Bacain kasus di Jeju itu kok ngeri ya... Karena mulai muncul spekulasi soal perdagangan manusia, si OP ini jadi keinget ada orang Indonesia yang sempet bikin komentar di IG bahwa katanya lagi terjadi kasus perdagangan manusia di Pulau Jeju. Orang Indonesia ini katanya udah melaporkannya juga ke media dan kantor imigrasi, tapi karena nggak tahu harus menghubungi pihak mana untuk melaporkan kasus ini dari luar negeri, akhirnya dia minta tolong lewat komentar IG supaya ada yang bisa mengarahkan atau menghubungkannya dengan pihak kepolisian Jeju/Seogwipo.
Jadi katanya dia sudah melapor ke Imigrasi Jeju, Kedubes RI di Korea, dan kepolisian Indonesia. Sementara ke KBS, dia mengirimkan berbagai bukti seperti foto, video, dan kronologi kasus, tetapi hanya mendapat respons “Kami akan memeriksanya” dan belum ada tindak lanjut lagi.
Dia menyebut ada pihak di Indonesia yang merekrut orang dan mengirim mereka ke Jeju dengan bayaran sekitar 7 juta won per orang. Setelah tiba, sebagian mengajukan suaka atau bekerja secara ilegal, bahkan ada yang membayar 900 ribu won untuk mendapatkan alamat di Jeju yang dipakai dalam pengajuan suaka.
Orang ini mengaku juga sudah melaporkan kasus ini kepada lembaga yang menangani perdagangan manusia (TPPO) dan kepolisian di Indonesia. Namun, dia diberi penjelasan bahwa karena kasus ini melibatkan lintas negara, bagian yang terjadi di Korea membutuhkan kerja sama dari lembaga penegak hukum Korea. Polisi Indonesia tidak bisa masuk ke Korea dan melakukan penangkapan secara langsung.
https://t.co/VDpUMi3EsJ
Rekening Bank Mandiri milik aktivis asal Pati, Supriyono, diblokir pada Jumat (21/8/2026).
Padahal, rekening itu menampung donasi warga sebesar Rp80 juta yang akan digunakan untuk demonstrasi pada Kamis (27/8/2026) mendatang. Kok bisa terjadi? Geser slide-nya sampai habis, ya.
| Narasi Daily
tadi malam, apinya lagi-lagi masuk ke kawasan rumah warga. kebakarannnya bukan cuma di hutan sekarang, tapi rumah-rumah warga 🙁
tolong, tolong bantu kami yang di kalimantan, tolong sekali beritakan juga hal ini 🙁
Yang punya GMAIL pasti pernah dapet notif storage full trus ujung2nya disuruh langganan google one hahaa.
Kalau emg google one nggak butuh2 amat, mending lo bersihin gmail nya dulu kayak gini: