Gila, ketimpangan kita separah ini!
Direktur Kebijakan Fiskal CELIOS (Center of Economic and Law Studies), Dr. Media Wahyudi Askar, menjelaskan hasil studi terbaru mereka:
1. Studi CELIOS mengungkap ketimpangan ekstrim: di saat pejabat/orang super kaya merayakan ultah mewah di Paris, anak-anak miskin berjuang keras hanya untuk bisa makan hari itu jg.
2. Indonesia kini punya 2 wajah ekstrem. Wajah pertama diisi oleh 1.700 orang super kaya, dimana kekayaan 50 orang terkaya di antaranya sudah setara dg total kekayaan 55 juta penduduk.
3. Oligarki ini menyetir harga pasar (ojol, LPG, properti) dan "membeli" demokrasi lewat pendanaan parpol. Sebaliknya, rakyat biasa harus berdesakan di transportasi publik yang buruk meski taat bayar pajak.
4. CELIOS mendorong Pajak Kekayaan (Wealth Tax) sebesar 2% untuk aset di atas Rp84 M. Didukung 89% rakyat, pajak ini bisa menghasilkan Rp142 T/tahun untuk menggratiskan layanan kesehatan, KRL, hingga beasiswa sampai bangun rumah layak warga rentan.
Nonton full di youtube nya Watchdoc Dokumentary nya disini 👇
https://t.co/cSzAPhXCd8
Salah satu yang menarik:
Kata "sekolah" (dan "school" dalam bahasa Inggris) sebenarnya berasal dari kata Yunani scholē (σχολή) yang artinya "waktu luang" atau "kesenggangan".
Bagi orang Yunani kuno, hanya orang yang punya waktu luang (tidak harus bekerja atau berperang) yang bisa berdiskusi, berfilsafat, dan belajar. Jadi "sekolah" awalnya bukan tempat mengerjakan tugas dan ujian, melainkan waktu istimewa untuk berpikir secara bebas.
Cukup ironis kalau dibandingkan dengan persepsi siswa zaman sekarang yang sering merasa sekolah justru kebalikan dari "waktu luang" 😄
Yg pusing itu adalah… angka zakat maal nya 🤣 jadi yield harus lebih. Real ngambil akan selalu +2,5%.
Jadi sebenernya islam ngajarin uang diputer jangan disimpen untuk menggerakan ekonomi.
Bahkan, dengan angka revenue per tahun yang “tidak bertambah” tapi tetep, sebetulnya udah “gain” 2,5%. Karena zakat maal nya udah berkurang 2,5% karena belum haul setaun kan.
Misal nih, kalo bisa, lo punya 10M. Diputer. Akhir tahun 10 M lagi, kalo pake tim yg “maal” only, bukan zakat penghasilan, maka gada zakatnya.
Karena itu 10M nya genap di akhir tauun.
Tapi manfaatnya di masyarakat. Karena uangnya ga diam.
Semoga gw dimampukan untuk bisa jadi seperti itu. Aamin
Ikonik foto
Memperoleh medali perunggu di cabang olahraga Bridge Asian Games 2018 membuat Michael Bambang Hartono memperoleh bonus 250 juta.
Bonus berupa tabungan BRI. Pdhl beliau adl pemilik BCA 😄
Bonusnya sendiri kemudian diberikan untuk pengembangan Bridge.
Ada pesan menarik dr beliau ttg berolahraga untuk hari tua
"Saya bermain bridge agar tidak cepat pikun, hobi saya yang lain adalah senam taichi yang banyak membantu agar tetap fokus,"
"Di olahraga bridge, ada bidding, yakni mengumpulkan data untuk dianalisis, disimpulkan, dan kemudian diputuskan strategi yang akan diambil saat bertanding.”
Mari berolahraga untuk kesehatan diri kita 😇
Ada bangunan kost di daerah kampus Jogja dijual seharga Rp8 Miliar. Kos itu umurnya udah puluhan taun, bangunannya jelek dan sering kosong karena kalah bersaing sama kos2an lain yang lebih modern.
Orang yang ga punya pengetahuan finance dasar tanpa pikir panjang bakal beli buat penghasilan pasif.
Sedangkan kita yang ngerti langsung bikin itungan kasar di kepala.
Harga kostan Rp8 Miliar, biaya renov biar jadi kost eksklusif Rp2,5 Miliar, total capital expenditure Rp10,5 Miliar.
