Almost a decade later dan ternyata ujianku tetep ga jauh2 dari sabar dan ikhlas untuk masalah beginian. Kek mana nih kagak naik2 kelas dah wkwkwk ๐ญ๐ญ
โItu masa lalu; semua negara punya sejarah kelam. Kita move on aja.โ
Iya, negara lain juga memiliki sejarah kelam. Tapi seperti manusia, trauma negara juga harus diakui dan disembuhkan, bukan diabaikan atau dilupakan.
Jerman setelah Perang Dunia II mengakui tragedi Holocaust, meminta maaf, membayar kompensasi pada para korban & mendirikan museum jg memorial, memastikan sejarah kelam itu tidak terulang.
Australia pun meminta maaf atas kebijakan โStolen Generations,โ ketika anak-anak Aborigin dipisahkan dari keluarga mereka. Permintaan maaf ini adalah langkah penting untuk rekonsiliasi.
Taiwan mendirikan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi, yang berupaya mengungkap kebenaran tentang pelanggaran hak asasi manusia di masa White Terror.
Berdamai dengan masa lalu membutuhkan pengakuan dan tindakan nyata, bukan pengabaian.
Jadi fall in love with what?
Fall in love with the reality. Fall in love with every little thing your partner do. Fall in love with the encouraging behavior and the actionable efforts
Hope yall find the one in divine timing.
Guys gw gamasalah kalo kita berbeda pendapat dalam politik, gw gamasalah kalo kita harus adu argumen or even agree to disagree, tapi kalo sampe mendiskreditkan perjuangan dan nyawa korban 1998 itu bukan beda pendapat, itu lu-nya aja yang anjing. Terimakasih ๐๐ป