Ga bermaksud nakut-nakutin, tapi kalian harus tau fakta-fakta berikut:
1. Gubernur BI mundur
2. Rupiah kembali tembus 18k
3. MBG dan Kopdes terus"an menggerus APBN
4. Minyak dunia menuju 120 dollar per barel
5. Arus keluar modal asing terus berlanjut
6. Pemerintah mengintervensi BI untuk cetak uang guna menutup defisit APBN
7. Ribuan P3K terancam dirumahkan
8. Pemerintah libatkan babinsa untuk kepatuhan pajak masyarakat
9. Outlook peringkat kredit Indonesia diturunkan dari stabil menjadi negatif oleh Moody's Ratings
10. Gelombang PHK masih terus terjadi
11. Mall-mall banyak yang dipagarin
Sekali lagi gue ga bermaksud nakut-nakutin kalian
Kalian ngerasa ga sih, mall masih rame, antrian kopi masih panjang, restoran masih penuh.
Padahal rupiah lagi di titik terlemah sepanjang sejarah dan ekonomi lagi susah.
Nama fenomena ini adalah Lipstick Effect.
Dan ini justru sinyal bahaya loh!🧵
baru sadar, ternyata setiap kita ‘level up’, pasti ‘kehilangan’ sesuatu.
entah itu kebiasaan, pertemanan, pasangan, atau versi diri kita yang lama.
tapi, itu bukan berarti kita benar-benar kehilangan melainkan kita bertumbuh. menyeleksi apa yang udah gak sejalan dengan versi kamu yang lebih baik diatas sana.
CARA BIAR LO MULAI SUKA SAMA HIDUP LO SENDIRI
Lo gabutuh kehidupan yang baru.
Lo cuma perlu berhenti ngelakuin kebiasaan buruk yang ga perlu.
sini gue kasih tau apa aja...
(Bagian terakhir adalah favorit gue)
1. Tidur sebelum tengah malam
Lihat Selengkapnya...
Guys ini cerita yang paling bikin gw mikir lama.
Samuel Rey karyawan biasa.
Bukan founder startup.
Bukan pengusaha.
Bukan anak orang kaya katanya
Tapi dia berhasil bebas finansial di umur 33 tahun.
Dan ini bukan keberuntungan. Ini ada prosesnya.
Gw ceritain dari awal.
Samuel sama istrinya dari awal nikah sudah terbiasa hidup hemat.
Bukan karena ideologi frugal living yang keren keren di internet.
Tapi karena memang harus.
Dua duanya generasi sandwich harus support orang tua di saat yang sama harus bangun hidup sendiri.
Nikah biayain sendiri.
Beli rumah nabung sendiri.
Tidak ada yang dibantu orang tua.
Dan dari situ justru terbentuk satu kebiasaan yang paling berharga mereka terbiasa hidup dalam budget.
Sampai di umur 30 setelah KPR hampir lunas mereka mulai kelihatan polanya.
Pengeluaran bulanan segini.
Kebutuhan hidup segini.
Dan dari situ mereka mulai hitung.
Pakai konsep yang namanya 4% rule.
Konsepnya simpel.
Kalau lo punya aset yang cukup besar dan lo hanya ambil 4% per tahun dari aset itu sisanya tetap tumbuh mengalahkan inflasi.
Lo tidak perlu kerja lagi untuk hidup.
Cara ngitungnya gampang.
Hitung pengeluaran tahunan lo.
Kali 25.
Itu angka target aset lo.
Kalau lo butuh 100 juta setahun untuk hidup berarti lo butuh aset 2,5 miliar yang bekerja untuk lo.
Samuel hitung angkanya di umur 30.
Dan targetnya tercapai di umur 33.
Dua tahun lebih cepat dari target karena konten YouTube yang mulai jalan di 2020 mempercepat prosesnya.
Tapi ini yang paling penting dari semua ceritanya.
Bukan YouTube yang bikin dia bebas.
Yang bikin dia bebas adalah 10 tahun kebiasaan sebelum YouTube ada.
Hidup dalam budget.
Nabung konsisten.
Tidak pernah menaikkan gaya hidup secepat kenaikan penghasilan.
YouTube hanya mempercepat.
Fondasinya sudah dibangun jauh sebelum itu.
Dan ini yang paling relate buat kita.
Kebanyakan orang Indonesia menunggu penghasilan besar dulu baru mulai nabung serius.
Menunggu situasi sempurna dulu baru mulai invest.
Menunggu tidak ada tanggungan dulu baru mulai mikirin masa depan.
Samuel tidak menunggu situasi sempurna.
Dia mulai dari situasi yang justru paling berat sandwich generation dan tetap konsisten.
Tapi ini yang juga jujur dari cerita Samuel.
Setelah bebas finansial dan resign dia malah bingung.
Karena ternyata kebebasan tanpa tujuan itu melelahkan dengan cara yang berbeda.
Tidak ada yang ngebook jadwal. Tidak ada KPI. Tidak ada yang nepuk pundak bilang kerja bagus.
Dan dia sadar satu hal yang tidak pernah diajarkan di semua konten financial freedom manapun.
Pensiun dari sesuatu itu gampang.
Tapi pensiun untuk sesuatu itu yang susah.
Lo harus tau mau ngapain setelah bebas.
Kalau tidak kebebasan itu justru jadi beban baru yang berbeda bentuknya.
Jadi kalau lo sekarang lagi di tengah proses lagi nabung.
Lagi berjuang.
Lagi ngerasa jauh banget dari angka itu.
Sambil jalan mulai pikirin juga mau ngapain setelah sampai.
Karena sampai di angkanya ternyata baru setengah perjalanan.
Hari ke-24 Ramadhan udah banyak persiapan idul fitri, inget ya :
- ngga wajib tukeran hampers
- ngga wajib ngasih hampers
- ngga wajib mudik
- ngga wajib nuker uang baru
- ngga wajib beli baju baru
- ngga wajib ngasih thr ke keponakan apalagi kalo kita aja butuh dan masih struggle bgt
- ngga wajib ikut acara sana sini
yg wajib cuma:
- solat
- puasa
- zakat
bahkan tarawih dan sholat ied pun sunnah.
yg diusahakan :
- ibadah amal 10 hari terakhir bulan ramadhan
- iktikaf
- mohon ampunan
- mohon dipertemukan di Ramadhan selanjutnya

Bossku di kantor dulu pernah tiba2 ngasih tip waktu lagi monthly meeting : Kalian kalau mau cerai masukinnya dekat2 Lebaran deh. Cepat selesainya, karena mereka pada mau selesaikan kerjaan sebelum Lebaran.
Kita semua cuma bisa pandang2an 😭
Jalani hidup nothing to lose.
Seperti kata marcus aurelius:
"What are you afraid of losing, when nothing in the world belongs to you?"
Be happy setiap hari.
Usaha aja dulu, kalo gagal coba lagi.
Kalo masih gagal, coba ganti.
Jangan banyak takut gagal, nanti keduluan ajal.
Kalau kalian peduli sama keluarga masa depan kalian, sebelum nikah mesti cek pasangan kalian ini:
1. SLIK OJK
2. Background pendidikan
3. Riwayat penyakit
4. Behaviour keuangan
5. Background keluarga
Ada 1 yang kelewat, masa depan anak dan masa tua kalian jadi korbannya.
Mau daftar kerja, harus punya SKCK. Mau buat SKCK harus punya BPJS aktif. Mau punya BPJS aktif harus punya uang buat bayar iuran bulanan. Mau punya uang buat bayar iuran bulanan harus kerja. Kalau mau daftar kerja harus punya SKCK. - Ibu Neneng Rosdiyana