Bro sist, lo pernah denger nama "Prabu Siliwangi" disebut orang-orang tua sebagai raja paling sakti di tanah Sunda?
Yang katanya moksa jadi macan putih?
Nah gue mau bongkar versi SEJARAHNYA, bukan versi mistisnya doang.
Siap-siap, ini panjang
Ngak sengaja ngelihat pemulung lg milih² sepatu sama anaknya,
"kamu cari yg bagus ya nak"
tapi setiap anaknya milih, selalu ada petugas yg nepis tangan si anak sampe sepatunya jatuh,
aku langsung tegur petugasnya:
"apa dia ga layak punya sepatu baru pak"
"ini masjid mas" jawabnya
This woman has a dangerously fast heartbeat. The doctor doesn't start with an IV drug.
He asks her to blow as hard as she can into a syringe & then lifts her legs.
Why?
Mengapa Negara Menzalimi Suami Saya, yang Tulus Berkorban Banyak Untuk Negara?
Sebagai istri, sakit hati rasanya. Enam belas tahun aku kenal Ibam, dia ngga money oriented. Niatnya tulus. Kalau sudah mau bantu, dia akan benar-benar bantu.
Ibam dituntut penjara 15 tahun dan harus bayar Rp16,9 miliar, kalau tidak maka pidananya ditambah 7,5 tahun.
Berarti, Ibam dituntut 22,5 tahun penjara.
Ibam, yang pernah menolak tawaran puluhan miliar karena merasa misi bantu negara lewat bangun teknologi masih belum selesai.
Sekarang ironisnya dituduh korupsi. Padahal sampai 57 saksi diperiksa, tidak ada satu pun bukti Ibam memperkaya diri. Tidak ada konflik kepentingan untuk memperkaya orang lain.
Dia hanya konsultan teknis, rela tolak tawaran asing, turun gaji demi negara, ngga punya jabatan dan kewenangan, selalu profesional dan netral dalam kasih masukan, tapi terjebak dalam pusaran para elite birokrasi.
Masukan teknis Ibam yang sudah terdokumentasi baik, transparan akan kelebihan dan kekurangan, diceritakan sepotong-sepotong saja oleh pejabat pengadaan. Sehingga seakan-akan Ibam memaksa hanya Chromebook.
Untungnya, Ibam punya banyak dokumentasi yang sudah jadi bukti di persidangan. Sudah terungkap di sidang bahwa:
1. Ibam bukan pejabat, tapi konsultan yayasan. Gaji Ibam sama sekali bukan dari APBN.
2. Ibam baru kenal Nadiem setelah dia jadi menteri. Ngga ada persekongkolan, dan ngga pernah ketemu personal.
3. Di banyak bukti chat & notulen rapat: Ibam tidak mengarahkan pengadaan, tidak buat kajian, bahkan Ibam minta kementerian untuk uji Chromebook dulu.
4. Pejabat Eselon I akhirnya mengakui: dia yang menolak masukan pengujian Ibam, dia yang memutuskan Chromebook lewat SK yang dia keluarkan.
5. Ahli IT telah menyatakan masukan Ibam sudah netral dan profesional, sesuai best practice keahlian, serta benar dalam menyerahkan keputusan ke kementerian.
Puncaknya, nama Ibam dicatut ke dalam SK pengadaan yang tidak pernah dia ketahui sebelumnya. Dalam pengesahan kajian Chromebook yang ditugaskan SK, tidak ada tanda tangan Ibam.
Terungkap juga di sidang, belasan pejabat, termasuk yang berupaya ‘menyalahkan’ Ibam, mengakui telah menerima ratusan juta rupiah suap dari vendor. Namun mereka semua bebas, tidak ada yang jadi tersangka.
Disaat mereka bebas, Ibam ditahan dan dituntut penjara. Bagiku perkara ini jelas. Suamiku bukan pelaku, tapi korban permainan elite birokrasi yang seenaknya melempar semua keputusan mereka pada Ibam.
Sekarang, kami hampir sampai di ujung jalan.
Ibam dituntut 22,5 tahun penjara.
Dua terdakwa lain, pejabat Eselon II di Kemendikbud, yang mengatur pengadaan dan sudah mengakui ada aliran dana sampai miliaran rupiah, dituntut 6 tahun saja.
Semakin kontras ketika surat tuntutan sendiri mengakui: tidak ada aliran dana ke Ibam.
Tuntutan bilang di laporan SPT 2021, kekayaan Ibam naik Rp16,9 miliar. Ibam sudah tunjukkan bukti di persidangan kalau itu dari saham Bukalapak yang didapat jauh sebelum Ibam menjadi konsultan Kemendikbud, tidak ada kaitannya sama sekali dengan Chromebook atau Gojek.
Bukti itu ditolak JPU dalam tuntutannya. Mereka bilang karena Ibam sudah resign, sahamnya hangus. Mereka tidak paham kata-kata dalam surat pemberian saham, bahwa yang hangus hanya “saham yang belum diberikan”. Padahal, sebelum resign juga ada sebagian saham yang sudah diberikan.
