Mimin @Txtdariiugm pretty sums it all. 👇
Ya intinya mah bukan nyalahin keadaan. Sudah hukum alam kalau bakal ada seleksi. Makanya kalo skill-issue ya wassalam, always try your best to be resilient and agile.
Condition will always be conditioning. What's relevant today might be irrelevant tomorrow. Kalau ada orang kasih saran self-development, take the good sides. Kalau ada yang cerita success story, don't copy the mechanics but copy the frameworks. Karena semua orang berusaha. Kalo jaman ortu kita lebih gampang, harusnya ortu kita pebisnis semua ya? Tapi faktanya kan engga. Masih banyak yang kena kemiskinan struktural atau kemiskinan karena doomer by choice.
Yang perlu dipahami adalah, kita semua gacor karena allah (maksudnya pasti ada akumulasi benefit dari faktor eksternal yang supporting our conditioning).