Rencananya, kita mau bikin 20 kamar kos, per kamar disewain Rp2juta sebulan jadi kalo penuh terus dalam setaun kita dapat Rp480 juta.
Untuk bayar penjaga, listrik, sampah, dan cadangan biaya renov, kita perkirakan 30% dari total pendapatan Rp480 juta, sisa keuntungan bersih jadi Rp336 juta setahun.
Untuk menghitung yield investasi, kita bagi antara pendapatan per tahun dengan CAPEX, jadi Rp336 juta / Rp 10,5 miliar, ketemulah yield 3,2% per tahun.
Yield 3,2% ini jauh lebih rendah dari obligasi negara yang ngasih 6% setahun, padahal obligasi negara ini bisa dikatakan risk free asset, kemungkinan gagal bayar sangat kecil, kita juga ga perlu effort apapun buat dapat 6% itu.
Ada yang bilang, kalo bisnis rental properti keuntungannya bukan di yield tapi di kenaikan harga aset, pertanyaannya, dengan yield yang sekarang cuma 3,2%, siapa yang mau beli properti tersebut dengan harga tinggi dan dapat yield di bawah 3,2%?
Terus, berapa harga yang pantas untuk beli properti tersebut?
Bisa kita hitung dengan formula:
Yield yang kita syaratkan = risk free rate + risk premium
Misal risk premium 1%, berarti total yield yang kita syaratkan 7%. Untuk mendapatkan yield tersebut dengan asumsi keuntungan bersih Rp336 juta dan biaya renov Rp2,5 miliar, berarti harga tanah harus turun ke Rp2,3 miliar.
Lu pasti akan bersyukur banget kalau bisa sekolah gratis sampai sarjana. Sudut pandang lu akan jauh berubah. Peluang lu buat dapatin gaji 2-3 digit jauh lebih besar.
Gue punya temen, 2 orang yg pas SMA berbanding terbalik. Sebut saja si A dan si Z.
Si A itu selalu ranking 3 besar di kelas selama 3th. Sementara si Z, bisa masuk 25 besar aja udah syukur. Setelah lulus, si A punya keterbatasan buat lanjut kuliah, sementara si Z punya dukungan finansial yg cukup buat lanjutin.
Akhirnya si A berencana kerja dulu selama 3 th buat ngumpulin duit kuliah, si Z langsung kuliah. Nah di sini titik baliknya terjadi. Si A terlena dengan pekerjaan dan keadaan ekonomi mengharuskan dia tetap terus bekerja. Sementara si Z masih terus berproges dan lulus kuliah.
Sekarang 10th berlalu si A masih jadi pegawai dengan gaji UMR dan belum berhasil lanjut kuliah, sementara si Z udah kerja di sg sebagai it enginer dan sedang lanjutin s2.
Itulah kenapa pendidikan sampai sarjana itu penting, ini akan membuka persaingan yg lebih adil dan menghapus sekat si kaya dan si miskin.
Dear HR,
kalo dapet lamaran dari Milenial kelahiran 1981-1996 untuk entry level itu tolong dihargain itu apply bukan lagi untuk ngejer passion atau pengalaman tapi bertahan hidup :((
Konteks:
Gw alumnus TB. Kena umur 15 taun. Pengobatan 6 bulan ++.
Umur 31 dapet beasiswa S2 di UK. Segala macem semua prequisite udah secure visa tinggal (UKVI 4 - untuk pelajar).
Untuk dapet visa: harus bebas TB.
Untuk tau bebas TB: harus RONSEN.
And you know what: visible luka parut, di paru2. No batuk2.
Buat konfirmasi beneran sembuh, harus SPUTUM. dan sputum itu butuh waktu 3 BULAN buat nguji aktif apa dorman.
Dan untuk visa, kaga bisa tuh sputum di tempat yg affordable, cuma bisa di rumah sakit yang ditunjuk.
Ronsen juga.
Ronsen 500
Sputum 2,8 JUTA (padahal ini bisa ratusan ribu doang)
Dan kalo terbukti TB berpotensi gw ga berangkat, dan kl ga bersih2 juga, potensi ANGUS.
And that fckin valuenya 2 MILYAR opportunity lebih yg bisa ilang.
Gak, itu bukan “belom takdirnya”, itu ulah orang2 kaya gitu yg merusak masa depan masyarakat.
