Happyyy hari ini menemukan hidden gem kenikir di abang sayur yang ga selalu ada, langsung eksekusi direbus trs mam pake sambel bawang nyummm nikmat sekali π₯Ήπ₯Ήπ₯Ή besok mau bikin gudangan kalo waktunya ga gedebak gedebuk ngurus bocil πππ
Kalau bangsa Eropa ke Indonesia untuk cari rempah- rempah karena di Eropa ga ada. Darimana awalnya orang Eropa tau kalau rempah-rempah tu ada di dunia ini. Seseorang jelasin
Kalo kalian baca penelitian-penelitian di luar sana, ga ada yang bakal nyaranin untuk beliin anak-anak mainan SEABREK.
Sama sekali tidak perlu, malah BIKIN BODOK.
Kasih mainan seperlunya aja, better yet, let them BUILD their own. Ini makanya Duplo ama Lego itu bagus, karena bisa melatih imajinasi anak.
Sama, anu, anak-anak itu harus tau yang namanya BOSAN, mereka ga perlu selalu di-entertain. Mereka yang harus belajar entertain diri sendiri melalui imajinasi masing-masing.
Bored children will turn into CREATIVE children. Pasti ada aja idenya.
Kalo mau splurge on your kids, splurge it on EXPERIENCES. Ajak mereka jalan-jalan sambil belajar. Bawa ke sini, bawa ke sana. Kenalin dunia itu, kayak apa, sih.
Masih ada sisa budget lebih, masukin les musik, les bela diri, les apapun yang bermanfaat.
Berpakaian juga biasa-biasa aja. Ga perlu ngotot dari atas ampe bawah kudu bermerk. Dunia udah penuh orang-orang dangkal yang kerjaannya mamerin merk baju dan materi lain yang sebenernya ga penting.
Yang penting ditanamin dari kecil itu ADAB, disiplin, rasa keingintahuan.
Ini bekal penting biar anaknya selalu mau belajar dan nantinya gampang buat diajar.
Jadi gini. Kita agak masuk ke teori dikit.
Ingat waktu SD urutannya: kali, bagi, tambah, kurang?
Itu dari mana? Dari field bilangan real. Jadi field itu punya:
1) Himpunan,
2) Operasi biner pertama, yang kita sebut "penjumlahan"
3) Operasi biner kedua, yang kita sebut "perkalian"
Sifat asosiatif, distributif, dan komutatif semua didefinisikan di field ini.
Di field, semua anggota himpunan, harus punya inverse penjumlahan (minus) dan inverse perkalian (1/x).
Pembagian, itu punya perseden yang sama dengan perkalian.
Kenapa? Karena pembagian didefinisikan sebagai perkalian dengan inverse suatu bilangan.
Oke, nah berarti biar fair, kita ubah semua jadi notasi perkalian.
Yang kiri menerjemahkan jadi:
48 x inverse(2) x (2+4)
Yang kanan menerjemahkan jadi:
48 x inverse(2 x (2+4))
Mana yang benar? Tergantung apa maksud yang bikin soal.
Kalimat matematika seperti ini sama seperti kalimat bahasa Indonesia ini:
"Saya memotret dia makan sambil menangis."
Yang menangis "saya" atau "dia"?
Sekedar koma atau kurung bisa menyelesaikan kedua masalah itu.
Jadi kalau ada yang tanya mana yang benar, jawabannya: "karepmu ki piye?"
Aku yang udah nikah aja MASIH sering kecipratan rejeki dari DUA ARAH malah, mertua sama orangtuaku sendiri.
Soalnya mereka masih kerja, masih produktif, masih menghasilkan uang. Kayak papaku itu, rumah-rumah udah lunas, kendaraan-kendaraan udah milik sendiri, anak-anak udah ga perlu ditanggung semua. Jadi beliau keknya mikirnya, ya, duitnya mo diapain lagi kalo bukan buat anak dan cucu.
Mertuaku pun kek begitu, sering suka belanjain. Selama suamiku di luar kota, kalo mobil butuh maintenance, dia yang satset, mana mau duitnya diganti.
Jadi aku mindset-nya juga bakal sama persis kalo udah tua. Ngapain juga duit kusimpen-simpen, mending buat anak-cucu. Sisanya secukupnya aja buat aku hidup ama jalan-jalan bareng suami.
Ini PRIVILEGE, btw, ga jadi sandwich generation aja udah privilege banget.
Dari awal baru nikah mulai merintis, ga perlu mikirin mak-bapakku bisa makan apa engga, bisa bayar listrik apa engga.
Kalo kalian masih terjebak lingkaran setan ini, usahakan berhenti di kamu, ya.
Ni makanya dari jaman baheula ga cape-cape nyaranin RAJIN BELAJAR, biar sekolah gampang, nyari kerjaan gampang, kesempatan, pun, jadi terbuka lebar.
Yang lain-lainnya pasti ikut menyusul.
Sampe sekarang, belum ada metode paling ampuh untuk mengentaskan kemiskinan selain PENDIDIKAN.
Dulu rame banget.
Dulunya padahal baru berjalan beberapa bulan yang lalu....
QC nya ketat kata salah satu vendor eh tutup juga.
Terus nemu komen: Namanya juga nyuci kalau sudah kering ya diangkat
π€£π€£π€£
Gaji peneliti pemerintah:
7-11 juta rupiah per bulan di BRIN. Syarat: S3.
Gaji buzzer pemerintah:
23 juta rupiah per bulan jadi "pembantu asisten stafsus"