Imam Syafi'i said;
"Merantaulah...
Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halamannya. Tinggalkan negerimu dan hiduplah sebagai orang asing di negeri orang".
🌱
Dunia sedang gak baik-baik aja. Apa yang terjadi di belahan bumi lain, cepat atau lambat kita jg akan merasakan dampaknya. We're all connected to each other.
So while we have what we have now.. BE KIND. It's the only thing that can make us survive.
sumpah ya, gue udah di tahap takut tiap buka sosmed. liat pembunuhan, penyerangan, kekerasan seksual, bencana yg mana itu semua sdg merajarela. ini dunia udah beneran tua. banyak-banyak doa dan bertaubat ya, guys. banyak-banyak berbuat baik pokok mah🥹
👉🏿👇🏿👇🏿👇🏿👇🏿👇🏿👇🏿👇🏿👇🏿👇🏿👈🏿
👉🏿👇🏾👇🏾👇🏾👇🏾👇🏾👇🏾👇🏾👇🏾👇🏾👈🏿
👉🏿👉🏾👇🏽👇🏽👇🏽👇🏽👇🏽👇🏽👇🏽👈🏾👈🏿
👉🏿👉🏾👉🏽👇🏼👇🏼👇🏼👇🏼👇🏼👈🏽👈🏾👈🏿
👉🏿👉🏾👉🏽👉🏼👇🏻👇🏻👇🏻👈🏼👈🏽👈🏾👈🏿
👉🏿👉🏾 F U C K I S R A E L 👈🏾👈🏿
👉🏿👉🏾👉🏽👉🏼👆🏻👆🏻👆🏻👈🏼👈🏽👈🏾👈🏿
👉🏿👉🏾👉🏽👆🏼👆🏼👆🏼👆🏼👆🏼👈🏽👈🏾👈🏿
👉🏿👉🏾👆🏽👆🏽👆🏽👆🏽👆🏽👆🏽👆🏽👈🏾👈🏿
👉🏿👆🏾👆🏾👆🏾👆🏾👆🏾👆🏾👆🏾👆🏾👆🏾👈🏿
👉🏿👆🏿👆🏿👆🏿👆🏿👆🏿👆🏿👆🏿👆🏿👆🏿👈🏿
“ribet banget ngurusin perang, buang-buang waktu”.
kadang aku bingung, gimana bisa orang choose denial saat dunia lagi literally on fire.
“itu kan jauh dari kita.”
no. nothing is ever that far in a global system.
kita hidup di dunia yang saling terhubung. satu konflik bisa ngaruh ke harga minyak, nilai tukar, inflasi, market saham, market crypto, sampai biaya hidup sehari-hari. perang itu bukan cuma soal bom dan batas negara, guys. it’s about economy, stability, energy, supply chains, and humanity.
but being aware doesn’t mean being dramatic. it means you understand the ripple effect.