Market tidak peduli seberapa pintar analisamu. Sekali sombong, portofolio langsung digulung. Di pasar, rendah hati itu bukan pilihan moral, tapi strategi bertahan hidup. Analisa bisa meleset, tapi ego yang bikin bangkrut.
The poker theory, one mistake that ruins most game.
Kalian pasti pernah ngerasa Financial Market itu sangat sulit, baik itu trading ataupun investasi, dan lebih sering boncosnya dibanding profitnya, ya kan?
Lalu apa yang salah? padahal lo udah jago pelajari segala teknik dan indikator, disini saya menemukan sesuai yang menarik. Ternyata, rahasia survive di market itu mekanismenya 11-12 sama main Poker.
Di poker, kita dapet 2 kartu awal. Anggap aja ini skill teknikal lu, insting, atau setup dari chart yang udah lu analisa.
Terus ada 5 kartu di meja (community cards). Ini ibarat market structure, likuiditas makro, atau sentimen pasar secara keseluruhan.
Banyak trader hancur karena cuma fokus sama 2 kartu di tangannya. Lu ngerasa setup lu udah paling bener, indikator udah oversold, tapi lu ngabaikan kondisi makro dan major trend market secara umum.
Tau apa bedanya amatir sama pro player yang win ratenya stabil? Amatir itu diperbudak FOMO. Tiap putaran gatal pengen ikut. Liat suatu asset sudah ijo dan berada pada top gainers, hajar, tanpa analisa & perhitungan.
Cara rahasia para pro player poker ningkatin win rate dari 10% ke 70%? Mereka luar biasa sabar dan paling rajin FOLD (skip putaran). Pointnya adalah kesabaran. Mereka lebih sering do nothing dan lebih banyak menunggu.
Nah, kebanyakan dari kita hancur karena penyakit FOMO. Ada narasi baru sliweran di timeline, ikutan masuk takut ketinggalan kereta. Gelisah banget kalau sehari aja nggak buka posisi.
Akibatnya? Pas setup dan moment yang beneran cakep dan probabilitas menangnya tinggi muncul, peluru modal kita udah habis duluan. Nyangkut di pucuk lah karena FOMO. Ternyata, duduk diam dan kesabaran untuk nahan diri buat nggak pencet tombol buka posisi itu skill tingkat dewa.
Selain kesabaran, kuncinya ada di bet sizing. Di poker, pro player tahu kapan harus bet kecil buat ngetes ombak, kapan nambah taruhan, dan kapan berani all in. Di market ini namanya risk management.
Kalau lu masuk pakai size terlalu gede, dan pada moment yang tidak tepat, psikologi lu otomatis hancur. Turun dikit lu panik keringat dingin, naik dikit buru-buru cut profit karena takut harganya turun lagi. Atur size lu supaya lu tetap bisa tidur nyenyak walau posisi lagi kebuka.
Cuan konsisten itu bukan soal seberapa sering lu nebak arah market dengan bener. Tapi seberapa tangguh lu menjaga modal, dan seberapa pintar lu nahan peluru buat momentum yang paling optimal.
Remember, sometimes no position is the best position. 🥂
The Framing Effect: Cara Penyajian Informasi yang Bisa Mengubah Keputusan Investasi
A Thread of Trading Psychology Series
by manggitgaris | Your Technical Analyst
Jangan lupa like, komen dan ritwitt yess
Meridian’s 11th letter is here.
Tin, a commodity Indonesia possess as a major global player. A commodity crucial for the now red-hot AI industry. A commodity that had its problem just a few years back.
$TINS, being the ultimate beneficiary for both tin booms and busts, as well as the illegal mining fiasco. We saw what happened to the numbers (both books and the stock price) before 2025. Now, we’re starting to see some light. Illegal mining crackdown and macro tailwind is the main story here.
Moving on to the next segment, we examine how TSR differs between companies according to their business cycles. Do good, profitable companies perform better compared to companies early in their business cycle? And do companies with constant rejuvenation (courageous capex spending) to promote growth fare better or worse compared to mature, dividend-generous companies?
Read our latest letter through the link below:
https://t.co/00YJKxPJom
#MeridianResearch
terimakasih banyak vc bulan ini dan terimakasih juga sdh so!!!! aku juga akan terusss berterimakasih ke kalian krn sudah mau memberikan yang terbaikk selama inii😛 klian kereen bgt pokoknyaaa❤️🔥🤘
Saham minus -50% tapi susah sekali untuk cut-loss, jangan-jangan itu “rasa memiliki”.
Setiap dari kita adalah Ibrahim.
Yang Allah perintahkan bukanlah “membunuh” Ismail, melainkan
“rasa memiliki”-nya yang berlebihan. Setiap dari kita punya “Ismail-Ismail” lain yang membuat kita berat untuk melepasnya.
Barang mewah, harta, jabatan, porto.
Pada hakikatnya semua itu pemberian Allah. Semoga apa yang telah kita relakan akan digantikan dalam bentuk yang lebih baik.
Selamat Hari Raya Idul Adha!🐄🐏