Aku lagi baca Future of Jobs Report untuk 5tahun kedepan buatan World Economic Forum. Isinya insightfull bgttttt.
Bukan centang biru tapi aku pengen share ringkasan isinya pake bahasa bayi 👇🏻
A thread
Ketemuan dangan ybs di Bank pengirim/penerima, minta bank lakukan pengecekan secara detail asal dan sumber dananya
Jika tidak ada potensi hukum dan benar ybs pemilik sah uangnya, kembalikan, bikin berita acara
Jika bukan pemilik sah dan berpotensi hukum, minta bank blokir rekening sejumlah dana yg ditransfer, bikin berita acara
Jangan kembalikan langsung
hal yg dikira "privilege" padahal bare minimum waktu kerja :
1. Kerja 8 jam/hari – 5 hari seminggu ⌛️
2. Kerja 7 jam/hari – 6 hari seminggu (5 jam di hari ke-6)
3. Upah Minimum 💸
4. THR minimal 1 bulan Kerja🕌
5. Lembur dibayar 🕒
6. Kerja di hari libur nasional = upah 2x lipat 🤑
7. Sakit tetap dibayar upahnya 😷
8. BPJS Ketenagakerjaan & BPJS Kesehatan ⚕️
9. PKWT selesai kontrak dapat uang kompensasi 💰
10. Slip gaji diberikan tanpa harus minta 📄
SAVE AJA DULU SIAPA TAU BUTUH📷
Ini ya guys profile upwork aku yang udah tembus beberapa kali invitation di upwork, barangkali ada yang mau nyontek strukturnya aku jabarin satu satu formula yang aku pake.
WHO AM I → WHO I HELP → WHY TRUST ME → PROOF → HOW I WORK → RESULT → RISK REDUCTION → CTA
NYESEL BARU TAU ATURAN INI WAKTU KERJA!! 😭‼️
1. Sakit bawa surat dokter : Gaji wajib dibayar full.
2. Kalo Menikah : Berhak cuti 3 hari dan gaji wajib tetap dibayar
3. Haid waktu kerja : hari pertama & kedua berhak libur dan gaji tetap dibayar
4. Pekerja Laki-laki : Istri melahirkan atau keguguran berhak libur 2 hari dan gaji tetap dibayar
5. THR (Tunjangan Hari Raya) : Baru kerja 1 bulan aja udah BERHAK dapet THR (dihitung proporsional), dan WAJIB cair maksimal H-7 hari raya.
kerja udah bertahun tahun tapi ga tau 5 hal di atas 🥲
Disuruh bikin invoice manual dengan DP 50% saat interview, tapi masih bingung? 🤔. Sini aku kasih tahu cara hitungnya biar kamu lebih siap menghadapi tes kerja, yuk. Contohnya ada dibawah yaaa, semoga bermanfaat 😍😍😍
HITUNG BMI-NYA YUK !!
BMI atau Body Mass Index dihitung dengan rumus:
berat badan (kg) dibagi tinggi badan (meter) kuadrat.
BMI = 75 ÷ (1,82 × 1,82) = 75 ÷ 3,3124 = 22,64
HASILNYA: BMI 22,64
KATEGORI BMI MENURUT WHO
Underweight: di bawah 18,5
Normal / Ideal: 18,5 – 24,9
Overweight: 25,0 – 29,9
Obesitas Kelas I: 30,0 – 34,9
Obesitas Kelas II: 35,0 ke atas
Dengan BMI 22,64, posisinya tepat berada di tengah-tengah zona
NORMAL / IDEAL.
Bukan kurus,
bukan gemuk.
Pas.
Kalau di offering letter udah tertulis gaji, tunjangan, durasi probation, dan status setelah probation, biasanya itu udah cukup aman sebagai awalan.
Tapi sebelum tanda tangan, aku biasanya akan konfirmasi beberapa hal.
• Kriteria lulus probation itu kayak gimana?
• Apakah gaji dan tunjangan selama probation sama dengan setelah probation?
• Ada kemungkinan kontrak nggak dilanjutkan setelah probation atau nggak?
• BPJS, cuti, dan benefit lain mulai berlaku sejak hari pertama atau setelah probation?
• Notice period kalau resign saat probation berapa lama? Ada sanksi yang diterima kalau melanggar?
Dan, nggak perlu takut dianggap cerewet. Justru lebih baik semua jelas di awal daripada ada miskom setelah mulai kerja.
Semoga lancar dan cocok dengan tempat kerjanya!
Nanyanya range salary karena lebih relate sebagai kandidat. Jadi kita bisa tahu low sm highnya salary di grade tersebut berapa.