Dosa jariyah Anda yg berpotensi mutus rejeki orang, penyebab org meninggal, keluarga ilang pencari nafkah.
Guys ini salah satu plot twist geopolitik paling memalukan yang terjadi minggu ini dan korbannya adalah India.
Jadi begini kronologinya.
Rusia jual minyak ke India dengan harga 50 dolar per barel jauh di bawah harga pasar. India senang. Dapat minyak murah. Ekonominya jalan. Semua oke.
Lalu Amerika menekan India untuk berhenti beli minyak Rusia. India nurut. Berhenti beli.
Sekarang Amerika kasih waiver izin khusus untuk India boleh beli energi Rusia lagi.
India balik lagi ke Rusia dengan senang hati.
Dan Rusia dengan sangat tenang bilang harga lamanya sudah tidak berlaku. Sekarang 90 dolar per barel. Hampir dua kali lipat dari sebelumnya.
Alasannya sederhana dan brutal. Sanksi sudah dilonggarkan. India butuh Rusia. Dan Rusia tidak butuh kasihan siapapun sekarang.
Ini yang paling gw salut dari cara Rusia bermain. Mereka tidak pernah panik. Tidak pernah bereaksi berlebihan. Waktu disanksi mereka cari pembeli lain India dan China. Waktu sanksinya dilonggarkan mereka tidak langsung murah hati. Mereka naikkan harga karena mereka tahu posisi tawarnya sekarang lebih kuat dari sebelumnya.
India di sisi lain sudah kehilangan dua kali. Pertama kehilangan harga murah karena nurut tekanan Amerika. Kedua sekarang harus bayar lebih mahal karena sudah terlanjur kelihatan tidak punya pendirian.
Kalau lo mau belajar satu hal dari geopolitik hari ini pelajari cara Rusia jaga posisi tawar. Mereka tidak punya banyak sekutu. Tapi mereka tidak pernah murah hati pada orang yang tidak konsisten.
be Kades Hoho alkaf
> kades purwasaba banjarnegara
> 90% badan full tato
> mantan preman yang banting setir
> viral tapi kerjanya beneran nyata
maret 11, 2026
> anggota LSM Harimau jeblok pas tes perangkat desa
> massa ngamuk maksa hasil dibatalin
> hoho nolak keras
> milih 100% patuh aturan seleksi
> polisi lambat, hoho siap bawa kasus ke propam mabes polri
timeline explodes
> keluar aula balai desa langsung dikeroyok
> seragam ditarik sampe robek
> kacamata hancur
the persona
> nama asli welas yuni nugroho
> masa muda bandel terobsesi film gangster
> aslinya pengusaha tajir & bos alat berat
> kades yang kebal gertakan LSM
the flex
> aspal jalan 800 meter pake duit pribadi
> hibahin mobil sendiri buat ambulans desa
> sulap bumdes dari nol jadi mesin cuan puluhan juta
> buka lapangan kerja lewat proyek desa wisata purwasaba garden hills
> warga udah tutup mata sama tatonya karena kerja jelas
di Indonesia, yang jujur dan kerjanya bagus banyak musuhnya.. heran
@ainunnajib Mohon maaf atas cuitan saya yang membuat spekulasi dan menuduh teman-teman Muhammadiyah. Hal ini benar2 didasarkan spontanitas dan kekhilafan saya karena kurang memahami duduk perkara secara utuh. Untuk itu saya ijin untuk menghapusnya.
Sudah saya bikinkan draftnya ya mas.
Bule. WNA 100%. Di Bali belum setaun. Sdh bikin pabrik baju rumahan plus punya toko. Yg ngehype banyak banget, ya WNI-WNI juga. Nyaman. Bakal punya kost-kostan & rental. Nanti temen²nya datang gosah nginep hotel. Makan masak sendiri. Jalan² ya dia juga yg ngeguide. Pemerintahnya kok tetap diam??
#Bali
Kok bisa penjelasan dari istana seblunder ini. Menjual narasi bahwa ngasih “pathway Palestinian statehood” sebagai hal yg positif dari BoP, sementara Indonesia sudah mengakui kemerdekaan Palestina dari 1988. Mundur dong diplomasi kita dengan join BoP yg baru mau ngasih pathway?
Penjual meja kursi keliling, penjual cobek keliling, penjual perabotan keliling, penjual bantal kasur keliling, tukang sol sepatu keliling, tukang jam keliling, dan masih banyak lagi yg pulang tanpa membawa hasil sedikitpun, menahan lapar dan lelah sepanjang hari karena ekonomi.
