1. Jika kondisi ini berkembang menjadi erupsi besar, apakah jalur evakuasi sudah siap?
2. Warga sudah mendapat informasi yang jelas?
3. Shelter pengungsian ada di mana dan kapasitasnya berapa?
4. Apakah koordinasi pusat-daerah sudah terencana & terpadu?
@BNPB_Indonesia
Sebagai warga Jogja yang dari dulu lumayan sering terdampak hujan abu vulkanik, mau kasih beberapa tips simple buat temen-temen yang terdampak:
• Kalau sumber airnya sumur, langsung tutup sumur biar abu gak mencemari air. Yang torennya gak ada tutupnya, cepetan ditutup.
• Tutup ventilasi & celah jendela (bisa pakai kardus atau kertas). Soalnya abu bakal masuk ke celah kalo tertiup angin.
• Tutup makanan dan minuman yang ada di rumah. Jangan biarkan terbuka karena abu gampang banget masuk bahkan lewat celah atap.
• Pakai masker kalau terpaksa beraktivitas di luar ruangan. Sebenernya idealnya pakai KN95 atau N95, tapi kalau di rumah cuma punya masker kain atau masker medis biasa pun gapapa, daripada harus berkendara beli di apotek.
• Selain masker, pakai kacamata juga. Abu vulkanik rentan bikin iritasi & belekan.
• Kalau mata udah terlanjur kelilipan abu, jangan dikucek! Langsung bilas dengan air mengalir.
• Kalau sekolah dan kantor diliburkan sehingga gak ada kepentingan keluar rumah, sebaiknya kendaraan dimasukin rumah dulu. Abu vulkanik pHnya beda-beda, tapi ada yang bersifat asam sehingga korosif.
• Kalau kendaraan udah terlanjur kena abu, jangan langsung dilap. Bilas dengan air dulu supaya gak menggores cat. Setelah itu baru dicuci dengan sabun seperti biasa.
• Kucing dan hewan peliharaan lain sebaiknya masuk rumah. Abu bisa menempel di bulu dan telapak kaki, lalu tertelan saat mereka grooming.
• Karena erupsi gunung api berpotensi menimbulkan gempa vulkanik, jangan lupa lakukan mitigasi gempa juga. Misalnya, amankan benda-benda yang mudah jatuh, jauhkan barang berat dari tempat tidur, dan kenali titik aman serta jalur evakuasi di rumah.
• Siap sedia tas darurat. (Kamu bisa search apa aja isi tas darurat & sesuaikan dengan kebutuhanmu).
• Pengguna wifi jangan lupa sedia paket data, listrik bisa sewaktu-waktu padam.
• Jalin komunikasi dengan tetangga agar bisa saling bantu, terutama lansia atau orang yang kesulitan keluar rumah.
Stay safe semuanya 🤍
Semoga kita semua selalu dilindungi dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa tetap tenang, ikuti informasi resmi, dan saling bantu dengan orang-orang di sekitar kita. Jangan lupa berdoa.
i hope you believe that you can still make a beautiful life for yourself even if you lost many years of it to grief, or darkness, depression, or a wound that wouldn’t close
“Aku akan tunggu goodnight wishes 3 alinea itu baru bisa tertidur dengan tenang.”
“Baik, tuan putri. Kamu akan segera mendapatkannya.”
(Menulis goodnight wishes 3 alinea untuk diri sendiri.)
@sangriarosette@muncorner Rekomendasi apaa? Dumbbellnya?
Kalau baru mulai, bisa dari 2–4 kg dulu, di e-commerce ada. Ntar bisa ikutin gerakan dari YT. Search aja “lower body/upper body exercise with dumbbell”. Atau bisa ikutin Emi/Chloe.
Kalau ada budget lebih, bisa beli matras juga biar lebih nyaman.
@osakanights Menurutku latte lebih enak karena rasanya lebih creamy dan somehow bikin rasa matchanya naik (?) Kayak ada rasa nutty erathy-nya gitu (susah dijelasin 😭).
Aku emang suka punya rutinitas yang disiplin gitu, Saka. Bukan karna mau rajin tapi kayak biar ga gamang stress aja
di novel the cat who saved books ada kalimat "membaca membawa status. semua orang ingin menyombongkan bahwa mereka pernah membaca buku yang sulit."
semoga aku ngga pernah jadi bagian dari mereka. aku mau baca buku karena itu hobi. aku mau baca buku biar tau pov orang lain-