PLEASE JANGAN NYERAAAH. Karena dulu aku dapet kerja juga harus melawan 5 orang yang experiencenya lebih banyak dari aku. Mana aku sempet 2 tahun nganggur. Setelah beberapa bulan 1 on 1 sama managerku, aku berani nanya kenapa dia pilih aku. Simple banget jawabannya
"Cara kamu buat ngembangin project ini paling oke buat saya dan [ manager dia satu lagi ]."
Dari sana aku percaya kalau nyari kerja itu beneran jodoh-jodohan dan bantuan dari Tuhan sebesar itu dampaknya
Menurut aku, kemampuan bahasa Inggris memang bisa membantu meningkatkan pendapatan, terutama kalau kalian bekerja di perusahaan yang tepat dan maju.
Aku sendiri bekerja di perusahaan swasta, dan kemampuan bahasa Inggris memang menjadi salah satu poin plus dalam pekerjaan aku. Sertifikat TOEFL, IELTS, dan TOEIC yang aku punya juga sangat berguna dan bisa menjadi nilai tambah. Makanya dari dulu aku ngotot banget belajar bahasa Inggris. Karena buat aku, ini bukan cuma soal bisa berkomunikasi, tapi juga tentang membuka lebih banyak peluang karier dan mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Bahkan sekarang, banyak perusahaan memang semakin membutuhkan kemampuan bahasa Inggris dalam lingkungan kerja profesional.
Orang Indonesia Nyari kerja di Singapore?
🌏 Ada 13 website buat cari kerja di Singapore: MyCareersFuture, JobStreet, Glints, Indeed, Wellfound, dll.
🔎 Makin banyak portal yang lo cek, makin luas peluangnya.
Perluas peluang lo 👇 #GlobalOpportunities
Abis resign, gue janji sama diri sendiri bakal belajar bahasa Inggris 20 menit sehari.
Gak nyangka aplikasi ini malah bikin gue belajar jauh lebih lama dari target setiap hari. 😭
Menipu dalam resume
Menipu yang salah:
- Saya ada 10 tahun pengalaman
- Saya ada banyak skills
- Saya belajar di Universiti ABC
Tapi cara menipu yang betul adalah:
Tips serius buat menjawab pertanyaan ini:
Jangan panjang dan bertele-tele, idealnya cukup 1-2 menit aja.
Formulanya: Nama + pendidikan > pengalaman kerja > expertise/pencapaian utama > alasan relevan dengan posisi yang dilamar.
Kalo fresh graduate formulanya beda lagi:
Nama + jurusan & universitas > pengalaman selama kuliah > skill yang relevan > alasan tertarik dengan posisi.
Ada alternatif MT yang gajor. MTnya Philip Morris karena gajinya 15-18 juta. Jaman gw sih MT paling susah masuknya, ODP bank, Unilever dan Nestle lewat susahnya..
بدلاً من قضاء ساعتين في مشاهدة نتفليكس الليلة.. شاهد هذا الفيديو التاريخي! 🎬
🚨 ملياردير جلس لمدة 42 دقيقة واستعرض كل الحيل النفسية التي تجعل الناس يفقدون أموالهم.. مجاناً بالكامل!
📌 شاهد المحاضرة الآن، احفظ التغريدة، وشاركها مع غيرك! 🔖👇
Jaman kuliah 2011, dulu di Kaskus ada Forum /Thread Sharing Oil and Gas .
Isinya veteran pekerja migas yang saling ngasih insight buat masuk industri. Post traffic nya tinggi, gatheringnya rutin, dlu ada expat Indo (dari Aramco) yg rajin ngasih ilmu.
I DID IT GUYSSS! Akhirnya berhasil loss ±15 kg semenjak nemuin metode diet simpel dan nyantai....
Saking nyantainya sampe ga nyadar udah kebablasan dikit dari target 😆🤏
😆👊 TEPUK TANGAN DULU BUAT BRAND INI! ternyata footwear design dengan corak khas Indonesia mereka, ngga cuma versi mules aja 😭😭
mereka juga buat versi sendal dan flatshoes, yang ngga kalah cantik, loh?! detailnya bikin naksir terus kalo liat 🥹🫠😻🧚♀️
cari kerja di indo bener bener susah.
apalagi buat yg umur 30 keatas padahal ijazah sarjana, pengalaman juga udah oke banget.
tapi gatau kenapa ya se susah itu.
ada yang relate juga ga sih?
pengalaman temenku sampe cari cari di luar negeri juga.
dan sempet ketrima di Malaysia tapi gajadi ketrima dengan alasan hanya menerima warna negara Malaysia aja.
huhu ikut sedih banget.
semoga kalaupun dia belum bisa ketrima di indo, bisa ketrima di jepang jalur ini.
as jobseeker, ini pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan di interview:
tentang diri sendiri
1. kegiatan selama menganggur
2. kelebihan & kekurangan diri
3. hard skills (skill bahasa dan skill microsoft office)
4. pengalaman kerja/magang/organisasi yang RELEVAN dengan posisi yang diminati
5. hasil nyata dari pengalaman tersebut
6. tujuan jangka pendek & jangka panjang
7. alasan mendaftar
8. kontribusi yang mau diberikan
9. alasan kenapa resign (jika ada pengalaman kerja)
10. closing statement
tentang company
1. company bergerak di bidang apa
2. company menghasilkan apa
3. program apa yang sedang dijalankan oleh company
4. lokasi company/cabangnya di mana saja
5. ekspektasi gaji untuk posisi yang diambil
6. study case sesuai posisi yang diambil (biasanya mereka menilai bagaimana problem solving kita nanti)
pertanyaan yang bisa diajukan ke HR
1. berapa lama jam kerja
2. sistem lembur/tidak (untuk tau jam lembur & gaji lembur)
3. bagaimana kontrak
4. bagaimana sistem cuti
5. pekerjaan yang akan dilakukan di posisi yang kita ambil
be bored more often. take a walk without phone, exercise without music, do the dishes without watching tv. let your mind be blank. ideas will pop up organically.
Setuju, yg inggrisnya masi kureng kaya gue dulu, bikin aja script interview, terutama tell me about yourself, jawab pake STAR method.
Kalo perlu d print, latihan dibacain terus sampe keliatan kaya fluent guys.
Jgn lupa belajar juga, yg dibutuhin company yg manggil kita interview, mereka butuhnya apa, fokus jadi value provider atas needsnya mereka.
Terus siapin pertanyaan lain, why do u want to join us dll.
Di siapin, di hafalin ya guyss goodluck.
Temen2 europe timur gue malah lebih banyak yg inggrisnya tidak lebih baik dr temen2 indo :)).
Semangattt
Kuliah hampir 2 jam ini bagus banget untuk kalian yang rutin menggunakan AI.
Banyak banget teknisnya, tapi secara umum mudah dimengerti.
Tonton deh!
Thank me later!