Don't say "bisa ga ya aku?"
But say "Ya Allah, tolong tuntun aku, berikan aku kemudahan, kelancaran, dan rasa percaya diri biar semua ini biar bisa jadi nyata."
HR here,
Berikut beberapa berkas yg perlu disiapin buat lamar kerja, maaf agak panjang:
1. CV/Resume: sesuaikan sama industrinya, kalo corporate pake CV ATS. Klo sektor industri kreatif bsia pake CV yang kreatif.
2. Portofolio:
- Buat posisi non-tech sama non-creative: sifatnya opsional, mau dibuat atau ngga silakan.
- Buat posisi tech sama creative: sifatnya wajib. Bisa dibuat dalam format PDF atau link website.
Buat posisi kreatif banyakin upload porto di Behance.
Klo posisi tech, bikin porto pake website, buat repository project di GitHub. Banyak latihan leetcode sama neetcode.
3. Body email/cover letter/surat lamaran:
- Buat rekrutmen online: siapin aja template emailnya, biar ngga perlu buat dari awal.
- Buat rekrutmen offline: siapin surat lamaran kerja di dokumennya.
4. Transkrip nilai: siapin aja soft-file nya, in case kalo diminta atau ditanya. Kebanyakan ini dipake di perusahaan konvesional seperti di pabrik.
5. Sertifikat pendukung: Sertifikat yg berhubungan sama bidang kerja sender bisa disiapin dlm bentuk soft-copy sama hard-copy.
6. Pas foto: Siapin aja pas foto 3x4 sama 4x6 jika diperlukan.
7. SKCK: ini sifatnya opsional, biasanya dibutuhkan buat apply CPNS, BUMN, dll.
Klo udah keterima kerja:
1. NPWP: Diperlukan klo udh keterima kerja, buat keperluan pajak PPh
2. BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan: Diperlukan klo udh keterima kerja, buat BPJS karyawan
3. KTP: Diperlukan klo udh kerima kerja, buat keperluan data pribadi karyawan
4. Nomor Kartu Keluarga: Diperlukan klo udh keterima kerja, buat keperluan pendaftaran BPJS
Semoga membantu yaa
Ptn! jika waktu bisa diulang kamu akan belajar snbt nya seperti apa, misalnya sumber belajar, metode belajar, sama harus ngapain gitu, sekalian pencerahan buat angkatan 26
don't say "aku bisa gak ya?"
but say "ya Allah, tolong tuntun aku, berikan aku kemudahan, kelancaran, dan rasa percaya diri biar semua ini bisa jadi nyata" 🥹🤍✨
Satu alasan realistis untuk bertahan hidup:
karena lo belum tahu versi terbaik dari diri lo yang bisa lo jadiin.
Mungkin sekarang hidup terasa mentok, berat, atau nggak ada tujuannya. Tapi hidup tuh dinamis, keadaan bisa berubah, lo bisa berubah, dan dunia juga bisa berubah. Ada versi lo di masa depan yang lebih kuat, lebih puas, dan lebih ngerti makna hidup karena pernah ngelewatin masa kayak sekarang. Bertahan hidup itu kesempatan buat nemuin versi itu.
Kalau belum bisa hidup buat orang lain, hidup aja dulu buat tahu sejauh mana lo bisa berkembang.
makanya jatuh cinta tuh sama character, personality, attitude, way of thinking and act, knowledge and intelligence, their habits, and masih banyak lagi alasan kamu jatuh cinta sama seseorang selain karena fisik dan penampilan.