Suatu hari tamuan ke rumah orang liat kamar mandinya kotor. Tanya ke suami, "Kalo kita diem2 bersihin kamar mandinya menurutmu bantu ga?"
Suami awa dengan kesadaran penuh: "Itu adalah contoh nyata breach of sovereignity. Itulah kolonialisme yang selama ini kamu lawan,"
Oke mau cerita kehidupan ngontrak dari aku yang ga pernah tinggal di rumah sendiri dari lahir sampai umur 28 tahun 😂
Sebuah pengalaman ngontrak dan cerita horornya
Di umur 25 George Orwell resign dari pekerjaannya sebagai polisi di Myanmar dan hidup struggling di London. Dia melakukan berbagai pekerjaan kasar, termasuk mencuci piring di dapur hotel.
Sementara di umur 25 Fyodor Dostoyevsky merilis novel debutnya, Poor Folk, yang kemudian meledak dan membawanya dalam circle sastrawan Rusia. Seluruh Rusia membicarakan novelnya.
Keduanya kini menjadi sastrawan besar yang karyanya dibicarakan di penjuru dunia.
Tidak ada takaran formal mengenai nilai ideal di umur 25. Setiap orang berjalan dan berjuang di timelinenya masing-masing.
Saya menuliskan ini dengan hati yang sangat sangat terluka dan prihatin. Nyaris meneteskan airmata campur aduh, sedih dan marah.
Sore ini saya telah berada di Surabaya, untuk acara besok pagi. Karena cuaca tidak terlalu panas, saya berjalan kaki menuju GalaxyMall3 di Sukarno Hatta. Setelah membeli barang yagn saya butuhkan, saya balik hotel.
Tiba tiba, dari kejauhan saya melihat kecelakaan. Sepeda motor (cowok+cewek) tersenggol mobil, dan langsung menghantam aspal. Mobil lari, si sepeda motor, terkapar. hanya ada 1 orang pemuda yang menolong. Menepikan motor dan memindahkan ke pinggir. Saya segera berlari menyusul, membantu. Berdua.
Si cowok dalam kondisi pingsan, sedangkan ceweknya berlumuran darah. Dua duanya beretnis chinese.
Saya, jelas gak bawa mobil. jalan kaki. Si mas satunya, hanya ada sepeda motor. Kami bingung. Satupun dari ratusan orang yang melintas di jl protokol kota surabaya ini, TIDAK ADA yang menepi membantu.
Saya tlp 110. (silahkan rekan rekan coba juga ya..) Petugasnya jelas bukan petugas yang terlatih untuk menangani tlp masuk orang yang panik butuh pertolongan. JANGAN PERNAH MEMBANDINGKAN DENGAN 911 ya. bumi langit. Polisi malah ngang-ngong. Sudah jelas dikasih titik lokasi kecelakaan, tapi sama sekali tidak terlihat cakap. Saya tlp lagi 112. Ternyata luar biasa. Linknya penuh terus ! entah rusak sistem atau apa...
Langsung kita cari gocar. Karena taksi yang lewat di jalan ini gak ada. mobil lewat gak ada yang mau menepi. Alhamdulillah, setelah 6 menit, gocar datang.. kami antar langsung ke RS terdekat. (RS Haji). Sambil kami tlp orang tuanya untuk menyusul.
Pengin nangis saya adalah : betapa layanan publik kita sangat tidak bisa diandalkan! SEtelah 30 menit, baru saya ditlp dari polisi, yang meminta maaf. Karena dia ternyata juga tlp ke 112 dan gak berhasil juga. Bayangkan !
Paling menyedihkan dan melukai hati saya adalah : betapa makin banyaknya orang egois. Tidak peduli dengan sesama yang sedang jatuh ketimpa kemalangan.
Saya berdoa sungguh sungguh, semoga bangsa ini, kembali ke jaman dulu uyang tetep meletakkan nilai kemanusiaan diatas segalanya.
Buat teman teman.. saya menghimbau. Mari kita lakukan kebaikan. Apapun itu, jangan takut. SEdih kalau ada kalimat : takut membantu, karena takut berurusan dengan polisi. JANGAN! Percayalah, jika kita benar, Tuhan tidak akan meninggalkan kita.
@PemkotSurabaya