Salah satu etika di pergaulan, kalo ada orang yang menyampaikan prinsip atau concern personalnya, ga usah ditanya lebih dalam atau didebat meski kamu ga sepakat atau penasaran. Cukup dijawab dengan "understand ..."
Contoh:
"Aku ga suka posting fotoku di sosmed"
"Oh, why?"
"Ga nyaman aja"
Meski menurutmu posting foto di sosmed itu biasa, tapi ga penting buat mendebat. Cukup jawab dengan "understand ..."
"Si A cakep banget ya hidungnya"
"Hasil operasi tuh ...."
"Iya ya? Gw mau juga deh operasi hidung"
"Ciyuuuus? Lo kan udah cakep?"
"Pengen aja, biar gw makin pede"
Meskipun kamu aliran natural ga suka operasi, tapi ya itu bukan alasan buat nyeramahi orang yang pengen operasi. Cukup jawab dengan "Understand ..."
Banyak orang hobinya ceramah, pengennya semua orang harus sama prinsipnya dengan dia. Modelan begini, temennya bakal dikit. Kalo temennya dikit, rejekinya juga bisa dikit.
Adem adem wae ... understand ...
--------
Kata understand bisa diganti pake kata lain yang lebih umum seperti:
I see ... paham ... oh gitu ... iya ya ... bener juga ... kamu bener ...dll. Sesuaikan saja dengan konteksnya.