Aku punya opini soal ini. Orang indo tuh udah terbiasa kena cemooh dalam menjalani hobi. Kalo suka anime dibilang, "dih, wibu", suka lagu yg lagi viral "dih, music taste tiktok". Ini yg bikin orang-orang take those personal, mereka harus ngebela apa yg mereka tonton, baca, dan—
Imho kebanyakan orang indo emg take everything personal
Kritik pilihannya? Dianggep kritik dia
Kritik musik/buku/film/hobi kesukaannya? Dianggep kritik dia
Raising concern soal kerjaan? Dianggep kritik dia
Sulit buat open to criticism jd liat kritikan dikit langsung defensive🥲
𐔌՞ ܸ.ˬ.ܸ՞𐦯 September Reading Challenge ⋆˙⟡
🍂 #8to8Reading#FallinLoveReads
⏳ 1-30 September 2026
No autumn here, but we can still fall — in love🍂🧡
🍁 Hosted by @redglowproject
RTs & likes are appreciated 🤍
Check the TnC below! 🍁🍂🧡
Premisnya menarik. Tapi sayang, novel ini beneran hampa menurutku. Bukan cuma hampa secara emosi yg dibawain bukunya, tapi juga secara alur. Dari awal mereka bebas dari bunker sampai akhir cerita, hanya ada narasi yang diulang-ulang, kemudian ending tanpa perubahan yang berarti
premis novel ini menarik: seorang anak perempuan tumbuh terkurung di dalam bunker bersama 39 perempuan lain, gak pernah tahu dunia luar, juga gak tahu siapa yang mengurung mereka dan mengapa.
begitu akhirnya bebas, dunia luar nyaris ‘kosong’. dari sana, kita diajak mengikuti perjalanan seseorang yang mulai mengenal dunia, manusia, cinta, kehilangan, bahkan arti hidup.
sunyi, menyedihkan, namun begitu reflektif.
Karena hari ini ultah, gue mau kadoin BUKU 📚📚 untuk 10 orang yg beruntung dengan nominal masing2 IDR 200ribu 😀. Buat ikutan tinggal:
- RT & like twit ini
- Share book wishlistnya di kolom reply
Ditunggu sampai Jumat, 28 Agustus jam 23.59 yah. Good luck! 😁