JPU menyatakan, karena mereka tolak bukti itu, Rp16,9 miliar Ibam diduga hasil korupsi, jadi mereka tuntut 15 tahun ditambah 7,5 tahun.
Bagi kami, ini puncak dari kezaliman. Ibam yang tidak pernah, sekali lagi, TIDAK PERNAH ADA ALIRAN DANA SAMA SEKALI, dikriminalisasi atas prestasinya bantu negara, yang tidak ada hubungannya dengan perkara.
Dua minggu lagi putusan Ibam akan dibacakan oleh Majelis Hakim, kami tetap berharap keadilan putusan bisa sesuai dengan fakta persidangan.
Karena, ini bukan sekedar perkara hukum, ini menyangkut nasib seseorang, masa depan keluarga kami, anak-anak kami, serta kemerdekaan kami sekeluarga.
Setahun terakhir ini adalah masa yang sangat berat bagi kami. Keluarga kami kehilangan penghasilan, kesehatan jantung Ibam kian memburuk, bahkan tabungan hidup kami terkuras habis untuk biaya medis dan biaya hukum.
Namun, aku bersaksi bahwa Ibam adalah seorang perintis. Hidupnya penuh perjuangan dari kecil, insya Allah kami siap bangun dari nol lagi.
Hanya saja, jika pengabdian untuk Indonesia harus dibayar semahal ini. Jika bukti persidangan sudah seterang ini, dan jika upaya mengkambinghitamkan Ibam sudah sekentara ini, dia tetap dipenjara puluhan tahun...
Ini adalah ketidakadilan yang teramat pahit.
Bukan hanya bagi Ibam, tapi bagi siapa pun yang pernah atau akan bantu bangsa ini dengan niat tulus.
Apa memang berbakti bagi merah putih seberbahaya ini?
Apa memang tidak ada keadilan bagi orang jujur yang sudah berkorban banyak bagi negara?
Tolong bantu kami mencari keadilan untuk Ibam selagi masih ada waktu. Mohon bantu bagikan tulisan ini, pada rekan atau kerabat, konsultan atau pejabat, siapapun yang bisa bantu menyuarakan keadilan dan memberi perhatian.
Agar tidak ada lagi profesional seperti Ibam yang jadi korban kriminalisasi.
Jakarta, 16 April 2026
Ririe - Istri dari Ibrahim Arief (Ibam)
RAHASIA TURUN TEMURUN… 💯👌🏻
obat china emang ga pernah gagal!! entah kenapa efeknya selalu lebih CEPAT & MANJUR dibanding yang lain 😭👍🏻
ga heran selalu jadi andalan keluarga dari dulu~
Gimana caranya bikin iklan yang disukai sama Gen Z dan Gen Alpha? ✨BRAINROT✨
aku nemu konten dari KitaBisa yg bisa kita bedah bareng-bareng untuk mempelajari studycase non-aesthetic ini. save this buat marketer, creative, dan UMKM lokal biar jadi referensi yg bisa ditiru
Btw, ada yang tertarik buat ambil sidejob remote ngga ya? I mean in this economy, 2 bulan dapet segini lumayan banget. Yang jelas bukan affiliate, jadi beneran kerja ya.
Siapa yang gak tahu teknik Pomodoro?
Teknik berfokus 25 menit yang terbukti efektif memudahkan kita fokus dan berkonsentrasi.
Sayangnya, tidak banyak yang tahu...
Bahwa ada beberapa best practice yang perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari teknik ini.
Misalnya:
- Pomodoro tidak boleh dipecah, dipause
Maksudnya, kalau sampai kamu menuruti interupsi saat sesi pomodoro berlangsung maka seharusnya sesi tersebut void!
Tujuannya supaya next time kamu harus betulan memproteksi sesi fokusmu, 25 menit, tidak boleh dipecah atau dihentikan (paused)
Bagaimana kalau sudah selesai terlebih dahulu sebelum 25 menit?
Bagaimana kalau ada tugas baru yang urgent untuk hari ini?
Semua itu bisa kamu baca di ebook Practical Pomodoro Mastery dan masih ada 4 best practice lainnya yang bisa kamu pelajari.
Gratis!
Kalau kamu mau saya kirimkan link download ebook tersebut:
1. Repost tweet ini
2. Reply "Pomodoro Mastery"
Hanya berlaku 1x24 jam sejak post ini saya upload ya.
Kalian bisa menghitung sendiri pajak kalian berapa, kalo gw sendiri biasanya pake
Kalkulator PPh 21 dan TER dari @redaksi_ortax ! 🎉
Terima kasih rekan-rekan ortax yang udah bikin tools bermanfaat ini! 🙏
Hahahaha yang lagi marah2 proposalnya ditolak langsung buat konten ancaman gini...
Sebentar lagi gue akan buka surat dan proposal kalian yang meminta project Memuji Keberhasilan pemerintah, ingat yah jangan lupa untuk Malu
Nunggu twit sebelumnya 2000 rt dulu pasti gue buka