku juga pengen kerja. Tapi mau jaga toko aja kebanyakan minta KTP. Aku bisa Word, Excel, lumayan pinter pas sekolah, bisa jadi MC juga. Aku suka anak kecil, waktu SMA juga ikut relawan. Mungkin cocok jadi babysitter. Tapi aku gak tahu harus mulai apply dari mana.
Aku punya LinkedIn juga. Kalau ada info kerja jaga anak boleh banget kasih tahu. Aku orangnya baik dan punya track record yang bagus selama sekolah.
Yang paling aku pengen sekarang cuma satu, bisa kuliah. Dulu aku pengen ikut UTBK tapi batal karena gak ada biaya registrasi. Jadi doain ya semoga aku lolos KIPK di kampus swasta. Aku juga pengen hidup lebih baik kayak remaja seumuranku. Kalau sekarang belum bisa, semoga nanti pas udah dewasa semuanya membaik. Terima kasih, mohon doanya.
@rrainyforest Kakk, maaf tapiii
Ada yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiiiAda yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiii
139,750k(3 bulan), 250k(6 bulan) atauuu 300k(12 bulan)
Ayo ayooo
@mahierrAa@blueberryzzl Ada yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiiiAda yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiii
139,750k(3 bulan), 250k(6 bulan) atauuu 300k(12 bulan)
Ayo ayooo
@quinsyysss Ada yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiiiAda yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiii
139,750k(3 bulan), 250k(6 bulan) atauuu 300k(12 bulan)
Ayo ayooo
@fufufafafafafuf @cayankbangtan Ada yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiiiAda yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiii
139,750k(3 bulan), 250k(6 bulan) atauuu 300k(12 bulan)
Ayo ayooo
@fredsssnn @reepeacezst @SkulingID@AnaliticaId Ada yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiiiAda yang mauuu Skuling sharing bareng aku gaa? Kurang 2 orang lagiiii
139,750k(3 bulan), 250k(6 bulan) atauuu 300k(12 bulan)
Ayo ayooo