Selain itu tanyain
- BPJS TK dan KES
- gajinya nett atau gross
- ada insurance lain ga yg didapet
- benefit di grade/level tersebut apa aja? Apa ada transport/meals benefit, COP/MOP
- kalau dinas luar kota ada apa engga? Dpt benefitnya apa
JOB FAIR ITU SCAM!
Temen gue HR di salah satu company yang pernah join job fair Bekasi tahun lalu cerita kalau semua pelamar yang apply gak diproses. Program ini dibuat untuk branding kantor, dan biasanya emang kerja sama dengan dinas dan kementrian terkait untuk menuhin KPI pemerintah aja.
Sedih kalo lihat peserta yang dateng sampe ribuan, tapi program ini cuma menuhin janji politik 🥲
Buat kawan-kawan yg masih berjuang dapetin pekerjaan via jobfair. Tentang jobfair, jadi begini. Jobfair itu:
1- event atau undangannya beragam: dari disnaker setempat, kampus & sekolah (khusus ini, kadang udah ada kerja sama antara kedua belah pihak), atau EO. Beberapa menyampaikan, kalau nggak hadir, nggak akan diundang lagi di next event—jadi, mau nggak mau, perusahaan perlu ikut
2- tujuannya bisa jadi untuk branding perusahaan, karena kalau hanya online masih blm cukup. Biar jangkauan lebih luas aja. Ada kalanya orang tu belum tau suatu perusahaan, walaupun namanya udah besar
3- profil yang masuk, beberapa hanya dijadikan untuk database, nggak tahu akan kepake atau nggak di waktu mendatang, setidaknya ada angka yg di-show untuk berbagai kepentingan
4- tapi, ada perusahaan yg betul-betul butuh dan struggling mencari kandidat yg tepat buat mengisi beberaapa posisi vacant via jobfair ini
Let's say ini bitter truth. Suka atau nggak, itu realitasnya.
So, ketika kalian ikut jobfair, langsung tembak aja, "Posisi yg urgent apa? Freshgrad bisa atau nggak? Untuk database atau gimana?"
Tanyakan sesuai dengan apa yg kalian butuhkan, pengin tahu. Kalau tertarik, gali lagi. Kalau meragukan, switch ke booth/perusahaan lain.
Semoga membantu untuk kalian yg masih berjuang menemukan pekerjaan via jobfair, ya. 🙏
Karena pemberi kerja merasa load kerjanya ga banyak, transaksinya dikit, sedangkan Finance, Accounting dan Tax itu sudah seharusnya dipisah karena ketiga hal ini kalau ga dipisah bisa memunculkan conflict interest. Ujungnya potensi fraud atau kalau orangnya demotivate karena load kerjanya tinggi dan kerjanya sering switching potensi error
Kalau temen-temen terlanjur kerja di posisi ini dan mau pindah, trs mau mode tebar jala. Mending riset dulu, di luar di perusahaan yg transaksinya besar finance, accounting dan tax dipisah. Pelajari rolenya, cek sama pekerjaan sehari hari ada yang sama ga?
Contoh:
Finance (AP, AR, Treasury, Cashier)
Accounting (Cost accounting, budget control, accounting staff, dsb)
Paling ngga kalau temen temen udh setahun pegang posisi seram gini atau satu cycle performance, bisa breakdown CVnya jadi CV AP, AR, Treasury dsb. Lebih spesifik.
Ketika mau cari kerja lagi punya CV yang spesifik untuk lowongan kerja posisi yang lebih spesialis fokus ke satu sub fungsi FA. Temen temen jadi punya banyak opsi ‘tebar jala’.
Berikut video analisa saya berjudul "Rakyat gaduh : Presiden Prabowo 1 dari 6 hari berada di luar negeri ? 5 saran saya". Semoga didengar Pemerintah. Silahkan dikomentari, dibahas, disebarkan, dikutip & boleh juga diliput media. Salam, Dr. Dino Patti Djalal
Masing masing punya penilaian sendiri ya tapi manusia itu punya batas toleransi terhadap kondisi kerjanya masing-masing.
Ada yang masih bertahan sampai dapet. Ada yang memutuskan resign karena ga tahan lagi. Resign buat take a break. Buat ngatur napas lagi. Ngasih waktu untuk evaluasi.
Orang orang yg kerja itu sudah cukup dewasa dalam menentukan pilihannya dan menghitung konsekuensinya.
Makanya kami ada hashtag #EsokHariPastiResign karena kita semua pasti resign.