Dampak maraknya fenomena fatherless dan kondisi ekonomi yang buruk ini jahat banget ngebentuk pola pikir yang salah.
Saking ga pernah ngerasain manisnya diprovide dan hidup dalam keluarga yang fungsional, banyak banget perempuan yang akhirnya ngerasa kalo being fully provided itu pecundang dan beban 😭
Lebih jahatnya lagi mereka akhirnya menghukumi orang lain dengan pola pikir mereka itu.
punten permisi.. ijin ikut nimbrung mengenai fenomena ini.
Merespons foto tersebut, mari kita bahas fenomena childfree ini secara netral dari kacamata Muhammadiyah.
Bukan untuk menghardik atau menggurui, tapi murni menelaah irisan antara teks agama, realitas ekonomi, dan kondisi struktural saat ini.
Sebuah utas
cewe gw pernah nanya tentang ini ke gw, gw jawab
ada beberapa jenis orang yang ga sadar dia punya privilege dan ketika berhasil achieve abcde dia akan nambahin kata "iseng" ya biar keliatan spesial aja...
@apelbulan Ikatan Dinas, kuliah gratis, lulus langsung kerja.
Ini menandakan bahwa selain kuliah gratis penting, pekerjaan juga masih jadi hal yang mahal untuk dicari.
DARITADI NANGISIN INI😭😭,
“saya butuh makan”😭
“rumah saya dibekasi pa”😭
“anak saya sekolah” 😭
“saya butuh makan pak”😭
“tolong pak” “tolong”😭
“Saya minta tolong pak”😭😭😭😭
Driver ojol ini motornya diangkut dishub dia habis ambil orderan customer di pisang goreng bu nanik. Dan sekarang pihak bu nanik pun minta tolong buat yang kenal dengan drivernya. Tolong bantu viralkan ya!!!😭😭😭
Guys ini namanya Ketika hati nurani sudah tidak ada lagi nggak sih?🥲
Ntah kepada siapa lagi kita berharap😭
sc:threadsyetyhandayanii
Maret 2026.
Mitra MBG bernama Hendrik Irawan viral joget-joget sambil pamer dapat Rp6 juta per hari.
Publik marah. BGN menegur. Dapurnya disuspend.
Tapi berhenti dulu. Mari ikuti angkanya.
BGN dalam siaran pers resminya mengkonfirmasi:
insentif Rp6 juta per hari memang hak setiap mitra SPPG.
Diatur dalam Keputusan Kepala BGN Nomor 401.1 Tahun 2025.
Berlaku untuk semua 27.735 dapur yang aktif.
Tetap cair meski sekolah libur, cuti bersama, atau dapur di-suspend sekalipun.
Hitung sendiri:
Rp6 juta × 27.735 dapur = Rp166 miliar per hari× 313 hari operasional = ~Rp52 triliun per tahun , hanya untuk insentif fasilitas, belum bahan makanan, belum operasional
Total anggaran MBG 2026: Rp268 triliun dari APBN , sekitar 7% dari total belanja negara. Tidak ada program makan sekolah di negara mana pun di dunia yang menyedot porsi APBN sebesar ini (rata-rata global: 0,1–0,5%).
Hasil programnya:
a. 37.270 anak keracunan sejak Januari 2025 (JPPI, Mei 2026), tersebar di 31 provinsi
b. Mayoritas SPPG belum bersertifikat laik higiene sanitasi
c. Program berjalan tanpa Perpres, tanpa audit independen yang bisa diakses publik
Masalahnya bukan Hendrik yang joget.
Hendrik satu dari 27.735 mitra yang menerima insentif yang sama dari sistem yang sama.
Yang patut dipertanyakan bukan orang yang joget di depan kamera.
Yang patut dipertanyakan adalah: siapa yang merancang sistem di mana Rp268 triliun uang pajak rakyat mengalir lewat puluhan ribu dapur swasta tanpa transparansi, tanpa Perpres, tanpa audit publik , sementara 37.270 anak sudah jadi korban keracunan dan program ini tetap jalan?
Madilog: ikuti logika angkanya. Bukan jogetnya.
Aku banyak takutnya itu karna kalau sekali gagal yaudah runtuh semua, gaada yang backup gaada yang bantuin. Makanya susah buat keluar dari zona nyaman, jujur ini tuh salah sih. Aku iri sama orang2 yang bisa ngerasain jatah gagal berkali kali
abis baca cerita dr spesialis ttg suami egois, patriarki, dab sejenisnya tapi bawa-bawa agama buat nutupin kebodohannya.
jadi istrinya lagi kontrol kehamilan, trs hasil USGnya: letak sungsang, TBJ (tafsiran berat janin) 4000 gram, hamil usia kehamilan 41mggu (ini dah mateng siap lahiran), cairan ketuban habis, dan ada lilitan tali pusat 2x dilehernya.
dikondisi kaya gini harusnya persalinan operasi SC no debat. dan ternyata ini kehamilan kedua si ibu, dmn kehamilan pertama ibunya lahiran pervaginam dengan ruptur uteri ALIAS RAHIMNYA ROBEK gara2 bayi besar jg. tapi ibunya menolak persalinan operasi SC dan blg gini.
🤰Tapi suami saya GAK izinin saya lahiran SC krn GAK sesuai syariat agama. Bagi suami saya, beliau selalu berpegang klo mau menjadi seorang istri yg mulia, sempurna disisiNYA hrs TAAT & berkorban utk suaminya yaitu salah satunya dgn persalinan normal. Krn bagi dia seorang Siti Maryam pun bisa melahirkan Nabi Isa berjuang sendirian & sebaik2nya penolong adalah Allah SWT.
Lailahaillallah.....
Akhirnya si dr. SpOG nya manggil suaminya buat diedukasi dan dijelasin keaadan istrinya. Tau gak suaminya blg gimana?
🧔♂️: Emang beneran ga bisa dicoba normal dok? Soalnya ibu saya, kakak2&sodara saya semuanya bisa lahiran normal smua tuh. Emang istri saya males gerak aja dok kerjaannya cm ngurus anak aja trs dia ga mau berkorban sakit sedikit bw lahiran normal dok. Oiya sbaiknya dokter ga usah mencampuri urusan keluarga dan keputusan saya ttg persalinan istri saya. Ini jg saya laknat istri saya krn sudah periksa ke dokter yg bukan muhrim tanpa izin dari saya.
ALLAHUAKBAR!!!!
Syifa hadju said
"Dulu tuh untuk aku dicintai adalah suatu hal yang susah tapi saat aku bertemu dengan El, aku merasa ternyata aku nggak hard to love kok"
Pertanyaannya sampai saat ini gue masih hard to love banget, dan dimana El ruminya gue ? Nyasar kah sayang? Gabisa kah liat google maps😭🙏🏻lamaa amatt
ini jawaban dari laki2 yg pernah berjuang mati2an untuk menikahi pasangannya dan sebagai ayah dari anak perempuan.
menurut saya, tinggalin aja cowoknya dan pilih cowok lain, kecuali:
- ada target yg dikejar. cewek itu mau menunggu berproses kok, asal ada sesuatu yg dikejar bareng2, jangan enggak jelas.
- cowoknya enggak males, mau belajar hal baru, enggak gengsian
- cowoknya punya mimpi, punya semangat, dan berani coba sesuatu
menurutmu gimana??