even dengan perang dagang ini FED masih bertahan nggak mau potong suku bunga.
Di bulan mei ini kemungkinan fed potong suku bunga cuma 32% .
Ekspetasi pemotongan suku bunga baru akan terjadi sekitar Mid june.
Penjelasan u/ bayi :
Expect mid-term pain buat portfolio investasi kalian dan baru mulai ada relief di pertengahan juni.
ILUSI UANG FIAT
Investasi di IHSG bagus bukan? dari tahun 1990, naik hampir lebih dari 30x
tapi kalian pernah hitung kalau IHSG kalau diukur pake USD bukan IDR? gak sampai 4x kenaikannya.
Hampir semua investment gains di negara non USD itu ilusi semata dari monetary inflation rate.
#SPX6900 is not a Memecoin.
It's the next step in the Evolution of Crypto.
>>> It is a Movement Coin
It is the perfect encapsulation of Financial Accelerationism and a Pure Tokenization of Belief.
$SPX is for people who want to Hold and Believe rather than Trade or Rotate.
Tariff balasan Amerika. Semua negara kena tariff 50% dibandingkan dengan tariff yg dikenakan ke US.
Jadi misal Indonesia, kasih tariff 64% ke barang Amerika. Maka barang Indonesia dikenai tariff 32%
Short IDR adalah strategi melindungi nilai kekayaan dari pelemahan mata uang. Gk percaya Bitcoin silahkan beli properti atau emas, itu adalah upaya short fiat.
Penyebab IHSG masih downtrend:
1. Risiko Fiskal yang Meningkat.
Defisit Anggaran 2M25 sebesar Rp31,2 triliun.
2. Investor Asing Kabur dari Pasar Saham, Beralih ke Obligasi. Dengan meningkatnya risiko fiskal, investor asing lebih suka instrumen yang lebih aman, seperti obligasi pemerintah. Arus keluar dana asing di pasar saham mencapai US$1,34 miliar (2M25)
3. Penurunan Bobot Indonesia dalam MSCI Global Standard Index dari 2% menjadi 1,5% pada akhir 2024.
1672 : Krisis ekonomi yg disebabkan oleh ledakan gelembung harga aset dan penurunan ekonomi.
1720 : Krisis ekonomi yg disebabkan oleh kebangkrutan perusahaan South Sea Company.
1819 : Krisis ekonomi yg disebabkan oleh kontraksi moneter dan penurunan harga komoditas.
1873 : Krisis ekonomi berlangsung 5 tahun disebabkan oleh kebangkrutan bank dan penurunan komoditas.
1907 : Krisis ekonomi disebabkan oleh penurunan harga saham² perusahaan.
1929 : (The Great Depression) Krisis ekonomi selama 10 tahun yg menyebabkan pengangguran massal dan kemiskinan.
1991 : Krisis ekonomi Jepang disebabkan oleh penurunan harga aset.
1997 : Krisis ekonomi South Korea disebabkan oleh kebangkrutan perusahaan dan penurunan mata uang.
1998 : Krisis ekonomi Indonesia disebabkan oleh kebangkrutan perusahaan, penurunan mata uang, dan kerusuhan sosial.
2008 : Krisis keuangan yg dipicu oleh Krisis subprime di AS yg menyebabkan Krisis ekonomi global.
2020 : Krisis ekonomi yg disebabkan oleh Covid-19, pandemi yg telah menyebar ke seluruh dunia berdampak pada perekonomian global.
2030 : klo dilihat dari sejarah seharusnya ditahun 2030 an nnti kemungkinan akan terjadi badai financial.
Sertifikat ganda dan sama2 asli.. kok bisa?
Sertifikat SHM yang kita pegang sekarang bisa dibatalkan kepemilikannya apabila pada saat proses balik nama ditemukan maladministrasi (batal demi hukum).
Real case:
1. Pak Adi punya tanah 1Ha, kemudian meninggal, diwariskan ke 9 anaknya.
2. Ternyata salah satu anak loss contact & tidak dilibatkan pada saat proses balik nama. Bisa aja misal tt salah satu anak dipalsu. Atau didatangkan “anak-anak”an.
3. Kemudian oleh ahli waris dijual ke Pak Budi.
4. Oleh pak Budi dijual ke pak Charlie.
5. Dari pak Charlie dijual ke pak Doni
6. Dari pak Doni dijual ke developer
Sepanjang perjalanan seolah tidak ada apa2.
7. Okeh developer dipecah jadi 20 sertifikat, dijual ke user.
8. User menerima SHM asli
Hingga akhirnya….
Salah satu anak muncul dan menggugat di pengadilan. Dan menang.
Maka sertifikat hak milik yang dipegang oleh user, batal demi hukum.
Inilah carut marut didunia properti yang kepemilikan aset kita bisa batal padahal bukan kesalahan kita, bukan kesalahan developer, bukan kesalahan notaris, bukan kesalahan BPN.
Kebetulan papa mertua saya pernah punya pengalaman yang sama. Saling menggugat, hingga kalah di MA.
Amerika butuh 1 tahun membantu Israel untuk menghancurkan Gaza (Palestina), tapi Allah Swt cuma butuh 1 hari untuk menghancurkan Los Angeles (Amerika). Bahkan kerugian nya lebih besar dari bantuan Amerika ke Israel.
See that green box in the bottom right?
That’s #SPX6900.
Even on days when the whole market is crashing, $SPX 6900 is green.
That’s how powerful this community is.
I hope you’re positioned for what’s to come. Still early.